Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Cek Pinjol Legal atau Tidak

 Mengetahui legalitas sebuah aplikasi Pinjaman online menjadi hal yang paling penting sebelum mengajukan pinjaman. Dengan Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal, kita bisa mengetahui apakah sebuah aplikasi Pinjol aman atau tidak.

Penting untuk diingatkan, hindari Aplikasi Pinjol Ilegal karena berpotensi merugikan penggunanya. Selain terkait legalitas atau izin, Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal adalah penerapan bunga dan denda. Pinjol Ilegal menerapkan bunga dan denda keterlambatan yang sangat tinggi, sehingga peminjam sangat dirugikan.

Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal

Seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya, "Dana Now Ilegal atau Legal?", ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk Cara Cek Pinjol atau mengetahui legalitasnya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Sobat gunakan: 

Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal

1. Cek via Situs Resmi OJK

Yang pertama, Cara Cek Pinjol bisa kamu lakukan melalui website atau situs resmi OJK. Bisa langsung akses situsnya, cari data Fintech Resmi di sana. Jika tidak ditemukan, kemungkinan besar aplikasi Pinjol yang ingin kamu cek adalah Ilegal.

Untuk situsnya adalah ojk.go.id, lebih tepatnya kamu akses halaman https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Default.aspx untuk daftar Fintech atau Pinjaman Online yang terdaftar dan memiliki izin untuk beroperasi dari OJK.

Memang sih agak ribet kalau kamu harus melihat daftar sebanyak itu. Kalau ingin lebih mudah, bisa pakai Cara Cek Pinjol yang kedua.

2. Tanya Melalui WhatsApp OJK

Lebih mudah dengan bertanya langsung melalui WhatsApp OJK. Untuk nomornya adalah 081157157157, atau bisa klik Cek Legalitas Pinjol untuk langsung mengarah ke aplikasi WA kamu. 

Kamu bisa langsung menyebutkan nama aplikasi yang ingin ditanyakan terkait legalitasnya. Nantinya, admin akan memberikan semua informasi yang ada. Sehingga kamu bisa tahu apakah sebuah Pinjol legal atau tidak.

Untuk admin yang membalas adalah robot ya, Sob. Jadi kamu tinggal ketik nama aplikasi Pinjol nya, yang nantinya robot akan mendeteksi dan memberikan kamu balasan berupa informasi data yang ada di OJK.

3. Tanya via Telepon dan E-mail

Cara lain untuk Cek Pinjol adalah melalui telepon dan e-mail. OJK juga menyediakan layanan call center untuk memberikan berbagai informasi terkait layanan OJK.

Untuk telepon, kamu bisa langsung hubungi 157. Nantinya kamu bisa menanyakan berbagai hal terkai jasa keuangan termasuk legalitas Pinjol. Kalau telepon dari HP, pastikan pulsa tersedia ya, Sob.

Bisa juga mengirimkan e-mail melalui waspadainvestasi@ojk.go.id untuk mengirimkan pertanyaan terkait legalitas sebuah aplikasi Pinjol. Nantinya, kamu juga akan mendapatkan email terkait jawaban dari pertanyaan yang diajukan.

Akhir Kata

Menurut mimin, paling mudah sih menanyakan via WhatsApp alias WA. Kamu tinggal chat yang nantinya langsung dibalas oleh admin bot.

Jika Sobat Gadget sedang mencari aplikasi Pinjol yang aman dan resmi OJK, bisa cek di 13 Pinjaman Online Bunga Kecil. Baca juga beberapa artikel terkait Pinjol lainnya dari jagoangadget.com yang mungkin bisa bermanfaat: 

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Cek Pinjol Legal atau Tidak"