Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Dampak Negatif Penggunaan Gadget Gejala Sosial Masyarakat

 jagoangadget.com - Gadget sangat berperan penting bagi kehidupan manusia untuk berkomunikasi, memperbanyak relasi, menambah wawasan dan pengetahuan, dan serta mengembangkan jaringan bisnis. Akan tetapi, penggunaan Gadget juga sering disalahgunakan.

Karena itu tidak hanya dampak positif, ada juga dampak negatif dari penggunaan gadget tersebut adalah terjadinya gejala sosial.

Gejala Sosial Akibat Penggunaan Gadget

Dampak Negatif Penggunaan Gadget Gejala Sosial

Semenjak gadget smartphone jadi populer sehingga hampir setiap orang pakai, tidak sedikit yang cenderung jadi individualisme. Sering kita temui bahkan, di sebuah tempat nongkrong atau perkumupan lainnya menjadi lebih sunyi karena setiap orang fokus terhadap gadgetnya.

Tanpa disadari, gadget menjadi pengganti interaksi langsung. Tidak seperti era sebelum adanya smartphone, interaksi terhadap teman atau orang lain lebih terasa ketika nongkrong atau berkumpul.

Gadget juga sudah menjadi sebuah candu. Di mana orang yang sudah terbiasa memegang smartphone atau gadget lainnya akan sulit dijauhkan dari benda teknologi tersebut. Pengguna lebih nyaman menghabiskan waktu pada perangkat ponsel pintarnya. Entah itu mencari informasi, chatting, ataupun main game.

Sebenarnya kehadiran smartphone dan internet ini juga memiliki sisi positif. Yakni kita lebih mudah melakukan berbagai aktivitas dan juga informasi lebih terbuka dengan kemudahan akses melalui internet.

Dampak Positif & Negatif Gadget di Kehidupan Masyarakat

Bagai 2 sisi mata koin, Gadget bisa memberikan manfaat sekaligus merugikan pada kehidupan sosial di masyarakat.

Dampak Positif

  • Memperlebar peluang bisnis
  • Akses informasi lebih cepat dan mudah
  • Sosialiasi jarak jauh
  • Kegiatan daring (kerja, sekolah, dan lainnya)
  • Memberikan berbagai kemudahan

Dampak Negatif

  • Membuat orang cenderung individualisme
  • Kecanduan terhadap gadget
  • Hoak lebih mudah tersebar
  • Menjadi sarana tindak kejahatan (penipuan online)

Salah satu contoh yang mungkin sering kita temui adalah fitur Video Call bisa membuat kita menjalin silahturahmi dengan teman, saudara, atau kerabat meskipun jarak jauh memisahkan. Kita bisa secara langsung melihat keadaan dan berbincang melalui smartphone.

Akan tetapi Gadget juga bisa menjauhkan pengguna dari orang sekitar. Tidak sedikit orang yang lebih asyik dengan HP nya ketimbang ngobrol dan berbincang dengan orang sekitarnya.

Hal ini membuktikan bahwa Gadget memberikan manfaat, kita bisa bersosialisasi dengan orang lain meskipun jarak jauh. Akan tetapi justru Gadget juga bisa membuat kita jauh dengan orang-orang sekitar, lebih fokus dengan smartphone dan tidak bersosialisasi secara langsung.

Contoh lainnya adalah dengan adanya Gadget dan internet, kita bisa dengan mudah mengakses berbagai informasi. Mulai dari mengakses situs pemerintah, media berita, dan juga sosial media. Di sosial media juga banyak orang yang bebas menyampaikan pendapatnya. Kalau sampai viral, tentu akan banyak orang yang "notice" pendapat tersebut.

Tapi, kebebasan dan kemudahan ini justru membuat setiap orang bisa menyebarkan informasi ke berbagai platform. Termasuk informasi hoak yang tentunya berbahaya karena bisa menimbulkan kegaduhan.

Tidak sedikit juga kita temui tindak penipuan yang dilakukan secara online. Hal ini terjadi karena banyak orang yang menggunakan gadget untuk beraktivitas sehari-hari. Jual-beli online menjadi "wadah" bagi oknum penipu beraksi. Tidak hati-hati nya pengguna, menjadi peluang besar bagi mereka.

Tidak hanya efek buruk bagi anak yang kita bahas pada artikel "Bahaya Kecanduan Gadget pada Anak", Gadget juga bisa memberikan dampak negatif pada orang dewasa di kehidupan bermasyarakat.

Kesimpulan

Tidak hanya manfaat atau dampak positif yang bisa didapat dari penggunaan gadget, penyalahgunaan justru bisa memberikan kerugian serta dampak yang negatif.

Karena itu, harus ada batas dalam menggunakan gadget. Entah itu dari diri sendiri atau dari pemerintah yang bisa membuat kebijakan atau undang-undang untuk penggunaan Gadget.

close