Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Cari Mobil Bekas Online

 Kini kalau ingin cari mobil bekas sudah tidak sesulit dulu lagi. Tinggal duduk di rumah, kamu bisa mencari mobil idaman lewat HP dengan jaringan internet. Mau cari yang ada disekitar (dalam kota), sampai luar kota pun juga bisa kok.

Informasi mobil bekas dijual bisa kamu temukan di berbagai platform jual beli mobil yang tersedia. Dengan fitur pencarian yang cukup lengkap, kamu bisa mencari mobil sesuai yang kamu inginkan dengan mudah. Mulai dari merek, tipe, tahun, sampai kondisi mobil bisa kamu sesuaikan untuk mendapatkan hasil pencarian yang diinginkan.

Tips Cari Mobil Bekas Online

Meskipun bekas, tentu kita tidak mau dong dapat mobil dengan kondisi yang kurang memuaskan. Untuk mendapatkan mobil bekas dengan kondisi terbaik, tentunya tidak boleh sembarangan mencari. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, apalagi kalau cari mobil bekasnya secara online.

Nah, pada kesempatan kali ini jagoangadget.com akan membagikan beberapa tips untuk Sobat Gadget yang sedang Cari Mobil Bekas. Simak pembahasan berikut sampai tuntas agar bisa mendapatkan mobil idaman bekas dengan kondisi yang memuaskan.

Cari Mobil Bekas

1. Tentukan Kebutuhan

Pertama, tentukan mobil apa yang ingin dibeli. Tidak hanya sekedar keinginan saja yang jadi patokan ya Sob, kebutuhan juga hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Misal kamu memiliki anggota keluarga yang jumlahnya cukup banyak. Tentu kamu akan membutuhkan mobil dengan kapasitas penumpang besar. Apalagi kalau sering bepergian ke luar kota, kapasitas bagasi juga harus diperhatikan.

2. Sesuaikan Budget

Tentunya budget jadi pertimbangan yang paling penting ketika kita ingin membeli sebuah barang. Sesuaikan budget dengan mobil yang ingin dibeli. Kamu juga perlu mengetahui harga pasaran mobil bekas yang diinginkan. Cara paling mudah unguk tahu kisaran harganya bisa cek di tempat Jual Beli Mobil Bekas Online.

Jangan lupa, siapkan budget untuk perawatan atau pergantian spare part. Karena mobil bekas tentunya ada beberapa bagian yang perlu dirawat dan diganti agar lebih nyaman dan safety. Sedikit saran, salah satu yang wajib diganti ketika beli mobil bekas adalah oli mesin.

3. Cari Beberapa Pilihan

Setelah kamu menentukan mobil apa yang ingin dibeli, tinggal cari deh di beberapa platform jual beli mobil bekas online. Nantinya kamu bakal menemukan banyak pilihan mobil bekas yang dijual.

Pilih beberapa yang sesuai dengan pilihan kamu. Selain harga ada juga beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Yang terpenting adalah kondisi mobil, biasanya penjual akan menuliskan kondisi mobil pada bagian deskripsi. Misal ada yang kurang jelas, kamu bisa menanyakan langsung ke penjual.

4. Survey Kondisi Mobil

Setelah menemukan beberapa pilihan yang tepat, langkah selanjutnya adalah lakukan survey atau pengecekan kondisi mobil secara langsung. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kamu bisa benar-benar tahu bagaimana kondisi mobil. Meskipun lokasi berada di luar kota, survey tetap sangat disarankan ya, Sob.

Adapun beberapa pengecekan mobil bekas yang perlu kamu lakukan, yaitu: 

• Cek Dokumen

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya, sangat perlu untuk dilakukan pengecekan dokumen kepemilikan mobil. Jangan sampai kamu dapat harga murah dengan kondisi bagus, tapi ternyata mobil "bodong".

Pastikan semua surat-surat yang menjadi bukti kepemilikan (STKN dan BPKB) sudah lengkap dan sesuai dengan mobil yang dijual.

• Interior Mobil 

Selanjutnya adalah pengecekan fisik mobil yang meliputi bagian interior dan eksterior. Untuk memeriksa bagian interior mungkin akan lebih mudah. Tinggal cek saja kondisi apakah masih terlihat bagus atau tidak.

Pastikan juga semua fungsi-fungsi bekerja dengan baik. Seperti lampu-lampu interior, power window, dan berbagai fitur lainnya yang tersedia. Pastikan sudah sesuai dengan yang ditawarkan pada deskripsi.

• Eksterior Mobil 

Untuk pengecekan eksterior mobil juga akan lebih mudah tanpa perlu pengetahuan khusus. Misal dengan kondisi body dan cat mobil, pastikan sesuai dengan yang disampaikan. Jangan lupa pastikan lampu-lampu yang berfungsi, karena ini akan mempengaruhi keamanan berkendara.

• Kondisi Mobil secara Menyeluruh

Hal yang juga tidak kalah penting adalah pengecekan mobil secara menyeluruh. Hal pertama yang bisa kamu cek adalah bagian mesin. Buka bagian kap mesin, pastikan saja mesin terlihat terawat. Bisa juga nyalakan mesin untuk mengetahui mesin berjalan dengan normal. Kalau ada kendala biasanya mesin mengeluarkan suara yang tidak wajar.

Kelistrikan mobil juga perlu diperhatikan. Paling mudah akan terlihat ketika kamu menyalakan mobil, apakah mesin dengan mudah bisa di starter. Cara lainnya bisa juga dengan membunyikan klakson, kalau suara mulai melemah, ada kemungkinan aki sudah waktunya untuk diganti alias soak.

Kenayamanan berkendara bisa didapatkan dari beberapa komponen seperti suspensi dengan kondisi baik. Untuk mengetahui apakah suspensi masih baik, bisa dilakukan test drive.

Hal vital lainnya yang harus di cek adalah pada sektor pengereman. Saat melakukan tes, pastikan rem bisa berfungsi dengan baik alias pakem. Tapi yang namanya mobil bekas, ada beberapa komponen yang harus diganti. Salah satunya adalah kampas rem. Agar bisa berkendara dengan aman, segera ganti kampas rem jika memang perlu diganti.

Hal lain yang bisa Anda lihat juga saat menutup bagasi belakang mobil. Ketika mencoba menutupnya, Anda melihat mobil cenderung berayun-ayun, maka ini bisa jadi disebabkan karena suspensi mobil yang sedang rusak. 

Intinya, cek semua bagian yang mempengaruhi kelayakan mobil. Jika ada yang perlu diganti, kamu menggunakan ini sebagai alasan melakukan negosiasi.

5. Periksa Catatan Service

Cek juga catatan service mobil, jika sudah waktunya untuk service atau perawatan berarti kamu juga harus menyiapkan budget untuk service. Ini menjadi hal yang wajib ketika membeli mobil bekas. Selain agar menjaga kondisi mobil, tentunya keamanan dan kenyamanan berkendara sangat dipengaruhi dengan kondisi mobil.

6. Pastikan Mobil Tidak Pernah Mengalami Kecelakaan

Jangan lupa juga untuk memastikan mobil tidak pernah mengalami kecelakaan atau terkena banjir. Karena jika mobil pernah mengalami kecelakaan, ada kemungkinan terjadi kerusakan yang tidak terlihat dari luar. Untuk menghindari pengeluaran besar untuk perbaikinya, cari mobil bekas yang tidak pernah mengalami kecelakaan.

Akhir Kata

6 Tips ini bisa bantu kamu mendapatkan mobil bekas dengan kondisi terbaik. Yang paling penting adalah masalah kelengkapan dokumen dan kelayakan mobil.

Pastikan mobil memiliki dokumen yang lengkap dan sesuai. Untuk kelayakan mobil, yang utama adalah bagian mesin dan beberapa bagian terkait kemanan berkendara seperti ban, rem, dan suspensi.

Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah ya, Sob. Periksa dulu apakah dokumen mobil aman dan kondisi mesin masih layak untuk digunakan.

Posting Komentar untuk "6 Tips Cari Mobil Bekas Online"