Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Perbedaan iPhone HDC dan Ori 2022

 Perbedaan iPhone HDC dan Ori - Pernah lihat ada iPhone terbaru dijual dengan harga murah? Bisa jadi itu HDC, Sob. iPhone adalah produk smartphone dengan kelas Flagship dari Apple. Tentu harganya berkisar di 10 jutaan ke atas. Kecuali barang bekas alias second ya yang harganya lebih terjangkau.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas hingga tuntas mengenai HP abal-abal ini. HDC adalah salah satu pabrikan HP tiruan atau yang lebih dikenal dengan Replika atau Supercopy. Produk-produknya dikenal lebih baik kualitasnya dibandingkan HP replika biasa.

iPhone menjadi salah satu produk best seller HDC, karena memang iPhone sendiri banyak diminati. Meskipun begitu, ada Perbedaan iPhone HDC dan Ori yang juga menjadi kelemahannya.

Perbedaan iPhone HDC dan Ori

Kelemahan iPhone HDC sendiri terletak pada kualitas, terutama spesifikasinya. Meskipun memiliku desain yang sangat mirip dengan ori, build quality nya tentu tidak sebagus ori. Apalagi spesifikasinya yang terkesan "pas-pasan".

Kalau mau lihat spesifikasi beberapa produk iPhone HDC, bisa cek di: 

Kalau dibandingkan dari semua produk iPhone HDC, spesifikasinya tidak jauh berbeda satu sama lain. Karena memang HDC lebih fokus pada desain untuk memproduksi HP yang mirip Ori. Untuk spesifikasinya sendiri terkesan "yang penting bisa dipakai".

Nah, pada kesempatan kali ini jagoangadget.com akan membagikan beberapa hal yang menjadi ciri-ciri sekaligus Perbedaan iPhone HDC dan Ori. Dengan begitu, kamu bisa membedakan antara produk HDC dan yang asli sehingga tidak tertipu ya, Sob.

Perbedaan iPhone HDC dan Ori

1. Sistem Operasi bukan iOS

Setiap produk Apple menggunakan sistem operasi tersendiri yang tidak bisa digunakan pada perangkat lain. iPhone menggunakan iOS, sistem operasi khusus untuk smartphone iPhone.

Sedangkan perangkat iPhone HDC tentunya tidak bisa menggunakan iOS karena memang bukan produk dari Apple. iPhone HDC menggunakan sistem operasi Android, namun agar terlihat mirip tampilannya memang dibuat seperti iOS. Meskipun begitu, tetap saja banyak perbedaan fitur yang berbeda antara Android dan iOS.

Banyak sekali cara untuk membedakan iPhone HDC dan Ori. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan Apple id.

Kalau sebelumnya kamu pengguna iPhone dan sudah punya Apple ID, bisa coba langsung log in diperangkat iPhone yang ingin dicek keasliannya. Bisa akses menu "iCloud" untuk log in Apple ID. Kalau tidak bisa log in, artinya itu bukan iPhone asli.

Belum punya Apple ID? Bisa buat di https://appleid.apple.com/account

2. Play Store VS App Store

Masih terkait sistem operasi. Pada perangkat smartphone dengan iOS, App Market yang digunakan untuk mengunduh aplikasi adalah App Store. Karena iPhone HDC basic nya menggunakan Android, maka untuk download aplikasi di Google Play Store. Meskipun tampilannya bisa diubah sehingga terlihat seperti App Store.

Ini juga bisa kamu gunakan untuk cek iPhone HDC atau Ori. Coba saja log in menggunakan akun Google (GMail). Kalau berhasil masuk, berarti iPhone tersebut menggunakan OS Android yang artinya bukan iPhone Ori.

3. iTunes

iTunes merupakan sebuah perangkat lunak alias software milik Apple. Fungsinya untuk mengorganisir file dan mengatur beberapa fitur perangkat Apple. Tentu hanya perangkat asli dari Apple yang bisa tersambung dan menggunakan fitur dari iTunes.

Salah satu cara cek keaslian iPhone bisa menggunakan iTunes. Caranya mudah, tinggal instal iTunes di perangkat PC (Laptop/Komputer). Setelah itu sambungkan iPhone ke PC dengan menggunakan lightning cable dan buka iTunes. Kalau tidak tersambung artinya itu iPhone abal-abal alias HDC.

Mau coba? Klik Download iTunes

4. Build Quality

Untuk kamu yang pernah menggunakan iPhone asli, pasti akan bisa tahu perbedaan iPhone HDC dan ori dari segi fisik. Meskipun tampilannya terlihat sangat mirip, namun ketika digenggam perbedaannya akan terasa.

iPhone HDC build quality nya cenderung tidak sebagus HP ori. Seperti tombol-tombol yang terasa ringkih, desain kurang rapi, sampai beberapa bagian yang kurang presisi. Bahkan kalau kamu tidak pernah pegang iPhone asli pun dengan tingkat kejelian tinggi bisa tahu mana iPhone HDC dan mana yang asli.

5. Garansi iPhone

Setiap perangkat iPhone tentunya mendapatkan jaminan kualitas dari Apple berupa garansi. Meskipun mungkin masa garansinya sudah habis, tapi datanya masih bisa dicek. Bahkan kalau kamu beli second atau seperti iPhone Garansi Internasional, datanya masih tetap muncul ketika dicek.

Sedangkan perangkat iPhone HDC tidak memiliki garansi. Biasanya hanya mendapatkan garansi pembelian selama 7 atau 30 hari saja.

Untuk cek garansi iPhone asli, bisa langsung memasukkan nomor seri atau IMEI di situs resmi Apple. Kalau mau coba cek bisa langsung klik https://checkcoverage.apple.com/id/

6. Harga

Beda kualitas tentu beda harga. iPhone HDC bisa banyak kamu temui dipasarkan di beberapa e-commerce. Kisaran harganya ada di 2 jutaan. Mungkin kamu bisa menemukan yang lebih murah atau ada juga seller yang menawarkan harga lebih mahal.

Tapi kamu juga harus berhati-hati ketika mencari iPhone. Biasanya ada seller yang memang berniat untuk menipu dengan menawarkan harga iPhone lebih murah tapi tidak jauh berbeda dengan yang asli. Sehingga pembeli tidak curiga.

Karena itu, ketika ingin membeli iPhone pastikan dulu dengan teliti. Akan lebih aman kalau kamu beli iPhone di toko yang sudah terpercaya. Seperti di iBox Official Shop yang ada di aplikasi Shopee. Di sana semua barang Apple dijamin ori.

7. Spesifikasi dan Fitur

Kalau ini sudah jelas ya, spesifikasi yang kamu dapatkan dari iPhone HDC jauh lebih rendah. Kalau kamu bandingkan spesifikasi mulai dari iPhone 7 HDC sampai yang terbaru iPhone 13 Pro Max HDC, perbedaannya tidak terlalu jauh. Harganya sih juga memang tidak jauh berbeda.

iPhone HDC memang didesain untuk kebutuhan gaya saja. Jadi, untuk performanya sendiri terkesan ala kadarnya. Dengan spesifikasinya, iPhone HDC mungkin cocok untuk HP kedua. Hanya untuk chatting, browsing, dan aktivitas ringan lainnya.

Jangan harap performa iPhone HDC sama seperti HP ori di harga 2 jutaan lainnya. Apalagi berharap bisa sama dengan iPhone asli. Fitur-fitur unggulan pada iPhone seperti 3D touch, FaceID, dan fitur canggih lainnya sudah jelas tidak akan kamu temukan di iPhone HDC. Meskipun ada di pilihan menu, itu hanya sebagai pelengkap untuk membuat tampilannya terlihat seperti ori.

Kesimpulan

Setelah membahas Perbedaan iPhone HDC dan Ori tadi, bisa diambil kesimpulan bahwa banyak perbedaan yang ditemukan. Yang paling mendasar adalah sistem operasi dari kedua perangkat ini. iPhone ori menggunakan iOS milik Apple, sedangkan iPhone HDC menggunakan basic Android yang diubah tampilannya sehingga tampak seperti iOS.

Perbedaan vital lainnya terletak pada spesifikasi dan fitur. Dengan harga 2 jutaan, jangan berharap mendapatkan fitur dan performa yang setara HP Flagship iPhone. iPhone HDC memang cocok untuk tujuan "bergaya" saja. Tapi kalau ketahuan pakai HP HDC malu juga sih, Sob.

Posting Komentar untuk "7 Perbedaan iPhone HDC dan Ori 2022"