Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wifi IndiHome Tidak Ada Internet? Ini Penyebab dan Solusinya

 Wifi IndiHome Tidak Ada Internet menjadi salah satu kendala yang sering dialami pengguna. Bukan hanya lemot, pengguna tidak akan bisa menggunakan akses internet pada kasus ini. Tentu akan merepotkan kalau internet sama sekali tidak jalan.

Tentu ada hal yang menyebabkan Wifi IndiHome tidak ada akses internet. Untuk mengatasi kendala ini, kita harus mengetahui penyebabnya agar bisa memilih solusi yang tepat.

Wifi IndiHome Tidak Ada Internet

IndiHome menjadi salah satu ISP alias penyedia layanan internet yang paling banyak digunakan di Indonesia. Yang menjadi alasannya adalah jangkauan IndiHome lebih luas dibandingkan ISP lainnya.

Bahkan, beberapa wilayah hanya terjangkau oleh jaringan internet IndiHome saja. Jadi, IndiHome menjadi satu-satunya pilihan ketika ingin memasang Wifi.

Nah, kali ini jagoangadget.com akan membagikan informasi mengenai kendala Wifi IndiHome Tidak ada internet. Bagi Sobat yang sering mengalami kendala ini, bisa simak pembahasan berikut.

Wifi IndiHome Tidak Ada Internet

Penyebab Wifi IndiHome Tidak Ada Internet

Sebuah kendala tentu disebabkan oleh suatu hal. Begitu juga pada kasus Wifi IndiHome Tidak Ada Internet, ada beberapa hal yang sering menjadi penyebab kendala ini.

1. Belum Bayar Tagihan Wifi

Tidak jarang orang lupa membayar tagihan Wifi IndiHome yang jatuh tempo pada tanggal 21 setiap bulannya. Tentu akses internet Wifi akan diputus ketika pengguna belum membayar tagihan saat jatuh tempo. Hal ini menyebabkan Wifi IndiHome tidak ada akses internet. 

Satu-satunya cara mengatasi Wifi IndiHome Tidak Ada Internet disebabkan karena belum bayar tagihan adalah dengan membayarnya. Ketika kamu membayar, akses internet Wifi akan langsung normal kembali. Akan tetapi, jika sampai telat membayar maka akan ada denda yang dikenakan.

2. Gangguan

Tidak hanya provider IndiHome, banyak juga provider internet lainnya yang sering mengalami kendala teknis sehingga menyebabkan jaringan internet pun terganggu. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab masalah Wifi IndiHome Tidak Ada Internet.

Solusi dalam masalah ini adalah menunggu hingga pihak provider bisa mengatasi kendala yang dialami. Yap, tidak ada yang bisa dilakukan pengguna kalau internet sedang gangguan selain menunggu. Tapi tentu pihak provider juga akan segera mengatasi kendala untuk memberi pelayanan terbaik pada para pelanggan.

3. Masalah Pengaturan Modem Wifi

Tidak banyak pengguna yang dengan sengaja merubah pengaturan modem, kecuali mugkin untuk mengganti password atau sandi Wifi. Akan tetapi, terkadang pengguna mengubah beberapa pengaturan yang seharusnya tidak di ubah. Hal ini, menyebabkan kendala pada jaringan Wifi. Agar tidak salah saat ingin ganti password, cek "Cara Ganti Password Wifi IndiHome".

Nah, untuk kendala seperti ini cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki pengaturan tersebut. 

Cara Mengatasi Wifi IndiHome Tidak Ada Internet

Kalau tagihan sudah bayar dan tidak ada gangguan internet yang terjadi, kemungkinan besar penyebab Wifi IndiHome Tidak Ada Internet terjadi karena ada yang salah pada pengaturan modem atau router Wifi.

Merasa tidak pernah merubah pengaturan? Tapi, bisa saja ada hal yang dilakukan dan membuat pengaturan tidak sengaja terubah.

Karena itu, kalau Sobat Gadget mengalami kendala seperti ini bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini: 

1. Restart Modem atau Router

Cara paling mudah dan juga terkadang paling ampuh untuk mengatasi kendala pada Wifi IndiHome adalah dengan merestart router. Cara ini juga direkomendasikan untuk dicoba sebelum melakukan cara mengatasi lainnya yang lebih rumit.

Untuk restart modem Wifi cukup mudah kok. Cukup matikkan modem dengan menekan tombol power. Kemudian biarkan selama 10 detik. Setelah itu, nyalakan kembali dan tunggu hingga lampu indikator pada perangkat modem menyala semua.

Kemudian, coba cek internet dengan browsing atau streaming menggunakan jaringan Wifi tersebut. Jika lancar, berarti kendala teratasi dan kamu tidak perlu coba langkah lainnya.

2. Reboot Modem (Melalui Sistem)

Kalau cara pertama belum bisa mengatasi kendala Wifi IndiHome Tidak Ada Internet, bisa coba cara berikutnya. Kurang lebih sama, yakni mematikan dan menghidupkan kembali modem Wifi. Hanya saja kali ini dilakukan melalui sistem.

Mudah kok, caranya: 

  • Buka browser (di HP ataupun Laptop)
  • Masukkan alamat IP "192.168.1.1" atau "192.168.0.1"
  • Kemudian tekan enter
  • Log in menggunakan usernam dan password "admin" (kalau belum pernah diubah"
  • Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman menu pengaturan modem
  • Pilih "System Tools a Reboot"
  • Terakhir pilih OK
  • Modem akan secara otomatis restart/reboot
  • Tunggu hingga menyala dan coba kembali

3. Update Software (Driver Modem Wifi)

Cara berikutnya adalah dengan memperbarui alias upgrade perangkat lunak yang menjalankan Wifi pada perangkat PC (Laptop/Komputer).

Mungkin ada pembaruan pada perangkat lunak, tapi kamu belum melakukannya. Hal ini bisa menyebabkan kendala pada penggunaan jaringan Wifi. Oleh karena itu, kamu bisa cek apakah ada pembaruan software/driver. Jika ada, segera update. Caranya: 

  • Klik kanan pada "My Computer" diperangkat PC
  • Pilih menu "Properties"
  • Cari menu "Driver Adaptor Wifi", lalu klik kanan
  • Kemudian pilih "Update Driver Software"

4. Ganti Mode Wifi

Cara lainnya untuk mengatasi Wifi IndiHome Tidak Ada Internet adalah dengan mengganti mode dari jaringan Wifi. Langkah-langkahnya mudah kok.

  • Buka browser
  • Masukkan alamat IP "192.168.1.1", enter
  • Log in dengan username dan password "admin"
  • Cari dan pilih menu Wireless Setting
  • Ganti jadi mode 11bgn mixed
  • Terakhir, pilih "Save"

5. Ganti DNS

Kamu juga bisa coba mengatasi Wifi IndiHome Tidak Ada Internet dengan mengganti DNS default menjadi DNS Google Public. Caranya: 

  • Masuk ke menu "Control Panel" di Laptop atau Komputer
  • Pilih menu "Netword and Internet"
  • Cari nama jaringan Wifi yang ingin diganti DNS nya
  • Klik "Properties"
  • Kemudian klik RCP/IPV4
  • Pilih alamat DNS
  • Isi alamat Google
  • Pilih OK
  • Selanjutnya, lakukan langkah yang sama pada menu IPV6
  • Setelah itu, restart modem seperti langkah nomor 1

6. Reset Modem

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan mereset modem kembali ke pengaturan awal. Caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu menekan tombol reset pada perangkat modem.

Tombol biasanya terletak pada sebuah lubang yang ada pada perangkat. Untuk menekannya, kamu perlu bantuan alat seperti pulpen atau jarum. Letakknya memang sulit dijangkau karena untuk menghindari tombol tertekan secara tidak sengaja.

Setelah ditekan, maka pengaturan Wifi akan kembali seperti awal. Nama jaringan Wifi biasanya sama dengan merk dan model perangkat modem. Sedangkan password Wifi tertulis dibagian belakang perangkat Wifi.

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia Sobat beberapa penyebab dan cara mengatasi Wifi IndiHome Tidak Ada Internet. Kalau sudah tahu penyebabnya, kamu bisa pilih cara yang tepat untuk mengatasi kendala ini.

Disarankan untuk coba cara yang mudah dan simpel terlebih dahulu, yang tidak merubah pengaturan lainnya. Karena kalau tidak begitu paham mengenai masalah jaringan internet, bisa-bisa bukannya malah beres tapi menimbulkan kendala lain.

Baca juga artikel terkait Internet lainnya: 

Posting Komentar untuk "Wifi IndiHome Tidak Ada Internet? Ini Penyebab dan Solusinya"