Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Kerja Shopee Affiliate, Panduan Lengkap!

 Cara Kerja Shopee Affiliate - Sudah paham Cara Daftar Shopee Affiliate dan punya akunnya? Sekarang kamu bisa menghasilkan uang hanya dengan mempromosikan barang yang ada. Jika ada transaksi pembelian melalui link yang kamu bagikan, kamu bisa mendapat komisi penjualan.

Shopee Affiliate merupakan sebuah program di mana Shopee memberikan kesempatan kepada pengguna untuk bisa mendapatkan cuan hanya dengan promosi produk. Tanpa harus ikut proses transaksi, pengguna bisa mendapatkan fee jika pembelian dilakukan melalui link yang sebelumnya telah dibuat.

Cara menggunakan Shopee Affiliate

Cara Kerja Shopee Affiliate

Yap, cara menggunakan Shopee Affiliate memang sesimpel itu kok. Kamu tinggal buat link produk yang tersedia, promosikan melalui akun sosial media, tinggal tunggu ada transaksi yang terjadi sehingga kamu bisa dapat komisi.

Namun, untuk bisa menggunakan Shopee Affiliate dengan baik dan efektif, mungkin kamu akan butuh panduan. Berikut ini, jagoangadget.com akan membagikan panduan lengkap menggunakan Shopee Affiliate.

Sebenarnya, perangkat HP smartphone saja sudah cukup sih untuk menggunakan Shopee Affiliate.  Tapi, dengan perangkat PC (komputer atau laptop) fitur dan menu yang bisa di akses lebih lengkap. Mungkin yang pertama akan mimin bagikan adalah tutorial Shopee Affiliate untuk perangkat PC dulu ya, Sob.

1. Masuk ke Dashboard Shopee Affiliate

Yang pertama harus kamu lakukan adalah masuk ke halaman dashboard Shopee Affiliate. Langsung saja buka situsnya di affiliate.shopee.co.id. Kalau sebelumnya di browser kamu sudah log in akun Shopee kamu bisa langsung masuk, kalau belum kamu harus log in akun Shopee dulu.

ada banyak sekali menu pada halaman ini. Kamu bisa melakukan tracking atau cek performa dari link yang kamu bagikan (berapa klik dan transaksi yang terjadi), hingga estimasi komisi yang akan kamu dapat.

Kalau mau langsung mulai menghasilkan uang, kamu bisa langsung akses menu "Penawaran" untuk membuat link yang akan dibagikan pada promosi.

Cara Kerja Shopee affiliate

Pada menu ini terdapat 4 sub menu, yaitu: 

• Penawaran Shopee

Pada menu ini, kamu bisa mendapatkan link menuju halaman-halaman Shopee. Kalau kamu mau mempromosikan beberapa barang dalam 1 kategori, kamu bisa pakai link dari sini. Misal kamu ingin mempromosikan berbagai macam fashion wanita, kamu tinggal cari kategorinya dan membuat link. Link ini akan langsung menuju halaman Shopee kategori Fashion Wanita. Ada berbagai pilihan kategori lainnya.

Jika ada orang yang menuju halaman Shopee dan melakukan pembelian, maka kamu akan mendapatkan komisi sebesar 3% dari nominal transaksi pembelian.

• Penawaran Brand

Sedangkan pada menu Penawaran Brand, ada beberapa Brand yang memang sedang melakukan campaign iklan. Mereka menawarkan komisi jika kamu bisa mendatangkan transaksi melalui link yang dibuat.

Komisi dari penawaran brand lebih beragam, 3% hingga 30%. Tergantung dari penawaran yang diberikan oleh brand. Ini akan lebih menguntungkan, apalagi jika kamu mau fokus pada 1 brand saja. Misal brand elektronik, clothing, dan sebagainya.

• Penawaran Produk

Pada menu ini, kamu bisa menemukan berbagai macam produk dari berbagai kategori dan brand. Kamu bisa memilih produk mana yang ingin kamu promosikan. Tinggal buat linkya dan bagikan di sosial media.

Presentasi komisi pada menu ini juga beragam, bahkan terkadang ada penawaran komisi hingga 100% loh. Untuk lebih memudahkan mencari produk yang diinginkan, kamu bisa memanfaatkan fitur pencarian dengan beberapa kriteria.

• Link Khusus (Custom Link)

Kalau kamu tidak bisa menemukan produk yang ingin kamu promosikan di semua penawaran, kamu bisa membuat link sendiri. Copy link produk yang ingin dipromosikan, paste pada menu Link Custome untuk membuatnya menjadi link Affiliate Shopee agar mendapatkan komisi dari penjualannya.

2. Buat Link Produk Shopee Affiliate

Cara Membuat Link Shopee Affiliate

Hal yang harus kamu lakukan adalah membuat link afiliasi dari produk Shopee yang ingin dipromosikan. Kamu bisa menemukan penawaran Shopee, brand, ataupun produk yang tersedia. Pada langkah ini, kamu tinggal pilih dan klik "Buat Link". Setelah itu tinggal bagikan dan promosikan di akun sosmed.

Ada fitur tag yang bisa kamu tambahkan pada link Affiliate Shopee yang kamu buat. Tag ini berfungsi untuk tracking atau melacak performa link. Dengan adanya tag pada link, kamu bisa mengetahui link mana yang mendapatkan klik dan terjadi konversi.

Untuk produk yang tidak tersedia pada halaman dashboard, kamu bisa menjadikannya produk afiliasi Shopee kamu dengan menggunakan fitur Link Khusus (Custome Link). Pada menu ini, kamu bisa memasukkan link produk yang ada di shopee dan menjadikannya produk afiliasi.

Cara Membuat Custom Link Shopee Affiliate

3. Promosikan Link Shopee Affiliate di Sosial Media

Setelah link Shopee Afiliasi selesai dibuat, kamu bisa langsung mempromosikannya melalui akun sosial media atau website  yang kamu daftarkan sebelumnya. Dengan begitu, pengikut kamu bisa melihat link yang kamu bagikan dan jika tertarik akan membeli melalui link tersebut. Sehingga kamu bisa mendapatkan komisi penjualan.

Mungkin jagoangadget.com juga bisa memberikan tips agar kamu bisa mempromosikan link melalui beberapa platform sosial media.

• Halaman Facebook

Pada halaman Facebook atau Facebook Page, kamu bisa langsung membuat postingan sekaligus menyertakan link Shopee Affiliate. Kamu juga bisa membagikan postingan halaman Facebook ke beranda akun kamu. Untuk menjangkau lebih banyak orang, kamu juga bisa minta tolong teman-teman untuk membagikannya juga.

Kamu juga bisa memanfaatkan iklan berbayar di Facebook jika ingin menjangkau orang lebih banyak lagi. Untuk biaya fleksibel kok, kamu bisa mengatur budget harian mulai 20 ribu Rupiah saja. Tentu jangkauan akan semakin luasjika budget iklan tinggi.

• TikTok

Kalau kamu seorang Conten Creator TikTok atau TikTokers, kamu bisa mempromosikan barang dari Shopee Affiliate di konten yang kamu unggah. Sayangnya, tidak ada fitur untuk memasukkan link. Kalaupun kamu memasukkannya di deskripsi, viewers tidak akan bisa klik link tersebut.

Solusinya, kamu bisa memanfaatkan bio akun TikTok kamu. Di sana ada tempat untuk memasukkan link website. Tapi lagi-lagi, sayangnya hanya 1 link yang bisa ditampilkan.

• Instagram

Sama seperti TikTok, di platform Instagram sangat sulit untuk bisa menampilkan link pada postingan atau konten yang kita upload. Di Instagram ada 3 jenis konten yang bisa diunggah, yakni Feeds, Reels, dan Story. Untuk di Feed dan Reel, kamu tidak akan bisa menampilkan link.

Tapi kamu bisa membuat story IG dan menambahkan sticker link. Pada stiker ini, kamu bisa memasukkan link dan bisa diklik oleh viewers. Kamu juga memberikan tulisan sehingga viewers tertarik untuk klik, misal "Order Sekarang", "More Info", atau "Selengkapnya".

Agar story tidak hilang setelah 24 jam, kamu bisa menambahkannya ke Sorotan atau Highlights.

Artikel yang bisa membantu kamu untuk mempromosikan link Shopee Affiliate di Instagram: 

4. Pantau Laporan Shopee Affiliate

Setelah semua selesai dilakukan, kamu tinggal memantau perkembangan dari promosi yang kamu lakukan. Jumlah klik dan juga konversi, tersedia pada menu laporan. Jadi kamu bisa tahu seberapa banyak jangkauan dan klik yang didapat. Komisi juga bisa dilihat laporannya selama ada konversi yang terjadi.

Tentu selain memantau kamu juga harus terus melakukan promosi. Agar hasil yang didapat dari Shopee Affiliate bisa lebih banyak.

Mengenai Sistem Shopee Affiliate

Dari pembahasan di atas tentu kamu sudah lebih paham bagaimana cara menjalankan Shopee Affiliate. Tentunya sangat mudah kan, bahkan untuk seorang pemula. Kamu tinggal promosi saja produk-produk yang ada menggunakan link afiliasi. Kalau punya followers banyak, tentu akan sangat mudah menghasilkan uang.

Beberapa hal mungkin masih menjadi pertanyaan terkait Shopee Affiliate. Di sini mimin akan coba membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Apa Tugas Shopee Affiliate?

Tugas seorang afiliator adalah mempromosikan link afiliasinya. Apabila terjadi aksi (transaksi pembelian) melalui link tersebut, afiliator akan mendapatkan sejumlah komisi. Jadi intinya promosi barang lewat link saja. Tanpa harus jualan atau ikut dalam transaksi jual-beli.

Berapa Bayaran Shopee Affiliate?

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, komisi Shopee Affiliate bervariasi. Tapi umumnya jika ada transaksi yang dilakukan oleh pengguna baru, Affiliator akan mendapat 10% dari nominal transaksi. Sedangkan jika transaksi dilakukan oleh pengguna Shopee lama, komisinya adalah 3%.

Tapi ada banyak penawaran tertentu yang menawarkan komisi menarik. Presentasi komisi bisa mencapai 30% bahkan 100% dari harga barang atau produk tertentu.

Jadi kalau ditanya berapa penghasilan yang bisa didapat dari Shopee Affiliate, jawabannya ya tergantung. Seberapa banyak nominal total pembelian yang bisa kamu buat dalam sebulan. Katakan kamu ingin dapat 3 juta dalam sebulan, jadi kamu harus berhasil mempromosikan barang senilai 100 juta Rupiah. Perhitungan ini menganggap semua komisi di 3% ya, Sob. Kalau mau lebih mudah bisa gunakan produk dengan penawaran komisi yang lebih tinggi.

Kapan Komisi Shopee Affiliate Masuk?

Sebelum dibayarkan ke Affiliator, Shopee akan melakukan validasi terlebih dahulu terhadap pembelian atau pemesanan produk yang terjadi. Proses validasi pesanan akan diselesaikan pada hari ke 20 atau minggu ke3 di setiap bulannya.

Jadi jangan khawatir komisi belum masuk ya, Sob. Karena harus melalui proses validasi dari Shopee terlebih dahulu. Pemesanan harus terselesaikan, jika ada kendala dan pembatalan tentu komisi tidak bisa dicairkan.

Apakah Shopee Affiliate Aman?

Tentu sangat aman ya, Sob. Mungkin karena kasus trading yang sedang viral kemarin, berdampak pada kesan seorang Affiliator yang negatif.

Tapi Program Shopee Affiliate murni menjual barang yang benar-benar ada. Tidak ada unsur penipuan sama sekali di sini. Jadi mimin bisa pastikan sangat aman.

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia ya Sobat Cara Kerja Shopee Affiliate yang bisa menjadi panduan lengkap untuk kamu menjalankan bisnis ini. Sangat mudah kok untuk mulai menghasilkan uang dari Shopee Affiliate. Kamu hanya perlu tekun untuk mempromosikan barang dan manajemen yang bagus.

close