Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama DC Pinjol Meneror?

 Bagi yang sedang bermasalah dengan pembayaran hutang di aplikasi Pinjol, mungkin akan bertanya Berapa Lama DC Pinjol Meneror. Yap, tentunya jika tidak ada pembayaran yang dilakukan hingga waktu jatuh tempo tagihan, pihak DC Pinjol akan melakukan penagihan.

Ditagih Pinjol memang terkadang rasanya meresahkan. Apalagi kalau yang digunakan adalah aplikasi Pinjol Ilegal, cara menagihnya cenderung meneror. Tapi ditagih memang menjadi resiko yang harus dihadapi ketika kita tidak/belum mampu melunasi hutang.

Berapa Lama DC Pinjol Meneror?

Untuk menjawab pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh Sobat Gadget ini, ada beberapa hal dulu yang sebelumnya harus kita pahami. Untuk aplikasi Pinjaman Online, bisa dibagi menjadi 2 menurut legalitasnya. Yakni Pinjol Legal dan Ilegal.

Aplikasi Pinjol Legal merupakan layanan keuangan (Fintech) yang resmi. Kegiatannya memiliki izin sekaligus diawasi OJK. Pinjol Legal juga wajib menaati peraturan yang ada, termasuk mengenai prosedur penagihan.

Sedangkan aplikasi Pinjol Ilegal adalah aplikasi pinjaman online yang tidak berizin, kegiatannya pun tidak diawasi oleh OJK. Tentunya aturan terkait pinjaman online sebagian besar tidak ditaati. Selain untuk penerapan dendan dan bunga, Pinjol Ilegal juga menagih nasabahnya tidak sesuai dengan prosedur yang ada (cenderung mengancam dan meneror).

Untuk lebih lengakpnya, bisa cek di: Apa Bedanya Pinjol Legal dan Ilegal?

Berapa Lama DC Pinjol Meneror

Teror DC Pinjol Legal

Aplikasi Pinjol Legal tentunya diawasi oleh OJK. Oleh karena itu, hampir tidak mungkin kalau Pinjol Legal melakukan teror untuk menagih tunggakan. Kalaupun ada, mungkin hanya oknum DC yang tidak melakukan penagihan sesuai prosedur yang ada. Cek di "Apa Pinjol Legal Sebar Data?"

Jadi, jika pada aplikasi yang legal mungkin pertanyaannya bukan Berapa Lama DC Pinjol Meneror? Tapi berapa lama pihak DC dari Pinjol Legal melakukan penagihan.

Pihak aplikasi Pinjol tentunya akan menanyakan perihal tagihan jika tidak ada pembayaran pada waktu jatuh tempo. Peminjam akan dihubungi melalui SMS, Telepon hingga Chat. Jika tidak ada respon, maka pihak DC berhak untuk menghubungi kontak darurat yang terdaftar.

Menurut prosedur, pihak DC hanya diperbolehkan menanyakan tentang peminjam karena tidak ada respon saat dihubungi. DC tidak berhak untuk menagih hutang. Kalau masih belum ada respon dari peminjam, akan ada pihak penagih atau DC lapangan yang akan mendatangi rumah.

Pada artikel sebelumnya di DC Pinjol Apa saja sih yang Datang ke Rumah? Beberapa aplikasi Pinjol memang memiliki penagih lapangan yang bertugas untuk menagih ke rumah peminjam. Tapi tidak perlu takut Sob, DC tidak berhak untuk memaksa agar tagihan dibayar ya. Justru jika ada DC Pinjol yang datang ke rumah bisa dimanfaatkan untuk melakukan negosiasi langsung untuk menyelesaikan hutang.

Cek di: "Cara Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah"

Pinjol Tidak Boleh Nagih setelah 90 Hari

Perlu diketahui, menurut aturan yang ada pihak Pinjol hanya diperbolehkan menagih hingga 90 hari dari tanggal jatuh tempo. Lewat dari itu, penagihan tidak boleh dilakukan. Jadi kalau ditanya berapa lama DC Pinjol meneror, untuk yang legal akan melakukan penagihan selama 90 hari atau 3 bulan.

Akan tetapi, tentunya ada resiko peminjam yang tidak melunasi hutangnya. Yakni akan masuk blacklist BI Checking atau SLIK OJK. Sehingga akan sulit mendapatkan layanan kredit apapun ke depannya di layanan keuangan resmi atau legal.

Meskipun ada aturan untuk waktu atau masa penagihan, tidak jarang ada pihak ketiga yang melakukan penagihan meskipun sudah lewat 90 hari.

Menurut informasi dari Sobat Gadget yang mengalami Galbay alias tidak bayar hutang Pinjol, mereka masih ditagih meskipun lewat 90 hari. Bahkan setelah 1 tahun masih ditagih meskipun tidak sesering saat jatuh tempo.

Teror DC Pinjol Ilegal

Untuk aplikasi Pinjol Ilegal tidak menaati peraturan yang ada. Cara penagihannya lebih kepada mengancam, mengintimidasi, hingga meneror. Penagih atau DC dari aplikasi Pinjol Ilegal melakukan berbagai cara agar peminjam takut dan mau membayar hutang. Termasuk yang sering dilakukan adalah sebar data. Cek juga "Cara Lapor Pinjol Sebar Data"

Menurut pengakuan Sobat Gadget yang pernah berurusan dengan aplikasi Pinjol Ilegal, bahkan DC sudah menghubungi mereka untuk menanyakan pembayaran 1 hari sebelum jatuh tempo. Jika sudah jatuh temo atau lewat, cara penagihan mulai intimidatif. Berbagai ancaman dan teror dilakukan agar peminjam segera membayar.

Berapa lama DC Pinjol meneror pada aplikasi ilegal? Menurut beberapa korban Pinjol Ilegal, DC akan terus menagih selama 1-3 bulan. Bahkan bisa lebih lama kalau DC masih melihat kesempatan peminjam mau membayar.

Salah satu korban Pinjol mengaku pernah ditagih terus-menerus oleh DC Pinjol. Akhirnya nomor HP tidak diaktifkan selama kurang lebih 1 tahun. Setelah itu, nomor diaktifkan kembali dan tidak ada pihak DC Pinjol Ilegal sama sekali yang menghubungi.

Mungkin karena menurut DC sudah tidak ada "harapan" lagi untuk peminjam mau membayar, jadi mereka mengabaikannya. Tidak mengaktifkan atau ganti nomor HP mungkin bisa jadi solusi yang tepat untuk Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal.

Sedangkan untuk kunjungan DC Pinjol Ilegal ke rumah sudah kita bahas pada artikel "Apa DC Pinjol Ilegal Datang ke Rumah?". Bisa dipastikan 100% tidak akan ada DC Pinjol Ilegal yang menagih ke rumah peminjam.

Kesimpulan

Jadi, Berapa Lama DC Pinjol Meneror? Dari pembahasan di atas kita bisa mengerti bahwa ada perbedaan prosedur penagihan antara Pinjol yang legal dan ilegal.

Untuk aplikasi Pinjol Legal menurut peraturan yang ada bisa menagih hingga 90 hari setelah jatuh tempo. Lebih dari itu, DC Pinjol tidak diperbolehkan lagi untuk menagih. Namun tentunya ada konsekuensi bagi peminjam yang tidak melunasi hutang yakni Blacklist BI Checking.

Adapun beberapa pengalaman yang dialami peminjam di lapangan mereka masih ditagih walaupun sudah lebih dari 90 hari. Hal ini dikarenakan ada pihak ketiga yang terlibat dalam prosedur penagihan aplikasi Pinjol Legal tersebut.

Sedangkan untuk aplikasi Pinjol Ilegal tergantung dari kondisi peminjam sendiri. Karena memang Pinjol Ilegal tidak menaati peraturan sendiri. Dari beberapa pengalaman yang kita bahas di atas, Pinjol Ilegal akan terus menagih jika si peminjam bisa dihubungi dan merespon.

Jadi mengabaikan DC Pinjol Ilegal menjadi sebuah cara agar mereka tidak menagih lagi. Meskipun ada resiko DC melakukan sebar data dan mengancam. Akan tetapi jauh lebih baik untuk mengabaikan hutang di Pinjol apalagi jika sudah terlambat. Karena tagihan pasti akan membengkak oleh bunga dan denda yang terus berjalan. Penjelasannya cek di "Alasan Pinjol Ilegal Tidak Usah Dibayar"

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan aplikasi Pinjol Legal yang resmi dan diawasi OJK. Apa saja sih yang recommended? Cek di "13 Pinjaman Online Bunga Kecil"

Agar terhindar dari lilitan hutang Pinjol Ilegal, cek daftarnya di "100+ APK Pinjol Ilegak Gak Usah Dibayar"

Baca juga artikel terkait Pinjol lainnya: 

Posting Komentar untuk "Berapa Lama DC Pinjol Meneror?"