Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Ganti Password Wifi IndiHome

 Cara Ganti Password Wifi IndiHome - Mungkin mengganti password Wifi adalah hal yang sangat jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Selain lebih mudah karena hanya perlu mengingat 1 sandi saja, rata-rata pengguna Wifi juga kurang paham cara untuk menggantinya. Padahal, mengganti password Wifi lebih baik dilakukan secara rutin loh.

Hal ini disebabkan karena banyak cara untuk membobol Wifi oleh oknum yang bertanggung jawab. Seperti yang sudah kita kupas tuntas pada artikel "Cara Mengetahui Password Wifi", tidak terlalu sulit untuk membobol sebuah jaringan Wifi. Apalagi ada beberapa Alat Pembobol Wifi yang membantu. Ditambah lagi hadirnya Aplikasi Pembobol Password Wifi yang semakin memudahkan untuk hack Wifi.

Pada kesempatan kali ini, jagoangadget.com akan membagikan sebuah tutorial bagaimana Cara Ganti Password Wifi IndiHome. Jadi, Sobat Gadget bisa menggunakannya ketika harus mengganti password Wifi atau bisa melakukannya secara rutin untuk meningkatkan keamanan.

Ganti Password Wifi IndiHome

Sebenarnya banyak banyak provider internet rumah seperti First Media, MNC, dan lainnya yang juga penggunanya memiliki kendala yang sama, yakni bingung untuk cara mengganti password Wifi.

Akan tetapi di sini kita akan fokus membahas Cara Ganti Password Wifi Indihome. Karena Indihome memang lebih banyak digunakan dengan jangkauannya yang cukup luas. Toh, cara ganti password Wifi di setiap provider hampir sama kok, Sob. Mungkin hanya berbeda pada step tertentu saja.

Cara Ganti Password Wifi IndiHome

Cara Ganti Password Wifi Indihome

Tanpa basa-basi, nih langsung saja tutorial mengganti password Wifi Indihome. Tapi sebelumnya perlu diketahui, Indihome menggunakan beberapa model router alias modem yang cara ganti passwordnya juga berbeda.

Karena itu, jagoangadget.com sudah membagi menjadi tutorial mengganti password sesuai dengan tipe atau model modemnya. Pastikan dulu modem yang digunakan untuk Wifi Indihome Sobat dan pilih tutorial yang tepat.

1. Ganti Password Wifi IndiHome Modem ZTE

Beberapa pelanggan IndiHome menggunakan Modem dari ZTE. Sobat bisa lihat pada perangkat modemnya, biasanya merk sudah tertulis di bagian atas modem. Kalau tidak ada, Sobat Gadget bisa cek bagian belakang modem untuk mengetahui merek dan model modem Wifi.

Kalau sudah dipastikan pakai modem dari ZTE, tinggal ikuti langkah berikut ini untuk ganti password Wifi IndiHome: 

  • Pastikan ada perangkat yang sudah terhubung dengan jaringan Wifi
  • Buka browser pada perangkat tersebut
  • Masukkan alamat 192.168.1.1 pada kolom alamat url, enter
  • Kamu akan diarahkan ke halaman pengaturan modem
  • Setelah itu, log in dengan menggunakan id default, yaitu: 
    • Username: Username
    • Password: admin, atau
    • Username: user
    • Password: user
  • Setelah berhasil login, akan tampil dashboard setting modem ZTE, silahkan scroll kebawah dan pilih menu "Network" kemudian pilih "WLAN".
  • Pada menu WLAN, pilihlah "SSID Settings" kemudian Sobat tinggal memasukan password pada kolom "SSID Name" dan klik "Submit" untuk menyimpan.
  • Kemudian pada buka menu "Security" dan pilih "WPA Passphrase", tuliskan password WiFi baru, jika sudah pilih "Submit".
  • Untuk mulai penerapan WiFi baru biasanya modem Indihome akan melakukan restart secara otomatis. Pastikan sudah mencatat password WiFi yang baru.

2. Ganti Password Wifi IndiHome Modem Huawei

Selain ZTE, modem Huawei juga digunakan untuk pemasangan Wifi IndiHome. Hampir sama dengan Cara Ganti Password Wifi IndiHome yang pakai modem ZTE, hanya saja untuk ganti password ada step alias langkah yang berbeda.

Perbedaannya adalah pada alamat IP untuk menuju halaman pengaturan modem, yaitu: 192.168.100.1

Untuk log in di modem Huawei juga menggunakan data yang berbeda. Setelan default nya biasa menggunakan: 

  • Username: telecomadmin, password: admintelecom
  • Username: admin, password: admin
  • Username: support, password: support
  • Username: support, password: theworldinyourhand

Silahkan coba 1 per 1 hingga berhasil log in di halaman pengaturan modem Wifi. Setelah itu, lakukan langkah yang sama seperti di atas untuk ganti password Wifi nya.

3. Cara Ganti Password WiFi IndiHome Modem TP-Link

Ada juga pengguna Wifi IndiHome yang menggunakan modem Wifi dari TP-Link. Pada modem ini, untuk Cara Ganti Password Wifi Indihome lebih mudah. Hanya saja alamat IP dan juga data untuk log in yang berbeda.

Untuk menuju halaman pengaturan modem, tidak perlu menggunakan alamat IP. Tapi bisa langsung akses melalui domain tplinkwifi.net.

Kemudian log in dengan:

  • Password: admin
  • Username: admin

Lebih mudah langkahnya, Sobat hanya perlu cari menu "Wireless", lalu cari "Wireless Security". Nah, di sini Sobat bisa langsung ganti password Wifinya.

Kesimpulan

Intinya, untuk Cara Ganti Password Wifi IndiHome adalah melalui halaman pengaturan modem yang bisa diakses dari browser. Dengan catatan, perangkat yang digunakan terhubung dengan jaringan Wifi ya, Sob. Entah itu dengan kabel LAN ataupun melalui wireless "Wifi".

Pada halaman tersebut, Sobat bisa mengatur beberapa pengaturan modem dan Wifi termasuk password Wifi. Lebih direkomendasikan untuk mengaksesnya melalui perangkat PC agar lebih mudah. Tapi kalau mau lewat HP juga bisa sih. Cek di "Cara Mengganti Password Wifi Lewat HP"

Wifi dari ISP lain juga sama sama untuk cara mengganti passwordnya, yakni melalui halaman pengaturan modem. Hanya saja ada beberapa step yang mungkin berbeda, seperti Wifi IndiHome memiliki cara berbeda tergantung dengan modem yang digunakan. Mau pasang? Cek Biaya Pemasangan IndiHome.

close