Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Samsung Galaxy M02: Spesifikasi, Harga, dan Review

Samsung Galaxy M02 Spesifikasi dan Harga

 Samsung Galaxy M02 - Banyaknya brand smartphone baru yang merilis produk terbaik, membuat persaingan di pasar smartphone Indonesia pun semakin ketat. Apalagi harga yang ditawarkan terbilang sangat murah dan jauh lebih terjangkau dibandingkan dari brand yang sudah populer sebelumnya, Samsung.

Dengan adanya "gempuran" dari pesaing-pesaingnya, membuat samsung berinovasi dengan merilis produk smartphone dengan harga yang lebih terjangkau. Seperti yang kita ketahui bersama, Samsung merupakan salah satu brand yang mengutamakan kualitas produknya namun banderol harganya mungkin relatif lebih mahal.

Meskipun murah, tapi Samsung tetap memperhatikan kualitas dari produknya loh. Salah satu produk smartphone Samsung di kisaran harga 1 jutaan adalah Samsung Galaxy M02.

Samsung Galaxy M02 Spesifikasi dan Harga

Nah, pada kesempatan kali ini jagoangadget.com akan mengajak Sobat Gadget sekalian untuk review HP murah Samsung satu ini. Kita akan mengulas secara tuntas mulai dari spesifikasi, desain, hingga harga. Pembahasan ini mungkin bisa jadi refrensi dan pertimbangan kamu apakah Samsung Galaxy M02 layak untuk dibeli di rentang harga 1,3 jutaan? Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Sebelum mengulas lebih dalam, untuk Spesifikasi Galaxy M02 di atas kertas bisa kamu lihat melalui tabel berikut ini: 

Spesifikasi Samsung Galaxy M02
Layar 6.5 inci PLS LCD 720 x 1600 pixel
Chipset Mediatek MT6739W
GPU PowerVR GE8100
RAM 2GB / 3GB
Memori Internal 32 GB
Kamera Utama (Belakang) Dual Camera:
13 MP, f/1.9, (wide), AF
2 MP, f/2.4, (macro)
LED Flash
Kamera Depan 5 MP, f/2.0
Kapasitas Baterai 5000 mAh MicroUSB 2.0

Desain Samsung Galaxy M02

Desain Samsung Galaxy M02

Kita bahas mulai dari desain dulu ya, Sob. Pada seri Galaxy M02, HP murah samsung ini memiliki 4 varian warna, yakni hitam, silver, biru, dan merah. Cukup memberikan pilihan pengguna, kalau mau yang tidak terlalu mencolok bisa pilih hitam atau silver. Tapi, kalau mau terlihat lebih keren warna merah atau biru bisa jadi pilihan yang tepat.

Kalau untuk desainnya tidak ada yang istimewa sih, terkesan biasa saja. Tapi juga tidak ada yang perlu dipermasalahkan dengan desain yang biasa ini. Mungkin yang bisa menjadi kelebihan adalah material plastik solid dan bagian belakan bertekstur yang membuat HP lebih nyaman digenggam, tidak licin dan mudah jatuh.

Meskipun begitu, mungkin kamu harus pakai pelindung (case HP) sehingga rasanya percuma dengan desain dan tekstur yang ada. Karena, kamera bagian belakang sedikit menonjol sehingga dibutuhkan pelindung agar kamera tidak tergores saat HP diletakkan.

Bobotnya sendiri cukup ringan. Ukuran layar 6.5 inci juga membuatnya cukup nyaman digenggam ataupun diletakkan dalam saku. Bezel tipisnya juga membuat layar nyaman dilihat dengan resolusi HP+.

Pada bagian samping kiri, terdapat tombol volume dan power yang juga berfungsi tombol lock (kunci layar). Sedangkan di samping kanan, terdapat SIM Tray dengan konsep hybrid. Jadi kamu harus pilih, pakai 2 kartu SIM atau 1 SIMcard + MicroSD. Pada bagian bawah, terdapat beberapa komponen yakni speaker, port Micro USB, dan juga jack audio 3.5.

Sayangnya, kamu tidak akan menemukan sensor fingerprint (sidik jari) pada HP ini. Karena memang Samsung Galaxy M02 belum mendukung fitur fingerprint.

Fitur dan Tampilan

Samsung Galaxy M02 menggunakan sistem operasi Android 10 dengan balutan One UI Core milik Samsung. Performa HP bisa lebih baik dengan UI ini, apalagi kalau kamu pilih varian RAM 2GB akan lebih terbantu dengan ringannya UI ini. Ya, meskipun tampilannya terkesan sederhana tapi bisa memperlancar kinerja HP.

Salah satu fitur penting yang tidak hadir di Samsung M02 ini adalah Fingerprint. Yang mana di era seperti ini, sensor sidik jari sangat sering digunakan pengguna untuk berbagai keperluan. Seperti buka-kunci layar HP, log in aplikasi dengan biometrik, dan sebagainya.

Untuk HP Samsung 1 Jutaan, fitur memang tidak bisa banyak diharapkan dari smartphone ini. Mengingat Samsung Galaxy M02 spesifikasi nya cukup mumpuni untuk sebuah HP baru samsung yang tidak sampai 1,5 juta.

Kamera Samsung M02

Untuk sektor kamera, Samsung Galaxy M02 dibekali 2 lensa beresolui 13MP dan 2MP untuk kamera belakang atau utama. Dengan kamera ini, HP murah Samsung ini mampu mengambil gambar dengan kualitas yang cukup apik. Sedangkan untuk video bisa diambil pada resolusi FHD dengan frame rate 30fps.

Selain lensa utama, kamera belakang memiliki lensa macro untuk pengambilan foto dengan jarak sangat dekat. Meskipun tidak istimewa, tapi hasilnya masih bisa dibilang sangat oke untuk HP entery level kisaran 1 jutaan.

Untuk kamera depannya sendiri beresolusi 5 MP. Cukuplah untuk kebutuhan selfie ataupun videocall.

Hasil Kamera Samsung Galaxy M02

Hasil Kamera Samsung Galaxy M02 1

Hasil Kamera Samsung Galaxy M02 2

Hasil Kamera Samsung Galaxy M02 3

Hasil Kamera Samsung Galaxy M02 4

Hasil Kamera Samsung Galaxy M02 5

Hasil Kamera Samsung Galaxy M02 6

Hasil Kamera Samsung Galaxy M02 7

Hasil Kamera Samsung Galaxy M02 8

Hasil Kamera Samsung Galaxy M02 9

Hasil Kamera Depan Samsung Galaxy M02

Performa

Dilihat dari spesifikasinya di atas, Samsung Galaxy M02 ini mungkin tidak menawarkah sesuatu yang istimewa untuk performanya. Akan tetapi, untuk kebutuhan sehari-hari sudah sangat cukup kok. Browsing, chatting, bahkan untuk kebutuhan daring sudah sangat cukup.

Untuk multitaskingnya mungkin agak kurang jika kamu ambil yang pilihan RAM 2GB. Untuk multitasking yang lebih baik, bisa ambil varian RAM 3GB ya, Sob.

Meskipun terkesan pas-pasan, tapi performa Samsung Galaxy M02 untuk kebutuhan gaming masih bisa mencukupi. Untuk main game-game yang tidak terlalu berat, HP ini masih bisa menjalankannya dengan lancar.

Gaming Samsung Galaxy M02 2

Bahkan untuk game Mobile Legends kamu masih bisa main meskipun tidak akan mendapatkan pengalamain gaming terbaik. PUBG Moblie? Masih bisa sih, tapi di settingan terendah mungkin kamu masih akan mengalami lag. Mungkin beralih ke game yang lebih ringan seperti Free Fire bisa jadi solusi.

Yang menarik, HP ini memiliki kapasitas baterai badak 5000 mAh, sangat besar dan cukup untuk penggunaan smartphone seharian penuh. Kalau untuk gaming mungkin tidak sampai seharian ya, tapi setidaknya kamu bisa main game dengan tenang tanpa khawatir kehabisan baterai.

Harga Samsung Galaxy M02

Di Rekomendasi HP 1,5 Jutaan Terbaik 2022, HP Samsung ini dibanderol dengan harga kisaran 1,3 jutaan untuk varian RAM 2GB nya. Bisa langsung cek harga terbaru di link berikut.





Sedangkan untuk varian RAM 3 GB, berkisar antara 1,4 hingga 1,5 Jutaan. Mungkin beda sedikit sih ya. Tapi kalau kamu tidak butuh multitaskin, pilih yang 2GB akan lebih hemat.

Apakah Samsung Galaxy M02 Layak untuk Dibeli?

Dari pembahasan di atas, mungkin Sobat Gadget sudah bisa membuat pertimbangan apakah Samsung Galaxy M02 bagus dan layak untuk dipinang.

Menurut, jagoangadget.com HP ini merupakan smartphone yang cukup layak dibeli untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan budget 1 jutaan saja, kamu sudah bisa dapat HP Samsung baru. Penggunaan sehari-hari tidak akan ada kendala dengan spesifikasi, performa, dan kualitas yang ditawarkan.

close