Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Aplikasi UMKM di Era Digital

 Aplikasi UMKM menjadi sangat penting bagi seorang pelaku usaha. Di era digital seperti sekarang, kehidupan manusia sudah tidak bisa lepas lagi dengan teknologi. Hampir semua aktivitas kita bisa lebih mudah dengan adanya teknologi.

Kita ambil contoh saja smartphone. Tidak cuma buat komunikasi saja, sekarang ponsel menjadi lebih "pintar" dengan berbagai fungsinya. Pembayaran digital bisa lebih mudah dengan smartphone. Belanja pun jauh lebih praktis jika dilakukan secara online.

Pentingnya Aplikasi UMKM bagi Pelaku Usaha

Sebagai pelaku usaha, tentunya harus mengimbangi perkembangan yang ada. Karena itu Aplikasi UMKM juga menjadi hal yang membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mengiringi perkembangan zaman.

Aplikasi UMKM

Apa itu Aplikasi UMKM?

Aplikasi UMKM adalah sebuah perangkat lunak yang bisa digunakan untuk kegiatan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) berbasis digital. Penggunaan aplikasi pada sebuah usaha kecil ini juga bisa disebut dengan e-UMKM.

Sistem yang terintegrasi secara online bisa memudahkan pemasaran produk, pendataan, hingga transaksi yang juga memudahkan pelanggan.

Ada beberapa alasan kenapa pelaku usaha perlu juga menggunakan teknolgi untuk mengembangkan bisnisnya. Berikut ini adalah beberapa alasan tersebut yang juga bisa menjadi sebuah keuntungan yang didapat dari penggunaan aplikasi UMKM.

1. Memudahkan Pelanggan Menjangkau Produk/Jasa

Kini pengguna smartphone tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mencari kebutuhan yang diperlukan. Tinggal buka HP saja, searching, pesan deh.

Nah, sebagai pelaku usaha tentunya kamu tidak mau dong ketinggalan. Kamu juga harus menggunakan aplikasi UMKM untuk menjangkau pelanggan baru. Yang artinya kamu juga bisa memiliki jangkauan yang lebih luar untuk usaha kamu.

Dengan adanya produk/jasa milik kamu di aplikasi UMKM, tentunya pelanggan baru dan juga lama lebih mudah menjangkau usaha kamu. Jangan sampai pelanggan lama lari ke toko sebelah karena bisnis kamu tidak mengikuti perkembangan teknologi.

2. Transaksi Online

Zaman sekarang, transaksi online lebih banyak dipilih penjual maupun pembeli karena memang menawarkan berbagai keunggulan.

Pelanggan bisa memesan secara online melalui aplikasi UMKM, tanpa harus datang ke toko atau tempat usaha kamu. Ini juga bisa menjadi nilai plus pada produk/jasa yang kamu tawarkan. Penjual pun juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan pemasaran online.

3. Pembayaran Non Tunai

Aplikasi UMKM juga menyediakan pembayaran non tunai. Yang mana sekarang banyak orang lebih memilih pembayaran non tunai untuk transaksi yang dilakukannya.

Tidak perlu repot bawa uang banyak di dompet, tinggal scan saja pembayaran dengan non tunai bisa dilakukan dengan mudah.

Apalagi beberapa aplikasi e-wallet dan juga aplikasi UMKM sering memberikan penawaran menarik berupa cashback untuk setiap pembayaran non tunai.

4. Kelola Usaha jadi Lebih Mudah

Aplikasi UMKM juga mempermudah kamu sebagai pelaku usaha untuk mengelola usaha yang kamu jalani. Mulai dari transaksi sampai inventori atau persediaan barang (stock) bisa dicatat secara digital pada aplikasi, bahkan online.

Ini juga membuat kamu ataupun karyawan bisa mengakses catatan keuangan usaha dan inventori secara real-time. Akan lebih praktis dan juga efektif dibandingkan dengan pencatatan secara konvensional.

5. Memangkas Biaya

Kamu juga bisa memangkas biaya-biaya yang seharusnya dikeluarkan pada usaha secara konvensional (tanpa aplikasi). Dengan begitu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Contohnya seperti tempat usaha. Kalau kamu berjualan online dengan aplikasi UMKM, kamu tidak harus mencari tempat usaha dengan lokasi strategis. Yang mana tempat usaha seperti ini harga atau sewanya lebih tinggi. Kamu bisa menggunakan tempat yang lebih terjangkau harganya, karena pemasaran bisa dilakukan secara online.

Bahkan, kamu juga bisa menjalankan ataupun memulai sebuah usaha di rumah saja. Pelanggan pun bisa tetap memesan produk atau jasa yang kamu tawarkan melalui aplikasi UMKM.

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia Sobat alasan kenapa kamu perlu menggunakan Aplikasi UMKM untuk mengembangkan bisnis. Di era digital ini, hampir setiap aktivitas kita bisa dilakukan secara digital dan online. Jadi agar usaha kita tetap bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, usaha kita juga harus mengikuti perkembangan teknologi

Posting Komentar untuk "Pentingnya Aplikasi UMKM di Era Digital"