Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pembayaran Virtual Account BRI, Transaksi Online Lebih Mudah

 Cara Pembayaran Virtual Account BRI - Virtual Account merupakan sebuah metode pembayaran yang praktis dan mudah untuk digunakan saat ini. Di era digital seperti sekarang memang kemudahan bisa kita dapatkan dari inovasi teknologi.

Dengan hadirnya Virtual Account, transaksi keuangan bisa jadi lebih mudah dilakukan. Tidak sekedar mudah, transaksi juga bisa dilakukan secara realtime. Apa sih Virtual Account itu? Bagaimana cara kerjanya? Kalo Sobat Gadget penasaran, simak pembahasan berikut sampai tuntas.

Apa itu Virtual Account?

Virtual Account adalah sebuah metode pembayaran digital (online) yang menggunakan nomor identifikasi yang dibuat secara otomatis oleh sebuah bank. Nomor ini menjadi rekening tujuan (penerima) transaksi. Setiap pengguna akan memiliki nomor yang berbeda, sehingga kesalahan transaksi bisa dihindari.

Dengan kata lain, setiap pengguna bisa memiliki sebuah akun virtual yang berbeda. Virtual Account memiliki nomor yang berbeda sesuai dengan provider bank dan juga transaksi yang dilakukan.

Untuk Memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya, hampir seluruh bank saat ini menyediakan Pembayaran Virtual Account. Termasuk BRI dengan BRIVA nya.

Pembayaran Virtual Account BRI

Apa itu BRIVA?

BRIVA merupakan metode pembayaran Virtual Account BRI yang bisa digunakan seluruh nasabah BRI. Setiap transaksi menggunakan kode khusus yang akan dibuat secara otomatis. Pengguna juga bisa menerima laporan jika transaksi sudah dilakukan. Transaksi juga dilakukan secara realtime.

Ada 2 jenis Virtual Account yang disediakan oleh BRI. Secara umum ada 2 jenis VA, yaitu :

• Fixed Virtual Account

Yang pertama ada Fixed Virtual Account, yaitu sebuah nomor VA yang tetap dan tidak berubah. Pada jenis ini, pengguna menentukan nomor Virtual Account secara unik. Contohnya pada aplikasi e-wallet, di mana nomor VA akan menggunakan kombinasi kode khusus dan nomor HP dari pengguna. Setiap pelanggan ingin melakukan Top Up sebuah e-wallet melalui BRI, pengguna tinggal melakukan transfer ke nomor VA tersebut.

• Non-Fixed Virtual Account

Selanjutnya ada Non-Fixed Virtual Account, yang hanya bisa dipakai sekali waktu. Jenis ini akan memiliki nomor yang berbeda untuk kebutuhan sebuah transaksi. Contohnya pada saat pengguna ingin melakukan transaksi (beli barang) di e-commerce, pengguna akan mendapatkan nomor VA secara acak. Nomor ini hanya bisa digunakan untuk pembayaran pada transaksi yang dilakukan tadi dan tidak akan bisa dipakai lagi ketika transaksi selesai dilakukan.

Apa itu BRIAPI?

BRI juga menyediakan BRIAPI, yakni sebuah antarmuka (UI atau User Interface) pemrograman aplikasi yang juga disebut Application Programming Interface (API). Sistem ini dikembangkan oleh BRI untuk memberikan kemudahan transaksi online bagi nasabah. Aplikasi pihak ketiga bisa terintegrasi dengan layanan BRI sehingga menghadirkan kemudahan.

Dengan BRIAPI pengguna juga akan mendapatkan keunggulan. Salah satu contohnya pada transaksi di sebuah platform e-commerce. Kalau posisi kamu sebagai seller (penjual), kamu bisa mendeteksi transaksi dengan sangat mudah, otomatis dan juga realtime. Begitu juga dengan posisi sebagai buyer (pembeli), yang bisa melakukan pembayaran dengan 1 langkah saja jika menggunakan metode pembayaran Virtual Account BRI.

Beda Virtual Account dengan Rekening

Kalau dilihat dari pembahasan di atas, VA memiliki fungsi yang hampir mirip dengan rekening biasa. Yakni digunakan untuk penerimaan penerimaan atau transfer. Tapi keduanya adalah hal yang berbeda loh.

Berikut ini ada 4 poin yang menunjukan perbedaan signifikan antara Virtual Account dan Rekening biasa.

• Penggunaan Internet

Transfer atau kirim uang mungkin identik dengan nomor rekening bank. Pengirim bisa melakukan transfer dengan metode setor tunai di teller bank. Transfer juga bisa dilakukan melalui ATM. Nomor rekening digunakan sebagai tujuan transfer ke akun bank penerima.

Sedangkan dengan metode pembayaran Virtual Account BRI, kamu tidak perlu repot-repot pergi ke bank atau ATM untuk melakukan transfer. Cukup dengan aplikasi yang bisa diinstal di ponsel pintar, kamu bisa melakukan pembayaran dari rumah. 

• Pelayanan

Meskipun dengan VA kamu harus melakukan self-service (melakukan sendiri), tapi justru hal ini menjadi sebuah keunggulan bagi pengguna. Berbeda dengan transaksi manual yang mana kamu dilayani oleh teller bank, yang tentu transaksi hanya bisa dilakukan pada jam kerja. Dengan VA kamu bisa melakukan transaksi kapanpun.

Tinggal buat nomor VA secara otomatis, transaksi bisa dilakukan online 24 jam. Baik pengirim dan penerima bisa mendapatkan laporan mengenai transaksi untuk identifikasi.

• Alur Transaksi

Sistem pada metode pembayaran Virtual Account BRI memang tidak sesederhana jika dibandingkan dengan transaksi dengan nomor rekening biasa. Akan tetapi semua informasi mengenai proses transaksi bisa dilacak oleh pengguna kapanpun. Jadi tidak perlu takut akan kesulitan kalau transaksi pakai VA.

• Pencatatan Transaksi

Virtual Account juga memudahkan penggunanya untuk melakukan pencatatan transaksi. Tidak seperti pada rekening biasa yang jika ingin mengetahui histori transaksi atau mutasi harus melakukan cetak buku rekening ke bank.

Pada setiap transaksi dengan VA, terdapat sebuah kode unik yang bisa memudahkan pengguna memantau transaksinya. Misal sebagai seller, kita bisa tahu transaksi mana yang sudah dibayar.

Manfaat Virtual Account

Sebagai sebuah inovasi teknologi di bidang Financial (Fintech), tentunya Virtual Account menawarkan berbagai manfaat. Karena itu, banyak pengguna yang lebih memilih metode pembayaran VA karena berbagai manfaat yang ditawarkan tersebut.

• Transaksi Kapanpun dan Dimanapun

Seperti yang sempat kita singgung sebelumnya. Dengan metode pembayaran Virtual Account pengguna tidak perlu repot-repot pergi ke Bank ataupun ATM untuk melakukan transaksi. Cukup dari HP dengan akses internet saja, transaksi Virtual Account bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Fleksibilitas transaksi ditawarkan oleh pembayaran Virtual Account BRI. Baik pengirim dan penerima bisa melakukan dan mendapatkan laporan transaksi kapan saja dan dimana saja.

• Proses Singkat dan Cepat

Virtual Account menawarkan proses transaksi yang lebih singkat dan cepat, transaksi pun tidak perlu memakan waktu lebih lama. Pengguna tidak perlu pergi ke bank ataupun ATM jika ingin melakukan transaksi. Belum lagi antrian yang harus dihadapi jika melakukan transaksi manual.

• Untuk Berbagai Kebutuhan Transaksi

Sudah banyak platform yang juga menggunakan metode pembayaran Virtual Account BRI. Karena itu, pengguna juga bisa melakukan berbagai transaksi online dengan VA. Mulai dari e-commerce, marketplace, dan berbagai platform kini sudah banyak yang menyediakan metode pembayaran dengan VA.

• Konfirmasi Otomatis

Pengguna juga akan mendapatkan laporan secara otomatis, baik untuk pengirim maupun penerima. Sehingga pengirim tidak perlu repot untuk konfirmasi karena penerima juga akan menerima laporan transaksi secara otomatis.

close