Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengamankan Akun Facebook agar Tidak di Hack

 Cara Mengamankan Akun Facebook adalah langkah yang tepat agar tidak kena hack. Pada artikel sebelumnya di "Cara Hack Facebook Orang Lain", memang ada berbagai cara dan metode mudah untuk meretas akun FB.

Kalau sudah tahu metode atau cara yang sering digunakan para hacker untuk membobol Facebook orang, kita akan lebih mudah untuk menghindarinya. Kuncinya adalah dengan meningkatkan keamanan yang ada sehingga akun Facebook tidak mudah dibobol.

Cara Mengamankan Akun Facebook

Berikut ini, jagoangadget.com telah merangkum beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai Cara Mengamankan Akun Facebook.

Cara Mengamankan Akun Facebook

1. Akun Tetap Log in di Aplikasi

Hal pertama yang bisa dilakukan agar akun Facebook tidak mudah dibobol adalah dengan menggunakan aplikasi di HP Android ataupun iPhone. Log in akun FB di aplikasi dan biarkan (jangan log out).

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan berbagai notifikasi alias pemberitahuan dari aktivitas yang terjadi pada akun FB kamu. Termasuk aktivitas log in yang mencurigakan. Jadi, dengan menggunakan aplikasi Facebook, bisa menjadi upaya cara mengamankan akun Facebook dari para heker.

2. Buat Akun dengan Email Pribadi

Dibutuhkan email untuk pembuatan akun Facebook. Di sarankan untuk menggunakan email pribadi, kalau bisa email utama yang memang (sering) digunakan.

Hal ini bertujuan agar kamu memiliki akses penuh terhadap akun Facebook tersebut. Email dibutuhkan untuk kondisi seperti lupa password atau kendala lainnya. Verifikasi akun akan dilakukan menggunakan email.

Jangan gunakan email orang lain yang membuat orang juga memiliki akses ke akun Facebook kamu. Ini juga bisa menjadi celah untuk akun di hack.

3. Sembunyikan Email Facebook

Untuk menghindari hack akun Facebook dengan metode "Lupa Password", jangan beri tahu email Facebook pada siapa pun. Mungkin kamu merasa tidak pernah memberitahu kepada siapapun. Dan buat apa juga sih?

Tapi perlu kamu ketahui bahwa secara default profil Facebook akan menampilkan berbagai informasi. Termasuk informasi kontak berupa email.

Sebagai cara mengamankan akun Facebook, sembunyikan email agar tidak ditampilkan pada halaman profil kamu. Caranya mudah kok, kamu bisa mengatur privasi pada menu pengaturan di profil Facebook.

4. Fitur Kontak Terpercaya

Fitur ini mungkin bisa sangat bermanfaat ketika akun sudah teretas alias di hack. Ketika kamu kehilangan akses akun saat di hack, kamu bisa menghubungi beberapa kontak yang kamu daftarkan.

Cukup berguna bukan? Untuk cara pengaktifan fitur Kontak Terpercaya ini cukup mudah kok. Kamu tinggal akses menu pengaturan, lalu ke keamanan, dan akan ada menu untuk memilih beberapa teman Facebook kamu. Atau kalau dalam bahasa Inggris mungkin kamu bisa temukan menu "Choose 3 to 5 friends to contact if you are locked out"

Pilih akun teman yang aktif dan dekat dengan kamu. Sehingga jika suatu saat terjadi kendala, kamu bisa menghubunginya untuk meminta bantuan pengaktifan akun FB.

5. Verifikasi 2 Langkah

Fitur verifikasi 2 langkah menjadi cara mengamankan akun Facebook yang cukup efektif. Dengan fitur ini, kamu diharuskan melakukan verifikasi khusus jika ingin masuk ke akun Facebook.

Mungkin akan sedikit merepotkan untuk kamu yang suka log out - log in akun FB. Tapi ini sangat merepotkan hacker yang ingin meretas Facebook kamu.

Cara untuk mengaktifkan fitur ini juga sangat mudah. Tinggal pergi ke menu pengaturan, keamanan, dan aktifkan verifikasi 2 langkah atau "Use two-factor authentication". Tinggal ikuti langkah berikutnya.

6. Gunakan Kata Sandi yang Rumit

Mungkin kebanyakan orang akan ambil mudahnya saja, membuat password atau kata sandi yang mudah diingat. Kebanyakan orang akan menggunakan tanggal lahir untuk password. Namun, justru hal ini membuat password mudah ditebak dan sangat bahaya tentunya.

Membuat password yang rumit menjadi salah satu cara mengamankan akun Facebook. Gunakan kombinasi angka, huruf, dan jika perlu tanda baca. Sehingga password tidak mudah ditebak.

7. Ganti Kata Sandi Berkala

Mengganti sandi atau password secara berkala juga penting. Entah itu sebulan, 2 bulan, atau dalam periode tertentu kamu bisa memperbarui password FB kamu.

Karena metode Hacking Facebook juga bisa dilakukan dengan Cara Melihat Password FB. Jadi, meski serumit apapun kamu membuatnya, hacker bisa mengetahui kata sandi akun FB kamu.

Oleh karena itu, mengganti password alias kata sandi FB secara berkala bisa jadi langkah yang tepat.

8. Waspada Phising

Teknik Phising juga sering digunakan para hacker untuk meretas akun facebook. Metode ini menggunakan halaman log in paslu yang memancing korban untuk memasukkan data log in akun Facebooknya.

Jadi agar terhindar dari Phising, kamu harus selalu berhati-hati ketika mendapatkan link atau tautan yang tidak dikenal. Jika ingin log in, pastikan sudah di situs yang benar.

Akhir Kata

Jadi, itu dia ya Sob Cara Mengamankan Akun Facebook. Supaya akun FB kita tidak jadi korban para hacker, langkah yang bisa meningkatkan keamanan akun memang perlu dilakukan. Cek juga "Cara Mengembalikan Akun FB yang di Hack tanpa Email dan Nomor HP"

Posting Komentar untuk "Cara Mengamankan Akun Facebook agar Tidak di Hack"