Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee, 100% Bisa!!

 Bagi sebagian pengguna Shopee, tampilan pesanan yang sudah selesai di aplikasi terasa sangat mengganggu. Karena itu, mereka mencari cara menghapus riwayat pesanan di Shopee untuk menghilangkan detail pesanan yang sudah selesai.

Ada yang memang sekedar terganggu saja, sehingga menghapus riwayat pesanan di Shopee pun bukan sebuah hal yang mendesak. Ada juga pengguna Shopee yang takut ketahuan habis beli barang apa saja oleh orang lain. Seperti SSTI alias Suami Suami Takut Istri yang tidak mau istrinya tahu apa saja yang mereka beli. Hehe

Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Seperti yang kita tahu, di setiap aplikasi e-commerce tentunya menyediakan menu riwayat pesanan. Pada menu ini kita bisa lihat produk atau barang apa saja yang pernah kita beli di Shopee.

Untuk cara melihat barang yang sudah dibeli di Shopee, bisa lakukan langkah berikut: 

  • Buka aplikasi Shopee
  • Pilih menu profil, "Saya"
  • Lalu pilih menu "Pesanan Saya"
  • Kemudian "Riwayat Pesanan"
  • Buka "Pesanan Selesai"
  • Nah, di sini kamu bisa melihat transaksi Shopee yang sudah selesai

Fitur ini memiliki banyak kegunaan, kita bisa melihat apa saja yang pernah kita beli di Shopee. Mungkin mau pesan lagi barang yang sama? Atau mau menghitung pengeluaran yang dilakukan di aplikasi Shopee? Bisa lewat riwayat pesanan Shopee ini.

Fitur yang cukup bagus dan bermanfaat, tapi tidak bagi semua pengguna Shopee. Seperti yang kita singgung di atas, sebagian orang tidak ingin ada riwayat pesanan di aplikasi Shopeenya. Karena itu mereka butuh cara menghapus pesanan yang sudah selesai di Shopee.

Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Apa Bisa Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee?

Meskipun banyak dicari, tapi masih belum ada cara menghapus riwayat pesanan di Shopee. Pihak pengembang belum menyediakan fitur terkait penghapusan riwayat Shopee. Setiap barang yang dipesan dan diterima oleh pengguna akan tercatat pada aplikasi dan tidak bisa dihapus bahkan untuk selamanya.

Padahal bagi kebanyakan pengguna riwayat pesanan merupakan hal yang tidak terlalu penting. Apalagi untuk barang yang sudah dipesan dalam waktu yang lama. Kalaupun mau beli barang yang sama, kan mereka bisa cari lagi dengan fitur pencarian.

Tapi tentunya pihak Shopee punya alasan tersendiri kenapa tidak mengediakan fitur penghapusan riwayat ini.

Kenapa Riwayat Shopee Tidak Bisa Dihapus?

Kalau kamu tanya ke Customer Service Shopee pun, mereka akan menjawab bahwa riwayat pesanan tidak bisa dihapus dan tetap akan ada di akun Shopee si pengguna. Karena memang riwayat pesanan juga memiliki manfaat untuk semua pihak.

Mungkin riwayat pesanan menjadi data untuk pihak Shopee menilai pengguna baik pembeli dan penjual. Seperti level membership untuk menentukan layanan dan penawaran apa saja yang bisa didapat pembeli, juga untuk penilaian toko penjual Shopee. Bisa juga riwayat order berguna untuk Cara Retur Barang di Shopee. Atau alasan lainnya seperti:

  • Pengguna bisa melihat pesanan sebelumnya
  • Trick Marketing Shopee dengan memudahkan pembeli pesan lagi
  • Pembeli bisa mengakses bukti transaksi di Shopee sewaktu-waktu jika dibutuhkan

Intinya, sampai saat ini Shopee belum menghadirkan fitur untuk menghapus riwayat pesanan di Shopee.

Kelebihan Fitur Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Padahal, banyak manfaat atau kelebihan jika ada cara menghapus riwayat Pesanan di Shopee bagi pengguna yang membutuhkan loh. Di antaranya: 

  • Pengguna bisa menyortir barang yang dibutuhkan dan menjadikan riwayat pesanan sebagai list barang yang dibutuhkan
  • Riwayat pesanan lebih mudah untuk dilihat dengan membuang yang tidak perlu
  • Privasi lebih terjaga karena orang tidak bisa melihat riwayat pesanan Shopee di aplikasi kita
  • Meringankan aplikasi karena tidak butuh cache untuk history pesanan

Mungkin kalian mau tambahkan, Sob? Tapi entah kenapa meskipun banyak keunggulannya tapi fitur menghapus riwayat pesanan di Shopee belum ada sampai saat ini.

Solusi Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Karena cara menghapus riwayat pesanan di Shopee tidak ada, jagoangadget.com sudah merangkum beberapa cara lain yang bisa menjadi solusi jika Sobat Gadget benar-benar ingin menghilangkan riwayat pesanan di akun Shopee.

1. Hapus Data Aplikasi Shopee

Yang pertama agar bisa menghilakan riwayat pesanan Shopee (untuk sementara) adalah dengan menghapus data aplikasi Shopee. Dengan menghapus data, maka semua data tersimpan mulai dari cache aplikasi dan informasi lainnya akan terhapus dari aplikasi. Tapi masih tersimpan di server Shopee kok.

Kalau kamu belum tahu cara hapus data aplikasi Shopee, ikuti saja langkah berikut:

  • Buka pengaturan di HP
  • Pilih menu aplikasi
  • Cari aplikasi Shopee
  • Pilih "Hapus Data" atau "Clear Data"
  • Selesai, riwayat pesanan di aplikasi Shopee jadi kosong

Tidak hanya history saja yang hilang, tapi akun Shopee kamu juga akan log out. Sayangnya, cara ini hanya untuk menghilangkan riwayat pesanan sementar. Ketika kamu log in akun lagi di aplikasi Shopee, maka seluruh data akun juga akan kembali termasuk riwayat pesanan.

2. Hapus Akun Shopee

Kalau memang keadaan darurat dan kamu memang harus menghapus riwayat Shopee, salah satu solusinya adalah dengan menghapus akun Shopee. Dengan begitu, semua data akan hilang termasuk history barang Shopee yang pernah kamu beli.

Untuk cara hapus akun Shopee adalah dengan pengajuan penghapusan akun Shopee tersebut. Pengajuannya bisa kamu lakukan dengan cara berikut: 

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Buka menu profil atau "Saya"
  • Buka pengaturan
  • Cari dan pilih menu "Ajukan Pengapusan Akun"
  • Kamu akan diminta untuk verifikasi OTP melalui SMS
  • Lanjutkan
  • Pengajuan hapus akun Shopee akan ditinjau

Jika pengajuan kamu diterima, akun Shopee kamu akan segera dihapus tentunya beserta riwayat pesanan.

Penting: Ingat, menghapus akun Shopee berarti kamu juga menghapus semua data dan informasi yang terdaftar di akun tersebut. Begitu juga dengan penawaran yang dimiliki. Seperti Shopee Paylater, SPinjam, dan sebagainya.

Kalau kamu punya tunggakan Shopee Paylater, kemungkinan besar pengajuan akan ditolak. Jadi lunasi dulu dengan Cara Bayar Shopee Paylater.

3. Kunci Aplikasi Shopee

Tanpa harus dihapus, kalau kamu tidak mau riwayat pesanan Shopee kamu dilihat orang, kunci saja aplikasinya. Dengan mengunci aplikasi maka orang lain tidak bisa membuka aplikasi Shopee kamu sembarangan.

Untuk membukanya diperlukan sandi, password, ataupun pola. Pakai sensor biometrik (fingerprint, faceID, dan lainnya) bisa lebih memudahkan kamu untuk membuka kunci aplikasi Shopee.

Beberapa merk dan tipe HP sudah mendukung untuk penguncian aplikasi sehingga menjaga privasi lebih baik. Bisa juga menggunakan aplikasi pengunci aplikasi tambahan. Untuk tutorial lengkap mengunci aplikasi kamu bisa cek di "Cara Mengunci Aplikasi di HP".

Tapi kalau tujuan kamu agar istri tidak tahu riwayat pesanan Shopee kamu, cara ini sepertinya kurang efektif, Sob. Karena dengan mengunci aplikasi Shopee kamu membuat istri tambah curiga. Hehe

Akhir Kata

Kalau kamu cari cara menghapus riwayat pesanan di Shopee, sayangnya memang belum ada sampai sekarang. Karena memang ada alasan tertentu yang cukup kuat kenapa Shopee tidak memberikan akses hapus history transaksi pada pembeli.

Tapi mimin juga sudah memberikan solusi alternatif jika kamu ingin menghapus riwayat pesanan Shopee. Ada 3, bisa coba salah satu dan jika gagal atau kurang pas bisa coba cara lainnya.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan Shopee akan memberikan akses kepada pengguna untuk menghapus riwayat pesanan. Karena cara menghapus riwayat pesanan juga sangat berguna dan dibutuhkan pengguna Shopee.

Baca juga artikel lainnya terkait Shopee: 

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee, 100% Bisa!!"