Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Opsi Pengiriman di Shopee

 Salah pilih jasa ekspedisi? Tenang, ada kok Cara Mengubah Opsi Pengiriman di Shopee. Ketika ternyata kamu kurang merasa pas dengan jasa pengiriman yang sudah kamu pilih, kamu bisa pakai cara ganti kurir Shopee.

Sebelum melakukan pembayaran pada proses pembelian barang di Shopee, kita akan mengisi berbagai data. Mulai dari alamat, memilih metode pembayaran, dan juga memilih opsi pengiriman alias jasa ekspedisi yang ingin digunakan.

Mungkin saja setelah melakukan check out dan sudah pilih jasa pengiriman ternyata kamu berubah pikiran dan ingin ganti kurir pengiriman barang Shopee. Karena takut ekspedisinya lama, takut tidak menjangkau daerah kamu, ataupun kendala lainnya.

Cara Mengubah Opsi Pengiriman di Shopee

Apakah bisa mengubah jasa pengiriman di shopee yang sudah dibayar? Tenang saja, ada kok. Meskipun barang sudah dibayar dan masuk proses pengiriman, kamu tetap bisa mengubah kurir pengiriman barang Shopee tersebut.

Di artikel kali ini jagoangadget.com akan membagikan tutorial bagaimana cara mengubah opsi pengiriman di Shopee. Jadi, untuk Sobat yang ingin mengganti opsi pengiriman di Shopee ketika sudah memesan barang simak pembahasan ini sampai tuntas ya, Gaes.

Cara Mengubah Opsi Pengiriman di Shopee

Syarat dan Ketentuan Mengubah Opsi Pengiriam di Shopee

Kamu tidak bisa asal mengubah opsi pengiriman di Shopee ya. Ada beberapa hal yang harus kamu pastikan terlebih dahulu sebagai syarat dan ketentuan untuk ganti kurir. Di antaranya: 

  • Perubahan opsi pengiriman, hanya berlaku untuk paket Reguler dan Hemat
  • Pembeli bisa mengubah opsi pengiriman di Shopee sampai 1 jam setelah check out
  • Untuk merubah opsi pengiriman bisa dilakukan setelah status pengiriman menjadi "Sedang Dikemas"
  • Penjual belum melakukan pengiriman barang dan mengunggah resi pengiriman
  • Hanya bisa dilakukan 1 kali perubahan opsi pengiriman pada setiap pesanan

Jadi, kalau kamu mau melakukan cara mengubah opsi pengiriman di Shopee pastikan hal di atas sudah terpenuhi.

Langkah Menghubah Opsi Pengiriman di Shopee

Setelah memastikan syarat dan ketentuan sudah terpenuhi, untuk cara mengubah opsi pengiriman di Shopee kamu bisa ikuti langkah berikut: 

  • Setelah melakukan pemesanan, buka detail pesanan di aplikasi
  • Ingat, lakukan pengubahan opsi pengiriman sebelum 1 jam
  • Jika status pesanan "Sedang Dikemas", kamu bisa mengubah opsi pengiriman
  • Buka detail pesanan tadi
  • Ada pilihan menu untuk ganti opsi pengiriman
  • Pada menu ini, kamu bisa pilih jasa pengiriman/ekspedisi lain yang kamu inginkan
  • Ketuk "Konfirmasi"
  • Selesai, opsi pengiriman di Shopee sudah diubah

Intinya selama penjual belum mengirim barang ke jasa ekspedisi, kamu masih bisa mengubah opsi pengiriman alias ganti jasa pengiriman. Misal sebelumnya kamu pilih pakai SiCepat, kamu bisa menggantinya dengan JNE, J&T, atau jasa pengiriman lainnya yang mendukung pada toko tersebut.

Kendala Mengubah Opsi Pengiriman di Shopee

Mungkin kamu akan menemukan beberapa kendala yang bisa saja terjadi pada proses mengubah opsi pengiriman di Shopee. Pada kondisi tertentu bisa saja terjadi masalah berbeda. Berikut ini jagoangadget.com akan membagikan beberapa kendala yang sering dialami sekaligus cara mengatasinya.

1. Opsi Pengiriman Tidak Muncul

Sering kali dialami kendala tidak munculnya opsi pengiriman di Shopee. Apa sih penyebabnya jasa pengiriman tidak muncul di Shopee? Pemilik toko di Shopee bisa mengatur jasa pengiriman apa saja yang tersedia untuk barangnya. Pemilik juga bisa mengatur agar Shopee secara otomatis menggunakan jasa pengiriman apa saja. Jadi tidak munculnya opsi untuk mengubah pengiriman, bisa jadi pemilik toko menyediakan pilihan yang terbatas.

Pada artikel "Cara Retur Barang di Shopee" juga sudah dibahas bahwa Shopee merekomendasikan beberapa jasa pengiriman, Hal ini bertujuan untuk memberikan layanan terbaik pada pelanggan. Jadi, tidak munculnya opsi mengubah pengiriman bisa dikarenakan memang Shopee menyediakan paket pengiriman tertentu saja.

Lalu bagaimana solusinya jika opsi pengiriman tidak muncul? Solusi yang terbaik adalah menggunakan jasa pengiriman yang ada. Karena memang jasa pengiriman yang tersedia adalah yang terbaik untuk mengirimkan barang ke lokasi kita.

2. Tidak Dapat Mengubah Opsi Pengiriman di Shopee

Opsi pengirimannya muncul, tapi tidak bisa berubah juga menjadi kendala yang sering terjadi. Ada berbagai penyebab terjadinya hal ini. Salah satu yang sering dikarenakan transaksi tidak memenuhi syarat dan ketentuan untuk cara mengubah opsi pengiriman di Shopee.

• Sudah Lewat Batas Waktu

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, pembeli hanya bisa mengubah opsi pesanan sebelum 1 jam. Jika sudah lewat batas waktu, maka jasa kirim tidak bisa diganti lagi. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misal ternyata penjual sudah memberikan barang kepada jasa ekspedisi namun belum sempat mengunggah nomor resi pengiriman.

• Penjual Sudah Mengiriman Barang

Jika barang sudah masuk ke proses pengiriman, pembeli tentunya sudah tidak bisa mengubah opsi pengiriman di Shopee. Status akan berubah dari "Sedang Dikemas" menjadi "Dikirim". Nah, kalau statusnya sudah berubah kamu tidak bisa lagi ganti jasa kirim.

Akhir Kata

Cara mengubah opsi pengiriman di Shopee bisa dipakai ketika kamu ingin ganti jasa kirim, Mungkin setelah kamu bayar pesanan ternyata kamu baru tahu bahwa ada kurir pengiriman yang bisa lebih mengirim lebih cepat? Kamu bisa menggantinya.

Tapi tentunya ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebagai prosedur cara mengubah opsi pengiriman. Jika memang bisa terpenuhi, kamu bisa ganti kurir Shopee dengan langkah yang sudah kita bahas tadi, Sob.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Opsi Pengiriman di Shopee"