Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Perbedaan WA Android dan iPhone

 Tidak heran jika ada perbedaan WA Android dan iPhone. Karena kedua perangkat smartphone ini memang menggunakan sistem operasi yang berbeda. Android merupakan OS open source dari Google, sehingga banyak perangkat yang bisa menggunakannya. Sedangkan iPhone pakai iOS, sistem operasi milik Apple.

Tentunya, keduanya memiliki perbedaan di berbagai fitur dan juga tampilan UI (User Interface). Termasuk berbedanya fitur aplikasi yang sama. Seperti WhatsApp Android dan WhatsApp iPhone yang memiliki perbedaan fitur walaupun untuk fungsinya tidak jauh berbeda.

Perbedaan WA Android dan iPhone

WhatsApp adalah sebuah aplikasi pengirim pesan yang cukup populer. Mungkin hampir pengguna smartphone saat ini menggunakan WA, termasuk Android dan iPhone.

Tapi ada perbedaan WA Android dan iPhone, kalau kamu pernah menggunakan kedua smartphone tersebut mungkin sudah tahu. Bahkan kalau kamu ganti HP, ada cara memindahkan WA Android ke iPhone dan sebaliknya.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan WA Android dan iPhone yang penting untuk kamu ketahui.

Perbedaan WA Android dan iPhone

1. UI WhatsApp (User Interface) 

Hal pertama yang sangat mencolok perbedaan antara WA Android dan iPhone adalah pada tampilannya atau yang juga disebut dengan UI. Ketika kamu membuka aplikasi WhatsApp di HP Android dan iPhone tampilan akan nampak jelas berbeda.

Pada WA iPhone, dibagian bawah terdapat sebuah bila untuk mengakses menu WA. Seperti menu status WA, panggilan, dan ruang obrolan bisa bilah ini.

Sedangkan pada WA Android, peletakan menu-menu berbeda. Untuk chat, status, dan log panggilan ada di bagian atas.

Pada Android juga terdapat sentuhan warna hijau khas WhatsApp yang membuat kita langsung tahu kalau sedang membuka aplikasi WA. Sedangkan pada iPhone aplikasi terasa lebih polos tanpa ada warna yang mencolok.

2. UX WhatsApp (User Exprerience)

Dengan peletakan menu dan fitur yang berbeda, membuat pengalaman pengguna (UX) juga berbeda antara pakai WhatsApp Android dan iPhone.

Misalnya kalau kamu mau lihat status atau melakukan panggilan, di iPhone kamu bisa melakukannya dengan memilih menu pada bilah yang ada di bagian bawah. Sedangkan di Android, untuk melihat story WA atau melihat log panggilan menunya ada di bagian atas obrolan.

Begitu juga untuk memulai chat atau percakapan baru. Di Android, ada tombol untuk membuat ruang obrolan baru di bagian pojok kanan atas. Sedangkan untuk iPhone ada di pojok kanan atas.

3. Daftar Kontak

Ada kendala yang sering dialami pengguna WA Android, mungkin bisa dibilang semacam bug. Yakni tampilan daftar kontak yang kurang rapi, sehingga terkadang sulit mencari kontak untuk membuat obrolan baru atau melakukan panggilan.

Sedangkan pada WA iPhone, daftar kontak terlihat lebih rapi. Dengan tampilan yang tertata, daftar kontak lebih mudah untuk dicari. Sehingga lebih mudah juga ketika ingin mengirimkan pesan ke orang baru dalam kontak.

4. Notifikasi WA

Perbedaan notifikasi alias pemberitahuan pada aplikasi WhatsApp di Android dan iPhone, menjadi salah satu kelemahan yang dimiliki iOS. Pada WA iPhone, ketika perangkat terkunci maka pengguna akan mendapatkan notif WA dalam "gelembung" yang berbeda. Jadi, ketika kamu dapat banyak chat WA, maka notif yang tampil juga akan banyak.

Sedangkan di WA Android, notifikasi lebih terlihat sederhana dan simple. Notifikasi akan menampilkan beberapa chat saja. Kalau ingin melihat lebih detail, tinggal ketuk dan buka kunci layar saja untuk melihat pesan WA yang ada.

Tapi mungkin untuk kamu yang gak suka "read" WA, akan lebih cocok pakai iPhone. Karena kalau ada banyak chat, kamu bisa membacanya melalui notifikasi tanpa harus buka aplikasi WA. Jadi bisa membaca chat tanpa membuatnya centang biru di WA.

5. Tampilan Chat Room (Ruang Obrolan)

Tidak cuma tampilan luar saja, di dalam ruang obrolan alias chat room WA juga berbeda antara iPhone dan Android. Ini juga menyebabkan beberapa fungsi dan penggunaan fitur berbeda.

Salah satu perbedaannya terletak pada penempatan fitur seperti emoji iPhone, yang mana kamu harus membuka dulu menunya dibagian bawah. Sedangkan pada WA Android, emoticon sudah ada di tampilan keyboard.

Meskipun begitu, untuk masalah ini emoji WA iPhone lebih dianggap lebih unik dan beragam. Untuk pengguna Android juga bisa pakai kok. Cek di Cara Emoji OPPO menjadi iPhone, juga bisa untuk HP lainnya loh.

6. Cara Menambahkan Kontak WA

Saat ada kontak baru dan kamu ingin menambahkannya, di WA iPhone bisa mendeteksi secara otomatis apakah nomor HP tersebut menggunakan WhatsApp atau tidak. Sehingga, kamu bisa langsung chat tanpa harus menambahkan kontak.

Sedangkan di WA Android tidak. Kamu harus save atau simpan sebuah nomor agar tahu apakah nomor HP tersebut ada WhatsApp nya atau tidak.

Akhir Kata

Penting untuk mengetahui apa perbedaan WA Android dan iPhone. Siapa tahu bagi Sobat pengguna Android dan ingin beralih ke iPhone atau sebaliknya, informasi ini akan membuat kamu lebih mudah beradaptasi.

Posting Komentar untuk "6 Perbedaan WA Android dan iPhone"