Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Retur Barang dan Pengembalian Dana di Shopee

 Tidak jarang orang mencari tutorial bagaimana cara retur barang di Shopee. Karena memang kendala pada barang sering kita temui pada sebuah transaksi online. Kesalahan biasanya dikarenakan oleh keteledoran penjual, sehingga barang tidak sesuai dengan pesanan pelanggan. Bisa juga karena kesalahan jasa ekspedisi pengiriman sehingga barang mengalami kerusakan.

Permintaan pengembalian barang di Shopee memang sering kali ditemui. Bukan karena kualitas barangnya jelek, melainkan karena memang Shopee menjadi salah satu e-commerce paling populer dengan total transaksi hingga jutaan per harinya. Tentu peliang terjadinya kendala juga lebih besar.

Retur Barang di Shopee

Sobat Gadget tentunya sudah sering mendengar istilah "retur", apalagi kalau sering belanja online. Ketika ada kendala ada barang yang dipesan, biasanya kamu bakal bertemu dengan istilah ini. Apa sih retur itu?

Cara Retur Barang di Shopee

Apa itu Retur?

Retur adalah sebuah istilah yang sering digunakan dalam dunia jual beli online. Secara singkat, retur artinya pengembalian barang oleh pembeli kepada penjual. Apa bisa barang yang sudah dibeli dikembalikan? Apalagi barang sudah diterima dan dibuka paketnya.

Tentu bisa, dalam sebuah transaksi online penjual akan memberikan jaminan. Berbeda dengan garansi, cara retur barang Shopee ini adalah pengembalian barang untuk ditukar dengan yang baru ketika barang tidak sesuai ataupun rusak (bukan karena kesalahan pembeli). Bahkan jika barang kosong, pembeli bisa melakukan pengajuan pengembalian dana Shopee.

Alasan Retur Barang di Shopee

Apa bisa tukar barang di Shopee? Sangat bisa sekali. Jika terjadi kendala pada barang yang dipesan, baik pihak seller maupun buyer yang merasa dirugikan bisa mengajukan penukaran atau pengembalian barang. Tentunya harus dengan alasan yang tepat agar pengajuan bisa diproses tim Shopee.

Beberapa yang bisa menjadi alasan untuk melakukan retur barang Shopee, di antaranya:

  • Barang tidak sampai
  • Tidak sesuai dengan deskripsi/foto
  • Salah kirim barang
  • Terjadi kerusakan (bukan karena pembeli)
  • Barang tidak original

Syarat dan Ketentuan Pengembalian Barang di Shopee

Tentunya, ada syarat dan ketentuan yang harus terpenuhi agar pengajuan pengembalian barang di Shopee bisa diterima. Untuk syarat dan ketentuan berbeda terkait alasan pengajuan retur Shopee.

Untuk toko biasa dan Shopee Mall juga memiliki ketentuan yang berbeda. Karena memang untuk Shopee Mall adalah partner dari Shopee yang memiliki kredibilitas lebih. Sehingga jika terjadi kendala dan pembeli merasa tidak bersalah, pembeli harus menyertakan bukti yang kuat agar bisa mengembalikan barang di Shopee.

Berikut beberapa syarat retur barang di Shopee: 

1. Barang Tidak Sampai

Jika memang barang tidak sampai, pembeli bisa melakukan pengajuan pengembalian dana. Penjual (bukan Shopee Mall) pun bisa menolak jika merasa barang sudah terkirim, tentunya dengan melampirkan bukti yang kuat.

Shopee Mall

  • Dana tertahan saat pembeli barang melakukan pengajuan retur di Shopee
  • Pengajuan retur akan ditinjau terlebih dahulu oleh pihak Shopee
  • Beberapa bukti diperlukan untuk proses peninjauan

Bukan Shopee Mall

  • Dana tertahan saat pembeli melakukan pengajuan retur barang Shopee
  • Penjual wajib menanggapi keluhan pembeli dalam waktu 3 hari, dihitung sejak pengajuan retur dilakukan. Jika tidak, pihak Shopee akan mengembalikan dana ke pembeli tanpa persetujuan penjual.
  • Jika penjual menolak keluhan atau komplain (pengajuan retur) pembeli, maka pihak penjual harus menyertakan bukti-bukti: 
    • Foto resi yang asli
    • Bukti barang sudah terkirim
    • Foto produk diterima

2. Barang Tidak Sesuai atau Tidak Lengkap

Ketika pembeli merasa barang yang diterima tidak sesuai ataupun tidak lengkap seperti yang disampaikan penjual di pada deskripsi, cara mengajukan pengembalian barang di shopee bisa dilakukan.

Shopee Mall

  • Shopee akan menahan dana selama proses pengajuan retur dan peninjauan
  • Bukti foto/video harus dilampirkan dengan jelas
  • Peninjauan akan dilakukan tim Shopee
  • Pihak Shopee akan meminta bukti tambahan kepada pihak penjual maupun pembeli jika diperlukan

Bukan Shopee Mall

  • Shopee menahan dana selama proses klaim pengembalian barang hingga masalah terselesaikan
  • Pembeli wajib melampirkan bukti (Foto/Video) yang jelas
  • Jika pihak penjual menolak, maka wajib melampirkan bukti dan alasan yang kuat dari sisi penjual
  • Bukti yang harus dilampirkan pemberli: 
    • Foto kondisi barang saat diterima
    • Video unboxing bisa menjadi bukti yang kuat
    • Baik bukti foto maupun video, harus memperlihatkan resi pengiriman yang ada pada barang (paket)

4. Penjual Tidak Menerima Barang Retur

Ketika penjual setuju untuk pengembalian dan pembeli juga sudah mengirim tapi penjual mengaku tidak menerima barang tersebut, pembeli bisa melampirkan bukti: 

  • Resi pengiriman (baik foto resi maupun nomor saja)
  • Foto kondisi paket ketika akan dikirim (ke jasa pengiriman)

5. Penjual Menerima Paket yang Tidak Sesuai atau Rusak

Ketika proses retur sudah dilakukan namun penjual mengaku menerima paket yang tidak sesuai (bukan barang yang dibeli) ataupun ada kerusakan pada barang, penjual harus memberikan bukti yang kuat berupa video unboxing penerimaan barang yang diretur.

Hal ini untuk membuktikan bahwa penjual tidak sengaja menukar ataupun merusak barang agar bisa lepas dari tanggung jawab.

Ketentuan Lainnya Terkait Retur Barang di Shopee

Adapun beberapa syarat dan ketentuan lainnya pada kondisi tertentu:

• Barang Hilang saat Pengiriman

Shopee sudah mencegah hilangnya barang pada saat pengiriman transaksi jual beli maupun proses retur dengan merekomendasikan jasa eksedisi terpercaya. Akan tetapi jika memang ada kesepakatan dari pembeli dan penjual untuk menggunakan ekspedisi lain, disarankan untuk menyimpan resi (fisik) bukti pengiriman untuk menghindari hal-hal yang diinginkan.

Jika ada pihak yang mengirimkan barang menggunakan jasa ekspedisi lain (diluar ekspedisi lain) tanpa persetujuan pihak lainnya, maka pengembalian dana akan dilakukan secara otomatis oleh pihak Shopee.

• Bukti Pengajuan

Baik pihak pembeli dan penjual memiliki waktu maksimal 1 hari untuk melampirkan bukti yang diminta. Bukti juga harus kuat dan memberikan alasan yang jelas. Jika tidak, pengembalian dana dilakukan Shopee kepada pihak yang bisa membuktikan bahwa tidak bersalah (dengan bukti).

• Ongkos Kirim Pengembalian Barang Shopee

Jika menggunakan ekspedisi yang direkomendasikan Shopee, maka ongkir pengembalian barang Shopee akan ditanggung oleh pihak Shopee sendiri. Jika tidak, maka pihak penjual ataupun pembeli harus menanggung sendiri ongkos kirim retur.

Cara Pengembalian Barang di Shopee

Syarat dan ketentuan retur barang di Shopee banyak dan ribet ya, Sob? Hehehe... Wajar saja, untuk menghindari terjadinya kecurangan oleh salah satu pihak memang harus dibuat peraturan yang ketat.

Setelah paham apa saja yang harus dipenuhi unuk ajukan pengembalian Shopee, sekarang jagoangadget.com akan membahas tentang cara retur barang di Shopee untuk prosedur sekaligus tahapan-tahapannya.

Cara Retur Barang di Toko Shopee (bukan Shopee Mall)

Cara ajukan pengembalian barang di Shopee toko biasa dan Shopee Mall prosedurnya berbeda ya, Sob. Jika kamu membeli dari Star Seller atau penjual biasa, lakukan pengembalian barang Shopee dengan cara berikut: 

1. Ajukan Pengembalian Shopee

Untuk cara mengembalikan barang di shopee pertama adalah dengan mengajukan retur atau pengembalian barang melalui aplikasi Shopee. Ketika barang pesanan sampai dan kamu terima, maka status pemesanan di aplikasi Shopee juga akan diperbaruhi.

Untuk melihat status pemesanan bisa langsung buka aplikasi Shopee > pilih profil > pilih "pesanan Saya". Nah, di situs akan tampil berbagai pesanan yang pernah kamu lakukan dan juga sedang berlangsung.

cara retur barang di shopee yang sudah diterima

Pada menu tersebut jika kamu mengalami kendala dan ingin mengembalikan barang Shopee, jangan klik "Diterima". Tapi buka status pesanan, scroll di bawah maka kamu akan menemukan pilihan "Ajukan Pengembalian".

Ajukan Pengembalian Shopee

Sebelum kamu melakukan cara pengembalian barang shopee, akan lebih baik jika kamu menanyakan kepada penjual terkait kendala yang terjadi. Minimal kamu konfirmasi terlebih dahulu kepada penjual sebelum klik "Ajukan Pengembalian Shopee".

Jika penjual setuju melakukan retur atau pengembalian barang, baru kamu lanjutkan proses dengan klik pilihan untuk ajukan mengembalikan barang Shopee.

Segera ambil tindakan ketika terjadi kendala. Karena dalam waktu tertentu tidak ada konfirmasi dari pembeli, maka pesanan diterima otomatis di Shopee dan kamu tidak bisa mengembalikan barang Shopee tersebut.

CATATAN: Setelah menerima barang (paket) dari kurir dan sebelum membukanya, lebih baik kamu siapkan HP untuk merekam. Rekam proses membuka paket dan perlihatkan label resi pada paket. Video unboxing ini akan menjadi bukti yang kuat jika terjadi kendala pada barang.

2. Isi Data Pengajuan Retur

Setelah klik "Ajukan Pengembalian" kamu akan diminta untuk mengisi beberapa informasi terkait pemesanan barang sekaligus alasan serta bukti untuk mengajukan retur barang di Shopee.

Bukti yang bisa kamu unggah meliputi nomor resi pengiriman, foto atau video barang, dan alasan yang tepat untuk meminta barang ditukar.

Pastikan semua benar agar proses pengajuan bisa dilanjutkan dan diterima oleh pihak Shopee.

3. Kirim Barang Retur

Jika pengajuan disetujui, maka kamu akan diminta mengembalikan barang Shopee kepada penjual. Seperti dijelaskan tadi, jika menggunakan jasa ekspedisi yang direkomendasikan oleh Shopee, maka kamu tidak perlu bayar ongkos kirim alias akan ditanggung Shopee.

Jangan lupa, simpan resi atau bukti pengiriman barang retur. Karena ini sangat penting untuk konfirmasi dan bukti bahwa kamu sudah mengirim kembali barang retur tersebut.

Jangan lupa untuk merekam proses packing sebagai bukti untuk menghindari hal yang tidak diinginkan nantinya.

4. Konfirmasi Pengiriman Barang

Setelah barang dikirim, tinggal konfirmasi melalui aplikasi bahwa barang sudah dikirim. Sertakan juga bukti pengiriman berupa nomor resi dan video yang sudah kamu rekam tadi.

Jika sudah, kamu tinggal tunggu barang sampai kepada penjual. Setelah itu proses berikutnya adalah pengiriman barang baru atau pengembalian dana dari penjual.

Cara Retur Barang di Shopee Mall

Hampir sama, tapi ada beberapa hal yang berbeda pada cara retur barang di shopee yang sudah diterima pada Shopee Mall. Beberapa perbedaan tersebut, di antaranya: 

1. Jasa Ekspedisi Pengiriman

Untuk barang yang dibeli di Shopee Mall, jika ingin mengembalikan barang (retur) kamu perlu memilih jasa pengiriman yang ingin kamu gunakan. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih seperti J&T, JNE, SiCepat, dan lainnya dengan gratis ongkir.

Kamu juga bisa menggunakan jasa ekspedisi lainnya. Akan tetapi ongkos kirim tidak ditanggung oleh pihak Shopee alias tidak gratis ongkir.

2. Prosedur Tambahan

Ada langkah atau prosedur tambahan yang harus kamu lakukan untu cara retur barang di Shopee Mall. Seperti cara mengirim paket Shopee pada proses retur. Tidak hanya mengajukan pengembalian dan melakukan pengiriman barang saja, tapi ada 3 hal yang perlu kamu lakukan: 

  • Menuliskan nomor resi pada paket (barang) yang kamu kirim untuk dikembalikan
  • Memberikan nomor resi ke jasa ekspedisi pengiriman
  • Memeriksa alamat pengiriman

Cara Pengembalian Dana di Shopee

Retur juga bisa menjadi cara mengajukan pengembalian dana di Shopee. Sebenarnya tidak ada cara refund Shopee. Dana akan dikembalikan kepada pembeli jika memang terjadi kendala dan mengharuskan retur barang di Shopee. Jika ternyata barang kosong dan penjual tidak bisa tukar barang yang sama, maka Shopee akan menganggap transaksi batal dan mengembalikan dana ke pembeli.

Syarat Pengembalian Dana di Shopee

Tidak perlu ajukan pengembalian dana di Shopee. Ketika proses retur dan pembeli tidak bisa mendapatkan barang gantinya dikarenakan kendala penjual, maka pembeli akan mendapatkan dananya kembali.

Pengembalian dana tanpa pengembalian barang Shopee bisa terjadi, jika: 

  • Penjual kehabisan stock barang
  • Tidak ada kesepakatan mengganti dengan barang lain
  • Penjual tidak merespon saat pengajuan retur barang
  • Penjual tidak bisa memberikan bukti yang kuat
  • Barang terbukti tidak original alias palsu
  • Barang hilang saat pengiriman

Jika salah satu masalah diatas kamu alami, maka dana kamu bisa dikembalikan oleh pihak Shopee.

Akhir Kata

Cara retur barang di Shopee sangatlah mudah. Tapi agar prosesnya berjalan lancar, kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ada. Seperti memiliki bukti kuat bahwa kesalahan bukan dari pembeli (video unboxing), resi pengembalian barang shopee, hingga alasan yang tepat sehingga kamu bisa ajukan retur barang Shopee.

Untuk mengajukan pengembalian barang di shopee yang sudah diterima, kamu tidak perlu cari cara refund Shopee. Cukup ajukan retur jika terjadi kendala pada barang, jika memang tidak memungkinkan untuk mengganti barang dengan yang sesuai maka kamu bisa mendapatkan dana pembelian barang tersebut kembali.

Ingat, jangan konfirmasi barang diterima jika ingin ajukan retur barang Shopee. Karena tidak ada cara retur barang di shopee yang sudah dinilai. Jadi, pastikan dulu barang sesuai sebelum memberi rating pada penjual.

Tutorial ini adalah untuk pesanan yang sudah diterima ya. Untuk cara mengajukan pengembalian dana di shopee karena barang tidak dikirim, kamu hanya cukup menunggu sampai batas waktu penjual mengirimkan pesanan. Jika sudah lewat, maka uang kamu akan kembali ke Shopee Pay.

Baca juga artikel terkai Shopee lainnya:

Posting Komentar untuk "Cara Retur Barang dan Pengembalian Dana di Shopee"