Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Password Wifi di HP dan Laptop

 Ada beberapa Cara Mengetahui Password Wifi yang bisa digunakan untuk melihat pass sebuah jaringan Wifi. Hal ini memang terkadang diperlukan, ketika kita lupa password Wifi atau juga bisa jadi Cara Membobol Wifi.

Kalau ada perangkat yang sudah terhubung dengan jaringan Wifi, akan lebih mudah. Kamu bisa melihat password dari perangkat yang terhubung baik di PC (Laptop/Komputer) ataupun HP Smartphone. Lebih detail, cek di Cara Mengetahui Password Wifi yang Sudah Terhubung.

Cara Mengetahui Password Wifi

Berikut ini adalah tutorial alias Cara Mengetahui Password Wifi yang bisa dilakukan pada HP maupun PC. Dengan cara ini, kamu bisa tahu password Wifi tanpa harus terhubung dulu sebelumnya.

Cara Mengetahui Password Wifi

1. Cara Mengetahui Password Wifi dengan IP Address

Cara pertama untuk mengetahui password Wifi yang belum tersambung adalah dengan melalui IP Address. Alamat IP adalah sebuah angka yang menjadi identias sebuah perangkat seperti smartphone, PC, dan perangkat teknologi lainnya.

Nah, melalui alamat IP ini kita bisa mengidentifikasi sebuah perangkat router atau modem sebuah jaringan Wifi. Untuk Cara Mengetahui Password Wifi menggunakan alamat IP bisa ikuti langkah berikut ini: 

  • Buka menu pengaturan Wifi pada perangkat HP smartphone
  • Akan muncul beberapa jaringan Wifi yang terjangkau, pilih yang ingin diketahui passwordnya
  • Tentu ketika menghubungkan ke jaringan Wifi tersebut akan diminta memasukkan password
  • Karena tidak tahu apa passwordnya, cari dan pilih menu "Modify Configuration"
  • Kemudian akan muncul alamat IP 192.168.1.1
  • Ganti dengan 192.168.1.2
  • Selanjutnya buka browser, kemudian akses https://192.168.1.254
  • Akan muncul halaman log in
  • Gunakan username dan password "admin" untuk log in
  • Kamu akan masuk ke dalam pengaturan router atau modem Wifi
  • Di sini, cari menu "Security" atau "Keamanan"
  • Kamu bisa melihat password Wifi yang dipakai

Cara ini akan bekerja atau berhasil kalau akses log in belum pernah diganti ya. Tapi sangat jarang sih orang yang merubah akses log in pengaturan modemnya.

Tapi kalau memang tidak berhasil masih ada cara mengetahui password Wifi berikutnya kok.

2. Cara Mengetahui Password Wifi dengan Aplikasi

Berikutnya ada Aplikasi Pembobol Wifi yang bisa digunakan untuk mengetahui password Wifi. Sebenarnya aplikasi semacam ini tidak menampilkan sandi Wifi yang dipakai. Akan tetapi, aplikasi ini bisa menghubungkan Wifi tanpa memasukkan password Wifi.

Kalau sudah terhubung, akan lebih mudah untuk mengetahui password Wifi kalau sudah terhubung.

Seperti yang disebutkan pada Rekomendasi Aplikasi Pembobol Wifi Terbaik, ada beberapa aplikasi yang works untuk bobol Wifi. Di antaranya: 

  • Wifi Master
  • Wifi Password
  • Wifi Maps
  • zAnti
  • WPS Connect
  • dan sebagainya

Untuk lebih detailnya, bisa langsung klik link di atas ya. Ada link download, cara penggunaan, beserta review nya.

3. Cara Mengetahui Password Wifi dengan Laptop atau Komputer

Ada alternatif untuk Cara Mengetahui Password Wifi. Selain bisa dilakukan melalui smartphone, kamu juga bisa melakukannya melalui perangkat PC yakni Laptop ataupun Komputer loh. Tapi sayangnya, perangkat harus sudah terhubung dengan jaringan Wifi sebelumnya.

Seperti pada yang kita bahas pada artikel sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk melihat password Wifi dari Laptop atau Komputer.

a) Menggunakan Konfigurasi IP Address

Mungkin sudah tidak asing ditelinga Sobat tapi belum tau artinya, IP Address adalah identitas dari setiap perangkat komputasi. Dengan kata lain, untuk IP Address berfungsi untuk mengenali perangkat, salah satunya router yang memancarkan jaringan Wifi.

Kita bisa "membobol" wifi dengan merubah pengaturan atau konfigurasi IP Address dari jaringan wifi tersebut. Caranya :

  1. Aktifkan Wifi di HP atau Laptop. Untuk komputer atau PC juga bisa, tapi harus ada Wifi Card atau bisa juga Wifi Eksternal untuk mengaaktifkan fitur Wifi. Jika pakai PC, Sobat bisa beli Wifi eksternal
  2. Scan Wifi. Setelah aktif, maka akan terlihat jaringan hotspot wifi yang tersedia. Biasanya jaringan @wifi.id yang sering dibobol "hacker" kelas teri seperti kita: :D Kita ambil contoh jaringan @wifi.id
  3. Connect Wifi. Hubungkan ke @wifi.id maka akan muncul pop-up untuk mengisi username dan password, pilih halaman "Modify Network Configuration"
  4. Ubah IP Address. IP Address yang akan muncul adalah 192.168.1.1 ubahlah menjadi 192.168.1.2
  5. Buka Halaman Pengaturan. Setelah itu buka browser dan masukan http//: 192.168.1.254
  6. Log In Pengaturan. Masukan username : ADMIN dan password : ADMIN
  7. Lihat Password. Sobat akan mengarah ke halaman pengaturan, cari menu "wifi", di sana Sobat bisa melihat password wifi yang sebenarnya
  8. Hubungkan Wifi dengan Password yang Benar. Jika sudah tau, tinggal hubungkan perangkat dengan password yang benar ke jaringan wifi tersebut

Jadi sebenarnya ini adalah Cara Melihat Password Wifi. Dengan merubah konfigurasi IP Address, kita bisa mengakses halaman pengaturan wifi dan melihat passwordnya.

b) Menggunakan CMD (Command Promt) Khusus Laptop/PC

Cara Membobol Wifi berikutnya hanya bisa dilakukan di Laptop atau PC yang memiliki fitur wifi.

  1. Aktifkan Wifi dan Hubungkan, jika belum terhubung.
  2. Buka "Run". Caranya klik kanan pada lambang Windows di pojok kiri bawah, kemudian pilih "run". Atau bisa juga tekan windows + R pada keyboard. Kemudian ketik "CMD" dan enter.
  3. Masukan Perintah. Setelah melakukan langkah kedua, akan muncul jendela CMD berwarna hitam. masukan perintah "netsh wlan show profiles" dan tekan enter, maka akan muncul jaringan wifi yang pernah terhubung diperangkat tersebut
  4. Lihat Password. Masukan perintah "netsh wlan show profiles (nama jaringan) key=clear", ketik nama jaringan wifi yang terhubung atau dilihat passwordnya, ingat tanpa tanda kurung. Maka akan muncul data jaringan wifi tersebut, password bisa dilihat di "key content"

Cara ini bisa Sobat gunakan untuk mengetahui password wifi tetangga. Sobat bisa meminjam laptop atau PC yang sudah terhubung dengan jaringan wifi, untuk melihat passwordnya. Sebenarnya cara ini kurang baik ya Sobat, karena bisa masuk dalam kategori "mencuri".

c) Menggunakan Menu "Network and Internet"

Cara ini hampir mirip dengan Cara Membobol Wifi dengan CMD, sebenarnya bukan membobol sih, lebih ke untuk melihat password wifi yang terkunci. Hanya saja, cara ini tidak perlu buka "run" dan ketik perintah, tinggal klik - klik saja.

Untuk beberapa versi windows, mungkin caranya berbeda. Namun intinya adalah melihat password dari menu "Network and Internet Center".

Kita ambil contoh saja di salah satu versi windows 10. Pertama buka menu "Setting" > "Network & Internet" > pilih "Wifi". Di sana, cari menu "Network and Sharing Center".

Kita akan diarakan ke jendela baru. Pada jendela ini, cari nama wifi yang terhubung, kemudian klik dan akan terbuka jendela baru lagi, klik "Wireless Properties", maka akan ada jendela baru muncul, nah dibagian "Security" Sobat bisa melihat password wifi yang terhubung.

Akhir Kata

Dengan cara di atas, Sobat Gadget bisa melihat password atau sandi dari sebuah jaringan Wifi. Tidak sulit bukan cara mengetahui password Wifi?

Jangan lupa, ikuti terus update informasi menarik di jagoangadget.com

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Password Wifi di HP dan Laptop"