Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Ngecas Headset Bluetooth alias TWS

 Cara Ngecas Headset Bluetooth - TWS atau yang mungkin lebih kita kenal dengan Headset Bluetooth makin banyak peminat dan penggunanya. Salah satu alasan kenapa gadget ini menjadi pilihan adalah praktis dan mudah.

Dengan teknologi Wireless alias tanpa kabel, Headset Bluetooth lebih nyaman digunakan. Selain itu, harga juga menjadi alasan semakin populernya TWS. Kalau dulu, Headset Bluetooth dibanderol dengan harga yang relatif mahal. Kalau sekarang, banyak pilihan dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Pada artikel sebelumnya yang membahas 7 Rekomendasi TWS Murah Terbaik 100 Ribuan 2022, kamu sudah bisa dapat Headset Bluetooth dengan harga 50 ribuan saja loh. Mungkin itu untuk kualitas terendah ya, kalau ingin yang lebih bagus kamu juga tidak perlu nambah terlalu banyak. Cek di 15 TWS Earbuds Terbaik 2022.

Cara Ngecas Headset Bluetooth

Karena memang tidak mengguakan kabel, Headset Bluetooth memerlukan daya sendiri agar bisa bekerja. Perangkat TWS sudah dilengkapi baterai sebagai tempat penyimpanan daya, kalau habis bisa diisi ulang dengan charger.

Tidak sedikit orang yang bingung Cara Ngecas Headset Bluetooth atau cara mengisi baterainya. Padalah sebenarnya sangat mudah loh untuk mengisi TWS.

Perlu kamu ketahui, Headset Bluetooth atau TWS zaman sekarang sudah dilengkapi dengan Battery Case. Ini sudah kamu dapatkan dalam paket pembelian, berbetuk kotak dan menjadi wadah dari perangkat TWS.

Cara Ngecas Headset Bluetooth

Bukan sekedar tempat untuk menyimpan TWS, kotak ini memiliki fungsi untuk menyimpan daya dan mengisinya ke TWS.

Jadi sebenarnya untuk Cara Ngecas Headset Bluetooth adalah dengan mengisi daya dari Battery Case. Dengan kabel yang didapat dalam paket pembelian, kamu menggunakan charger HP atau lainnya yang menggunakan USB. Langkah-langkahnya: 

  • Hubungkan kabel dengan charger
  • Setelah itu, colokan kabel ke Battery Case TWS
  • Jika lampu indikator menyala, maka pengisian daya terjadi
  • Beberapa merek TWS memiliki animasi pada lampu indikator saat ngecas
  • Tunggu hingga lampu indikator berubah warna atau menunjukan baterai terisi penuh
  • Selesai, cabut Battery Case TWS

Cara Ngecas Headset Bluetooth tanpa Battery Case

Beberapa Headset Bluetooth mungkin tidak memiliki casing baterai, kebanyakan sih model lama dan sudah jarang diproduksi. Karena itu, Cara Ngecas Headset Bluetoot yang tidak memiliki Battery Case juga berbeda ya, Sob.

Meskipun sudah tidak diproduksi lagi dan termasuk model lama, tapi masih beredar di pasaran dan kebanyakan kondisi second. Nah, kalau Sobat kebetulan beli dan bingung bagaimana Cara Ngecas Headset Bluetooth semacam ini, jangan khawatir.

Pada paket pembelian biasanya sudah mendapat kabel khusus sekaligus chargernya. Kabel ini biasanya berbeda dengan kabel USB yang umum dipakai. Begitu juga chargernya, biasanya juga khusus disesuaikan dengan kebutuhan daya si Headset Bluetooth itu sendiri.

Jadi, pastikan kalau beli Headset Bluetooth pastikan kelengkapannya. Kalau tidak ada Battery Casenya, pastikan charger dan kabelnya ada. Agar kamu tidak bingung saat perangkat kehabisan baterai. Dan lagi, kabel dan charger khusus ini biasanya sangat sulit ditemukan.

Untuk cara ngecasnya mudah kok, Sob. Kamu tinggal pakai kabel dan charger untuk mengisi baterai Headset Bluetooth tersebut.

Tapi, mending kamu beli TWS dengan model terbaru saja. Karena selain lebih bagus, tentu dengan adanya fitur Battery Case pengisian daya akan lebih mudah. Kalau mau cari-cari TWS bisa klik link yang sudah mimin bagikan di awal.

Kendala Ngecas Headset Bluetooth

Beberapa saat mengisi daya Headset TWS Bluetooth mungkin akan terjadi dan kamu alami. Kebanyakan baterai tidak mau terisi. Untuk mengatasinya ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Ganti Kabel atau Coba dengan Kabel Lain

Yang pertama, kamu coba cas Headset Bluetooth dengan kabel lain. Mungkin saja sumber masalahnya ada pada kabel. Mungkin sudah rusak atau ada bagian tertentu yang putus dalamnya.

Kalau ternyata pakai kabel lain bisa, kemungkinan sangat besar kerusakan ada pada kabel USB. Solusinya adalah dengan ganti kabel. Kalau mau perbaiki kabel tentu akan sulit dan tidak mungkin, apalagi kalau putus bagian dalamnya.

Biasanya TWS terbaru menggunakan kabel yang umum dipakai, seperti USB micro ataupun Type-C. Jadi, kamu akan lebih mudah membeli kabel baru untuk TWS. Karena itulah mimin menyarankan kamu untuk beli TWS dengan model terbaru agar mudah cari sparepart nya jika ada kendala.

2. Ganti Kepala Charger

Kalau ternyata tidak ada masalah pada kabel, kemungkinan yang rusak adalah kepala chargernya. Pada paket pembelian TWS biasanya tidak disertai dengan unit kepala charger. Tapi charger yang dibutuhkan umum kok, yakni yang menggunakan USB. Jadi pakai charger HP juga bisa.

Coba dulu pakai charger lain. Kalau ternyata bisa, berarti kerusakan ada pada kepala charger dan solusinya adalah ganti. Tapi kalau pakai charger yang bisa bekerja secara normal tidak mengisi daya Battery Case TWS, kerusakan ada pada hal lainnya.

3. Serivce atau Ganti TWS

Kalau kabel dan kepala charger ternyata masih berfungsi di perangkat lain, kemungkinan besar kerusakan terjadi pada unit TWS ataupun Battery Case nya. Untuk hal ini solusinya adalah service perangkat di tempat reparasi atau ganti dengan TWS baru.

Kalau brand TWS yang kamu beli memberikan garansi, sebaiknya langsung claim saja untuk kendala yang terjadi. Untuk proses klaim garansi biasanya ada di manual book alias buku panduan. Kamu juga bisa menanyakan kepada penjual perihal cara klaim garansi TWS.

Akhir Kata

Gampang kan, Sob Cara Ngecas Headset Bluetooth A.k.a TWS. Dengan adanya Battery Case, kamu bisa menyipan daya yang lebih besar karena kapasitas baterainya pun juga besar. TWS biasanya memiliki baterai berkapasitas kecil, ya karena perangkatnya saja kecil. Kalau baterai TWS habis, kamu masukkan saja ke dalam Battery Casenya. Kalau Battery Casenya yang habis, tinggal cas dengan charger.

close