Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tahukah Kamu Alasan Kenapa Colokan iPhone Beda dengan HP Lain?

 JagoanGadget.com - Zaman sekarang, hampir semua HP menggunakan colokan yang sama. Kebanyakan ponsel pintar alias smartphone keluaran baru sudah menggunakan USB type C. Tapi mungkin ada beberapa yang masih menggunakan micro-USB karena memang belum mengikuti perkebangan teknologi.

Tapi ada sebuah brand smartphone yang menggunakan colokan berbeda. iPhone menggunakan Lightning Cable untuk kebutuhan konektivitas dan charging (pengisian daya baterai). Tipe colokan ini hanya bisa digunakan untuk perangkat iPhone saja.

Kenapa Colokan iPhone Beda?

Kenapa Colokan iPhone Berbeda dengan HP lainnya

Sebelum era smartphone, semua handphone menggunakan tipe colokan yang berbeda-beda. Kalau kita ingat zaman masih populernya HP Nokia setiap merek HP punya kabel dan colokannya sendiri mulai dari Sony Ericsson, Siemens, dan kawan-kawannya.

Kemudian, di tahun 2009 muncul ajakan kepada perusahaan produsen HP di Uni Eropa untuk menggunakan 1 colokan saja. Hal ini untuk mempermudah pengguna dengan dipakainya colokan yang bersifat universal.

Kalau kita ingat era Blackberry, kebanyakan HP sudah pakai colokan USB yang masih bertipe Macro-USB. Bahkan, HP-HP Nokia dan beberapa lainnya juga sudah mulai beralih ke USB. Yang kemudian teknologi USB berkembang ke Micro-USB hingga sampai sekarang USB Type C.

Akan tetapi, salah satu perusahaan tidak mengikuti saran atau ajakan tersebut, Apple tetap menggunakan Lightning Cable.

Alasan Apple Memilih Tetap Pakai Lightning Cable

Pada waktu itu, Apple banyak memproduksi aksesoris seperti Charging Dock, Speaker, dan lainnya yang menggunakan Lightning Cable sebagai konektivitasnya. Jika Apple beralih ke USB, maka aksesori produk mereka tidak akan kompatibel lagi pada produk barunya.

Hal tersebutlah yang membuat Apple memilih tetap menggunakan teknologi colokan miliknya sendiri ketimbang mengikuti saran untuk beralih ke USB. Agar aksesoris produksi miliknya tetap kompatibel dengan produk baru, Apple tetap menggunakan Lightning Cable.

iPhone akan Pakai USB Type C

Dilansir dari beberapa media, kabarnya iPhone akan beralih menggunakan colokan USB Type C. Hal ini mungkin akan jadi kabar gembira juga bagi pengguna dan penggemar iPhone. Karena di era ini tidak hanya produk smartphone saja yang menggunakan USB Type C. Perangkat lainnya seperti Surface Pro, Kindle Fire, hingga Console game PS 5 juga akan menggunakannya.

Itulah yang menjadi alasan Apple bakal menyematkan colokan USB type C pada produknya nanti. Rumornya, pada seri iPhone 14 Apple mulai menggunakan USB untuk konektivitas perangkat. Meskipun sebelumnya di Eropa iPhone seri sebelumnya sudah menggunakan Type C, karena memang diwajibkan.

Hal ini akan memudahkan pengguna iPhone untuk menghubungkan perangkatnya ke perangkat selain produk Apple. Di tambah lagi, sekarang banyak aksesoris termasuk milik Apple yang berbasis wireless, sehingga konektivitas menggunakan kabel mungkin akan juga ditinggalkan nanti kedepannya.

close