Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Akun Shopee Dibatasi

 Akun Shopee Dibatasi menjadi salah satu kendala yang sering dialami. Kendala ini tentu bisa disebabkan karena beberapa hal, baik yang disengaja maupun tidak. Namun, tidak sedikit mengetahui apa yang menjadi penyebab dan bagaimana cara mengatasi pembatasan akun Shopee.

Penyebab dan Cara Mengatasi Akun Shopee DIbatasi

Penyebab dan Cara Mengatasi Akun Shopee Dibatasi

Nah, pada kesempatan kali ini jagoangadget.com akan membagikan informasi terkait pembatasan akun Shopee. Mulai dari apa saja yang menjadi penyebab akun Shopee dibatasi hingga bagaimana cara mengatasinya.

Siapa tahu Sobat Gadget sedang mengalami pembatasan akun Shopee nya, tentu pembahasan ini akan sangat bermanfaat. Atau mungkin, dengan mengetahui penyebabnya kamu bisa menghindari supaya akun Shopee tidak dibatasi.

Penyebab Akun Shopee Dibatasi

Pada intinya, pembatasan akun disebabkan karena ada hal yang menyalahi ketentuan dan peraturan yang ada. Berikut ini adalah beberapa kebijakan dari Shopee yang sering dilanggar dan mengakibatkan pembatasan akun pengguna.

1. Order Palsu (Fiktif)

Melakukan pesanan palsu alias order fiktif adalah salah satu pelanggar yang bisa menyebabkan akun Shopee dibatas. Tentunya pelanggaran ini bisa merugikan pihak Shopee maupun penjual (seller). Karena itu, jika ada indikasi pesanan palsu yang dibuat Shopee langsung menindak tegas dengan melakukan pembatasan.

Merasa tidak pernah order fiktif tapi akun Shopee dibatas? Mungkin saja Sobat melakukannya secara tidak sengaja. Misal pada kasus kamu melakukan pemesanan barang di Shopee, ternyata barang kamu sadar barangnya salah dan ingin membatalkan tapi sudah terlanjur dikirim. Sehingga kamu menolak pesanan ketika sampai dengan alasan tidak pesan, alamat salah, dan sebagainya.

Nah, kasus seperti diatas bisa terindikasi sebagai order fiktif. Sehingga meskipun kamu tidak berniat melakukan pesanan palsu, sistem bisa mendeteksi ada kemungkinan pelanggaran yang dilakukan sehingga akun dibatasi.

2. Penyalahgunaan Voucher dan Promo

Tidak sedikit oknum yang memanfaat voucher dari Shopee hanya untuk mencari keuntungan. Modusnya, mereka melakukan pesanan dengan voucher yang ada. Akan tetapi tidak ada barang yang dikirim pada transaksi ini, mungkin ada tapi bukan barang sebenarnya. Dengan begitu, oknum ini bisa mendapatkan cashback dari voucher Shopee?

Kok bisa? Tapi kan pembelinya juga bayar ke penjual? Biasanya oknum pembeli memesan barang di toko/penjual Shopee yang sudah bekerja sama dengannya. Bahkan mungkin akun toko tersebut adalah miliknya sendiri.

Tindakan ini merupakan pelanggaran kebijakan Shopee karena menyalahgunakan atau memanupulasi voucher. Sehigga baik akun pembeli maupun penjual bisa dibatasi.

Saran untuk penjual, jika menemukan pesanan yang mencurigakan lebih baik berhati-hati. Karena meskipun sebenarnya tidak terlibat dalam penyalahgunaan voucher, akun penjual juga ikut dibatasi.

3. Indikasi Penipuan

Tentu sudah wajar kalau akun penjual di Shopee terindikasi ada unsur penipuan akan ditindak dengan membatasi akun tersebut. Hal ini bertujuan untuk melindungi pengguna Shopee lainnya dari tindak penipuan online.

Akan tetapi ada ketidaksengajaan pengguna yang menyebabkan adanya indikasi penipuan dan berujung pembatasan akun.

Contohnya, misal kamu sebagai penjual dan menerima pesanan barang. Ketika barang sampai pada pembeli merasa barang tidak sesuai. Hal ini harus cepat kamu respon sebagai penjual, dengan memberikan bukti video packing dan sebagainya untuk membuktikan bahwa sebagai seller sudah memenuhi tanggung jawab dengan mengirim barang yang sesuai.

Kalau tidak, Shopee bisa menganggap yang benar adalah pembeli dan mengindikasi penjual melakukan tindakan penipuan.

Begitu juga sebaliknya, ketika kamu sebagai pembeli dan menerima barang yang tidak sesuai harus segera melakukan komplain dengan bukti-bukti yang kuat.

Karena itulah pentingnya penjual memiliki video packing dan sebagai pembeli merekam video unboxing paket ketika barang sampai untuk bukti jika terjadi kendala. 

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibatasi

Cara untuk mengatasi akun Shopee dibatasi sangat mudah kok. Yang pertama kamu harus tahu apa yang jadi penyebab akun mengalami pembatasan. Caranya bisa langsung chat Customer Service yang fiturnya ada di aplikasi Shopee.

Jika merasa tidak melakukan pelanggaran yang disebutkan, kamu bisa langsung menjelaskanya kepada admin dan meminta untuk pengaktifan akun Shopee kembali. Sertakan juga bukti-bukti yang ada untuk membantu proses peninjauan.

Kalau kamu terbukti tidak melakukan pelanggaran, maka akun Shopee bisa aktif kembali. Mudah bukan?

Baca juga artikel lainnya terkait Shopee: 

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Akun Shopee Dibatasi"