Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mudah Hapus Cache di iPhone agar Memori Tidak Penuh

 Cara Hapus Cache di iPhone memang solusi yang tepat untuk cara iPhone agar tidak lemot. Selain, ruang penyimpanan juga bisa lebih luas dengan menghapus cache. Apalagi, iPhone tidak memiliki slot untuk memori eksternal. Jadi ketika memori iPhone penuh, jalan satu-satunya adalah menghapus data yang ada.

Kamu user iPhone? iPhone kamu terasa lemot? Atau memori penyimpanan sudah penuh tapi tidak ada data yang bisa dihapus karena penting semua? Nih, coba cara menghapus cache di iPhone yang akan jagoangadget.com bagikan.

Apakah Harus Hapus Cache di iPhone?

Perangkat smartphone berbasis iOS ini memang dikenal lebih baik performanya dari kebanyakan HP Android. iPhone menggunakan sistem operasi yang lebih baik, sehingga bisa memproses data lebih cepat. Hal ini disebabkan karena berbagai data dibuat sekecil mungkin sehingga memprosesnya tidak butuh waktu lama.

Seperti pada perangkat teknologi lainnya, iPhone juga menggunakan cache untuk pemrosesan data yang lebih cepat. Akan tetapi, terlalu banyaknya cache yang tersimpat justru bisa membuat iPhone jadi lemot loh.

Apa itu Cache iPhone?

Cache adalah data aplikasi atau web pada sebuah perangkat smartphone maupun perangkat komputer lainnya yang disimpan sementara. Data ini berfungsi untuk mempermudah pengguna melakukan aktivitas yang sama pada aplikasi atau web tersebut.

Misalnya, ketika kamu membuka aplikasi Instagram perangkat akan mengunduh data sehingga gambar, video, dan konten lainnya bisa dilihat. Data ini akan tersimpan di perangkat sehingga ketika kamu membuka instagram lagi maka perangkat tidak perlu mengunduh ulang data yang sama.

Coba deh kamu buka profil Instagram, lalu matikan koneksi internet kamu dan tutup aplikasi. Ketika kamu buka profil IG lagi tanpa internet, maka beberapa konten tetap bisa dilihat. Beda lagi kalau kamu cek feed IG, tidak bisa terlihat memang data baru yang belum tersimpang sebagai cache.

Memang sangat berguna cache di iPhone. Tapi tahukah kamu bahwa terlalu banyak cache bisa membuat iPhone jadi lemot dan juga ruang penyimpanan iPhone jadi penuh.

Contoh penggunaan cache yang justru membuat aplikasi jadi lemot adalah pada aplikasi Shopee. Coba kalau kamu punya banyak barang di keranjang Shopee kamu, pasti jadi lemot. Hal ini menjadi penyebab kenapa Shopee lemot, karena manajemen aplikasi Shopee yang kurang baik mengatur cache.

Oleh karena itu, cache juga dianggap file "sampah" dan tidak sedikit pengguna yang mencari cara membersihkan sampah di iphone yang artinya cache cleaner iphone.

Cara Menghapus Cache di iPhone

Sebenarnya sangat mudah sih untuk cara clear cache di iPhone. Tapi cara yang kamu lakukan harus benar agar tidak menghapus data-data yang justru penting. Oleh karena itu kalau Sobat Gadget ingin mencari cara membersihkan cache yang benar di iPhone, berikut ini mimin berikan tutorialnya.

Cara Hapus Cache di iPhone

1. Menghapus Cache Aplikasi di iPhone

Seperti yang tadi, cache adalah data yang tersimpan pada perangkat termasuk di aplikasi. Kebanyakan, aplikasi yang menyimpan banyak cache di iPhone adalah aplikasi sosial media seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan sebagainya.

Nah, untuk membuat iPhone tidak lemot dan ruang penyimpanan lebih lega bisa dengan cara hapus cache di iPhone pada aplikasi.

Hapus Data Aplikasi di iPhone


Cara clear cache iPhone bisa melalui menu pengaturan. Setelah masuk menu setting alias pengaturan, kamu cari menu "General" lalu "iPhone Storage". Di sini, kamu bisa memilih berbagai aplikasi dengan detail ruang penyimpanan yang digunakan. Pilih "Offload App" untuk mengeluarkan aplikasi.

Dengan cara ini hapus cache artinya menghapus semua data (termasuk cache) tanpa unistal aplikasi tersebut. Kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut seperti sebelumnya dengan cara membuka aplikasi kembali.

2. iPhone Clear Cache Browser Safari

Kamu sering browsing di iPhone pakai Safari? Kemungkinan yang menyebabkan lemot dan penyimpanan iPhone penuh adalah cache yang ada di browser. Ketika kamu membuka situs-situs, tentunya berbagai data akan terunduh dan tersimpan sebagai cache di perangkan iPhone.

Untuk cara hapus cache di iPhone yang ada pada browser safari cukup mudah. Buka menu setting alias pengaturan, cari dan buka menu browser "Safari". Nanti akan ada pilihan "Bersihkan Riwayat dan Data Situs Web", ketuk untuk hapus bersihkan sampah HP iPhone.

Tindakan ini akan membuat semua data pada browser akan terhapus, mulai dari riwayat atau history pencarian, data-data, hingga membuat kamu terlogout dari situs yang dibuka melalui browser.

Browser Safari adalah mesin peramban atau pencari default dari iOS. Kalau kamu tidak pernah pakai browser lain, bisa pakai cara hapus cache iPhone ini. Tapi kalau kamu pakai aplikasi lainnya seperti Google Chrome, Mozilla, Opera, dan lainnya, berarti yang perlu dihapus adalah cache aplikasi browser tersebut.

3. Aplikasi Cache Cleaner iPhone

Untuk cara menghapus sampah di HP iPhone akan lebih mudah pakai aplikasi tambahan. Beberapa aplikasi iPhone bisa membersihkan berbagai file yang tidak diperlukan

Misalnya seperti aplikasi Smart Cleaner. Dengan aplikasi ini cara menghapus cache iPhone bisa dilakukan dengan sekali langkah saja. Mau coba? Nih, langsung download saja aplikasinya: Smart Cleaner

Kelemahan dari cara hapus cache iPhone ini adalah kamu harus mengunduh aplikasi tambahan. Untuk Sobat yang tidak suka jika harus instal app lagi, cara ini mungkin tidak akan cocok.

4. Reset iPhone

Dengan cara reset iPhone bisa menjadi solusi terbaik untuk cara membersihkan penyimpanan iphone menyeluruh. Tentunya kalau kamu mereset iPhone, maka perangkat akan seperti baru memiliki performa yang kencang tanpa ada data yang tersimpan di penyimpanan iPhone.

Akan tetapi resiko dari cara menghapus sistem di iphone ini adalah kamu akan kehilangan semua data yang ada. Tidak hanya aplikasi, tapi semua media seperti foto, video, gambar, dan juga musik. Oleh karena itu, kalau kamu mau pakai cara hapus cache di iPhone ini pastikan kamu sudah mengamankan (Back Up) file dan data yang penting.

Untuk mereset iPhone caranya sangat mudah kok, ada di menu pengaturan tepatnya di menu "General". Scroll sampai bawah hingga ketemu pilihan "Reset iPhone". Tinggal ketuk dan lanjutkan saja jika kamu ingin menghapus semua data iPhone ke setelan pabrik.

5. Restart iPhone

Kalau tadi cara yang paling ampuh sampai semua data bisa terhapus, berikut ini cara yang paling mudah untuk hapus cache iPhone. Yap, dengan hanya merestart alias nyalakan ulang iPhone, cache bisa terhapus.

Beberapa cache tersimpan akan terhapus secara otomatis bilamana iPhone direstart. Tapi tidak semua cache akan hilang dengan cara ini. Jadi, kalau kamu mau menghapus cache lebih banyak bisa pakai 4 cara lainnya tadi.

Tentunya Sobat semua sudah tahu dong bagaimana cara restart iPhone? Sama seperti HP lainnya, tinggal matikan saja dengan menekan beberapa detik hingga muncul tombol gulir/slide untuk mematikan perangkat. Setelah perangkat mati, tunggu 10 detik lalu nyalakan lagi.

Akhir Kata

So, how to clear iPhone cache? Pada pembahasan ini, ada 5 yang bisa kamu pilih untuk cara hapus cache di iPhone. Tentunya masing-masing punya kelebihan dan kekurangan pada kondisi tertentu.

Kalau mimin boleh ngasih saran nih, paling aman dan mudah pakai aplikasi cleaner cache iPhone. Sampah cache adalah file yang tidak begitu diperlukan. Aplikasi cleaner bisa mendeteksi file-file sampah dan menghapusnya secara otomatis. Jadi kamu tidak perlu repot milih-milih hapus data aplikasi di iPhone.

Lebih gampang lagi dengan cara refresh iPhone alias merestart perangkat. Dengan begitu, beberapa file cache akan hilang dengan sendirinya.

Kalau lemot sudah parah dan banyak aplikasi yang tidak terpakai, reset saja iPhone nya. Tapi pastikan data yang penting sudah kamu simpan dulu diperangkat lain ya, Sob.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mudah Hapus Cache di iPhone agar Memori Tidak Penuh"