Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah? Ini Jawabannya

 Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah - Headset tanpa kabel atau sebutan kerennya TWS, menjadi semakin populer belakangan ini. Dengan berbagai fitur barunya yang lebih canggih, pengguna sekarang lebih memilih Headset Bluetooth.

Hal ini membuat banyak produsen merilis produk TWS terbaru, mulai dari yang sudah terkenal hingga brand yang baru orang dengar. Berbagai model dan jenis Headset Bluetooth bisa kamu temukan di pasaran dengan harga yang bervariasi.

Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah

Ada kendala yang sering dialami para pengguna TWS, yakni matinya salah satu perangkat. Entah yang kiri ataupun yang kanan, tidak bisa mengeluarkan suara meskipun sudah terhubung. Tentu dengan matinya Headset Bluetooth sebelah akan sangat mengganggu penggunaan. Apalagi kalau yang didengarkan adalah audio stereo.

Banyak yang bingung Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah. Pastinya, ada penyebab yang membuat kerusakan pada perangkat TWS sehingga hanya berfungsi sebelah saja.

Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah

Penyebab Headset Bluetooth Mati Sebelah

Kalau headset dengan kabel, kemungkinan besar kalau mati kendalanya adalah pada kabel. Putusnya kabel menjadi penyebab matinya headset dan tidak keluar suara.

Nah, bagaimana kalau pada TWS? Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah? Kan koneksinya menggunakan jaringan Bluetooth, bukan kabel. Matinya salah satu Headset Bluetooth bisa saja disebabkan karena beberapa kemungkinan berikut.

1. Kerusakan pada Perangkat TWS

Kemungkinan yang pertama adalah adanya kerusakan pada perangkat Headset Bluetooth itu sendiri. Mungkin dikarenakan faktor umur perangkat sehingga terjadi kerusakan dan menyebabkan TWS mati. Bisa juga karena kesalahan pengguna yang mengakibatkan perangkat tidak bisa bekerja, misal jatuh atau terkena air.

Padahal baru beli kok dan tidak jatuh ataupun kena air, tapi Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah? Kualitas TWS juga berpengaruh pada ketahanannya. Banyak sekali TWS yang dibanderol dengan harga murah, tapi baru dipakai beberapa saat sudah terjadi kerusakan.

Oleh karena itu, selain memperhatikan perawatan dan cara penggunaan, kamu harus memilih Headset Bluetooth dengan kualitas terbaik. Meskipun cari yang murah, pilih yang memang memiliki kualitas jangan asal pilih.

Nah, kalau Sobat Gadget lagi cari TWS, mungkin bisa mampir di beberapa artikel berikut yang memberikan rekomendasi TWS Terbaik: 

Di sana, kamu bisa memilih berbagai TWS dengan harga yang bervariasi. Mulai dari yang murah hingga yang mahal sekalipun. Tapi tetap dengan kualitas yang terjamin ya, Sob.

2. Koneksi Tidak Tersambung dengan Benar

Sebelum digunakan, kamu harus menghubungkan TWS dengan perangkat output seperti HP atau Laptop. Karena ada 2 perangkat, kamu harus melakukan pairing alias menghubungkan keduanya satu per satu dengan koneksi Bluetooth. Untuk caranya bisa cek di Cara Menggunakan Headset Bluetooth JBL TWS 4, secara umum cara menghubungkan TWS semua sama kok.

Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah? Kemungkinan kamu hanya menghubungkan 1 perangkat saja. Padahal untuk bisa aktif semua, kamu harus menghubungkan kedua TWS.

3. Kesalahan Setting Audio

Tidak keluar suara pada Headset Bluetooth sebelah juga bisa dikarenakan oleh kesalahan pengaturan. Beberapa audio yang memiliki pengaturan stereo, harus diatur agar suara bisa keluar pada kedua TWS.

Tapi sebenarnya pengaturan ini sudah teratur secara default. Jadi kecil kemungkinannya kalau kamu tidak pernah utak-atik pengaturan. Tapi kalau kamu pernah merubah pengaturan audio, mungkin hal inilah yang menjadi kendala.

4. Kerusakan pada File Audio

Selanjutnya yang menjadi penyebab Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah adalah bukan pada TWS itu sendiri. Kemungkinan ada kerusakan dari file yang menjadi sumber audio seperti film, video, atau musik. Kerusakan tersebut menyebabkan audio yang keluar hanya untuk sebelah saja. Karena audio dengan teknologi stereo akan mengeluarkan suara yang berbeda pada masing-masing perangkat Headset Bluetooth.

Sebaiknya kamu coba cek dulu dengan coba file lain. Kalau memang pada file lain TWS tidak mengalami kendala, berarti bukan TWS kamu yang rusak. Melainkan file audio sebelumnya yang hanya bisa mengeluarkan suara pada salah satu Headset saja.

5. Headset Bluetooth Kehabisan Baterai

Tidak sedikit pengguna yang belum terbiasa dengan teknologi Headset Bluetooth yang menggunakan baterai. Karena pakai koneksi Bluetooth, tentu perangkat membutuhkan sumber daya sendiri. Perangkat TWS atau Headset Bluetooth menggunakan baterai sebagai tempat penyimpanan daya, kalau habis ya harus diisi ulang (charging).

Tidak seperti Headset kabel yang tidak perlu daya sendiri. Jadi kalau bingung Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah, coba cek apakah bisa aktif dan lampu indikatornya nyala. Kalau tidak, berarti baterai habis dan harus dicas di tempatnya (Charging Case). Karena masing-masing perangkat TWS harus dicas setiap baterainya habis.

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia Sobat beberapa penyebab Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah. Dengan menghetahui apa yang jadi penyebabnya, kamu bakal dengan mudah mencari cara mengatasinya. Untuk lebih lengkapnya akan kita bahas di artikel selanjutnya. Jadi ikuti terus jagoangadget.com ya Gaes.

close