realme 1 Jutaan 2022 C31, Harga Murah Desain Mewah

realme 1 Jutaan 2022 – HP 1 Jutaan biasanya menjadi pilihan pengguna sebagai secondary phone alias HP kedua selain punya HP utama. Tapi dengan banyaknya produk smartphone berkualitas yang dibanderol dengan harga 1 jutaan, membuatnya pilihan yang bagus untuk jadi HP utama.

Beberapa brand saling bersaing memproduksi smartphone di kelas entery-level. Salah satunya realme dengan ponsel terbarunya yakni C31. HP realme 1 jutaan dengan kualitas dan spesifikasi yang sangat layak untuk dibeli.

Dengan tagline “Desain Keren, Seru Seharian”, realme C31 menjadi smartphone yang cocok baik untuk secondary ataupun primary phone.

Kali ini, JagoanGadget.com akan mengajak Sobat sekalian mengulas HP realmi 1 Jutaan 2022 yakni seri C31. Apakah HP 1 Jutaan ini memang layak untuk dibeli?

Review realme 1 Jutaan 2022, C31

Sebelum mereview alias mengulas tentang perangkatnya, mungkin kita akan sedikit membahas tentang kemasan dan apa saja yang didapat ada paket pembelian realme C31 ini.

Saat membeli HP realme 1 Jutaan 2022 ini, kita akan mendapatkan sebuah box berwarna kuning. Kesan sederhana terasa kental pada kemasan realme C31 ini. Tapi its ok ya, sebagai pengguna juga kita tidak terlalu butuh dengan kualitas kemasannya.

Seperti biasa, sebelum mengulas lebih dalam, kita bongkar terlebih dahulu box atau paket penjualannya. Box yang dipakai membungkus produk masih menggunakan warna kuning nan simpel.

Dalam box terdapat 1 unit realme C31 tentunya, SIM ejector, charger adaptor, kabel micro-USB, dan juga kitab-kitab (manual book dan kartu garansi.  Sayangnya, tidak ada case gratis dalam paket pembeliannya. Tapi nggak masalah sih, kamu bisa beli yang lebih bagus di e-commerce kalau cuma case saja.

Begitu juga dengan headset, tidak termasuk dalam paket pembelian realme C31. Tapi no problem Sob, kamu bisa beli yang lebih bagus dan canggih dengan harga 100 ribuan saja bisa dapat headset bluetooth tanpa kabel. Cek di 15 Earbuds TWS Terbaik 2022.

Langsung saja deh, kita ulas HP realme 1 Jutaan 2022 ini mulai dari tampilan hingga dalemannya. Apakah dengan harga sejutaan kamu akan mendapatkan hal yang istimewa dari produk realme ini? Simak hingga tuntas ya, Sob!

realme 1 Jutaan 2022

Desain realme C31

realme mengaku bahwa produk 1 jutaannya ini merupakan smartphone entry level paling stylish. Bisa dibuktikan nggak nih? Mungkin kalau masalah desain itu tergantung selera ya. Tapi kalau dilihat sekilas, memang realme C31 ini memiliki desain yang anti mainstream.

BACA JUGA:  Cara Merekam Layar HP Dengan dan Tanpa Aplikasi

Dengan tebal 8,4mm, perangkat ini cukup ramping dan nyaman untuk digenggam. Ketebalannya ini, menjadikan realmi C31 sebagai HP paling tipis di kelasnya. Cocok nih buat kalian yang suka HP tipis-tipis.

Dibagian belakang, tampilan “HP Murah” sangat tidak terlihat pada perangkat realme C31 ini. Cukup stylish dengan material plastik polikarbonat yang berstruktur. Meskipun dari plastik, tapi desainnya yang apik bisa menyamarkan kesan murah pada HP ini.

Desain Realme C31 Sejutaan

Penempatan modul kamera belakang juga cukup keren dan elegan. Desainnya juga tidak mainstream seperti kebanyakan ponsel, jadi HP ini lebih mudah dikenali jika dilihat dari belakang.

HP realme 1 Jutaan 2022 ini juga sudah dapat setifikasi tinggi dari TTÜV Rheinland loh, Sob. HP ini sudah melewati 23 tes utama yang kondisi pengujuannya didasarkan pada siklus hidup 3 tahunan perangkat smartphone. Selain itu, realme C31 juga sudah lolos 300 jenis uji dari realme sendiri sehingga bisa memberi jaminan untuk daya tahannya digunakan dalam jangka waktu lama.

Tombol-tombol berada disebelah kiri sekaligus tempat SIM tray dengan 2 slot SIM Card dan 1 slot microSD yang mendukung hingga 256GB. Sedangkan di sebelah kanan, terdapat sensor sidik jari untuk kebutuhan unlock biometrik. Microphone dan audio jack 3,5mm terletak dibagian bawah

Secara umum, tidak ada yang bisa dikeluhkan dari desain realme C31 ini. Bahkan desainnya yang stylish alias keren bisa menjadi sebuah keunggulan yang ditawarkan. Meskipun terbuat dari material plastik, justru hal ini membuat perangkat lebih nyaman digenggam dan tidak licin.

Layar realmi C31

Mengusung layar dengan lebar 6,5 inci, HP ini bisa menjadi perangkat yang memberikan tampilan cukup maksimal untuk pengguna. Ya, meskipun frame terasa cukup tebal terutama di bagian bawah alias dagunya.

Meskipun belum Full HD+, tapi layar HD+ dengan kerapatan resolusi 1600×720 piksel sudah cukup untuk memberikan pengalaman tampilan yang baik untuk pengguna. Memang tidak setajam kalau Full HD+ sih.

Untuk responsifitas sentuhan layarnya cukup OK. Apalagi permukaan yang terasa kesat, membuat HP lebih nyaman untuk digunakan. HP ini juga sudah mendukung 10 sentuhan sekaligus.

Dari informasi yang diberikan realme, tidak disebutkan apakah HP 1 Jutaan ini sudah menggunakan layar Gorilla Glass atau belum. Jadi, lebih aman kalian pakai pelindung layar tambahan ya.

Spesifikasi realme C31

Di atas kertas, realmi 1 Jutaan 2022 ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Ukuran layar: 6.52 inci
  • Rasio layar: 88.7%
  • Resolusi layar: HD+ 1600×720
  • Dimensi: 164.7×76.2×8.43mm
  • Berat: 197g
  • OS: Android 11
  • UI: realme UI R Edition
  • Chipset: Unisoc T612, (12nm, 1.82Ghz)
  • RAM: 3GB/4GB
  • ROM: 32GB/64GB
  • Kamera: Triple
    • 13MP (f/2.2 Aperture, 5P lens, 4X digital zoom)
    • lensa Makro 2MP (f/2.4 Aperture, 3P lens, 4cm FF)
    • lensa B&W (f/2.8 Aperture, 2P Lens)
  • Kamera Depan: 5MP f/2.2 Aperture
  • Video: 480p @30fps,720p @ 30fps, 1080p @ 30fps
  • Konektivitas: Wifi 2.4Ghz, Bluetooth 5.0, microUSB
  • Sensor:
    • Sensor induksi magnetik (Magnetic induction sensor)
    • Sensor cahaya (Light Sensor)
    • Sensor jarak (Proximity Sensor)
    • Sensor akselerasi (Acceleration sensor)
  • Baterai: 5.000mAh
  • Warna: Light Silver dan Dark Green.
BACA JUGA:  4 HP Xiaomi Terbaik 2023

Dari data di atas, mungkin kita sudah bisa sedikit menggambarkan bagaiman performa dan kualitas dari HP realme 1 Jutaan 2022 ini. Tapi, biar ulasannya lebih detail kita akan membahas lebih dalam pada beberapa aspek.

Performa dari realme C31

Dengan chipset UNISOC T612 dengan fabrikasi 12nm, C31 memiliki performa yang cukup baik di kelas HP 1 jutaan. Untuk kebutuhan smartphone sehari-hari, HP realme 1 Jutaan 2022 ini sudah sangat mumpuni, apalagi didukung GPU Mali G57.

Cari realme 1 Jutaan RAM 4GB? Mungkin C31 bisa jadi pilihan yang tepat. Selain ada varian 3/32GB, realme C31 juga tersedia untuk kapasitas memori 4/64GB. UFS 2.2 juga membuat perangkat ini mampu mengolah data lebih cepat.

Skor benchmark HP ini pada AnTuTu menunjukkan angkat 207.773. Sedangkan pada Geekbench menunjukkan angka 331. Skor ini cukup baik untuk ukuran HP di kelas harga 1 jutaan.

Apakah realme C31 enak untuk gaming? Untuk game seperti Mobile Legend, bisa berjalan tanpa kendala walaupun dengan settingan grafis Ultra dan refresh rate yang tinggi.

PUBG Mobile? Bisa kok, bahkan settingan frame rate maximal dan grafis ultra. Tapi, biar lebih nyaman mainnya disarankan untuk setting ke medium agar lebih smooth ya, Sob.

Baterai berkapasitas 5000mAh bukan hanya bisa membuat HP bertahan seharian. Main game di realme C31 akan lebih nyaman karena kamu tidak bakal sering-sering ngecharge HP. Kalau pun kehabisan baterai, kamu cukup cas HP selama 3 jam sampai baterai terisi penuh. Hal ini karena pengecasan HP realme 1 jutaan ini sudah menggunakan charger 10W.

Realme C31 Gaming

Kualitas Kamera realme C31

Dengan konsep Triple AI Camera, realme C31 memiliki kualitas yang cukup baik di sektor kamera untuk HP harga 1 jutaan. Meskipun harganya terjangkau, realme sepertinya memang tidak terlalu melakukan pemangkasan pada fitur kamera produknya satu ini.

Lensa utama menggunakan dari Sony dengan resolusi 13MP. Jangkauannya cukup luas dan aperture besar f/2.2 yang sangat berguna pada kondisi low light.

Dukungan lensa Makro dengan resolusi 2MP, aperture f/2.4, 3P lens beserta 4CM FF, realme C31 ini mampu menangkap foto makro dengan sangat baik. Untuk efek bokeh alias blur belakang yang sedang trend, HP ini juga sudah dilengkapi sensor depth.

BACA JUGA:  Cari HP yang Kameranya Bagus Dibawah 2 Jutaan? Coba Cek 7 Handphone ini

Tidak hanya dukungan lensa yang cukup apik sebagai hardware, fotografi pada realme C31 juga didukung dengan perangkat lunak untuk fitur-fiturnya. Ada AI scene, Night Pro, dan beberapa fitur lain yang membantu HP realme 1 Jutaan ini bisa menghasilkan gambar dan foto berkualitas di segala kondisi.

Untuk bagian selfie mungkin tidak ada yang terlalu istimewa. Namun, lensa 5MP dibantu oleh beberapa fitur seperti AI beauty, mode HDR dan flash dari layar yang membantu untuk pengambilan foto atau video selfie.

Buat penggila selfie, di sektor depan terdapat waterdrop display yang ditanami kamera 5MP. Ditunjang AI beauty, mode HDR dan flash menggunakan layar.

realme C31 ini mampu menangkap video dengan resolusi 480p @30fps,720p @ 30fps hingga 1080p @ 30fps. Yang mana ini sudah sangat cukup untuk HP di harga 1 jutaan. Ya meskipun belum ada fitur stabilizer yang mendukung, jadi kamu harus berhati-hati saat merekam video agar tidak terkena guncangan.

Berikut ini ada beberapa hasil kamera realme C31:

Hasil Kamera Realme C31 1

Hasil Kamera Realme C31 2

Hasil Kamera Realme C31 3
Hasil Kamera Realme C31 4

Kelebihan dan Kekurangan realme C31

Sudah mulai minat setelah ulasan dari realme C31 ini? Kalau gitu, JagoanGadget.com akan memberikan sedikit kesimpulan berupa apa saja yang menjadi kekurangan dan juga kelebihan realme C31 ini. Bisa buat pertimbangan kamu apakah HP realme 1 jutaan ini layak untuk dibeli?

Kelebihan realmi C31

  • Harga sangat terjangkau
  • Desain stylish alias keren
  • Performa dan spesifikasi bagus
  • RAM 4GB
  • Sudah Triple AI Camera
  • Kapasitas baterai besar

Yap, dari pembahasan di atas 4 poin ini bisa menjadi kelebihan dari HP realmi murah ini. Meskipun harganya sangat terjangkau, tapi realme C31 mampu memenuhi kebutuhan smartphone. Apalagi ada varian RAM 4GB yang bikin HP lebih nyaman dipakai multitasking.

Kekurangan realmi C31

  • Body plastik
  • Layar masih HD+

Mungkin tidak banyak yang bisa menjadi kekurangan dari realme C31. Kalau dilihat dari segi harga, memang tidak banyak yang bisa diharapkan dari HP 1 jutaan. Beberapa kekurangan realme C31 ini mungkin bisa sangat dimaklumi.

Harga realme C31

Saat rilis, realme C31 dibanderol dengan harga Rp1.599.000 untuk varian 3/32GB, sedangkan untuk 4/64GB nya ada di harga Rp.1.799.000. Dengan performa dan kualitasnya, HP realmi 1 Jutaan ini jadi sangat layak untuk dibeli.

Apalagi kalau kamu cari dan beli di e-commerce, yang sering ada event promo ataupun flash sale. Tentu kamu bisa dapat harga yang lebih murah.

Kalau kamu mau cek harganya sudah turun atau belum, bisa langsung cek di beberapa e-commerce berikut ini. Siapa tahu juga sedang ada promo atau diskon.