Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

HP Cepat Panas? Ini yang Menjadi Penyebabnya

 Penyebab HP Panas - Zaman sekarang pemakaian HP (Smartphone) lebih intens jika dibandingkan dengan dulu. Kalau dulu, orang pakai HP hanya untuk komunikasi (telepon dan sms), main game pun juga jarang karena memang terbatas. Kalau sekarang hampir setiap aktivitas sehari-hari bisa dibantu dengan smartphone.

Pernah gak sih merasa HP lebih panas atau sekedar hangat ketika digunakan? Tahukah apa yang menjadi penyebab HP panas? Dan apakah HP gampang panas berbahaya? Kali ini JagoanGadget.com akan membahas meningkatnya suhu HP ketika digunakan.

Penyebab HP Panas

Penyebab HP Panas

Penggunaan yang intens ini memang bisa membuat HP jadi panas. Hal ini wajar terjadi, karena kinerja HP yang membuat suhu pada HP meningkat. Akan tetapi, panasnya HP juga ada batas wajar ya, Sob. Kalau lebih ke hangat sih wajar, tapi kalau terlalu panas alias overheat juga bahaya.

Sebenarnya Smartphone juga dirancang agar bisa mengurangi panas yang disebabkan kinerja HP itu sendiri. Ada yang sekedar merancang desain agar panas yang dihasilkan HP dengan mudah keluar, ada juga yang sampai menggunakan teknologi pendingin HP (coller).

Kenapa HP jadi Gampang Panas?

Seperti yang sudah disebutkan, penyebab utama meningkatnya suhu pada perangkat HP adalah penggunaan yang intens. Semakin lama HP digunakan, maka HP akan cenderung menjadi panas. Apalagi kalau HP digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game yang berat.

Tapi ada penyebab lain yang membuat HP jadi cepat dan lebih panas. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Kecerahan Layar

Meskipun tidak terlalu intens, tapi HP bisa jadi cepat panas jika pengaturan kecerahan layar terlalu tinggi. Hal ini dikarenakan layar memancarkan cahaya dan juga panas. Jadi, selain panas yang dihasilkan mesin karena kinerja HP, suhu semakin terasa tinggi karena panas yang dihasilkan layar.

Bisa juga karena pengaturan yang tidak optimal. Misal menggunakan wallpaper dengan warna terang, atau tampilan aplikasi yang juga terang sehingga layar memancarkan cahaya yang juga terlalu terang.

2. Menjalankan Aplikasi atau Game Berat

Aplikasi atau game yang berat juga menyebabkan HP lebih cepat panas. Aplikasi yang berat seperti aplikasi editing, aplikasi streaming, dan sebagainya. Game-game dengan grafik yang tinggi juga menjadi penyebab HP panas. Untuk menjalankan aplikasi atau game tersebut, kinerja HP akan lebih berat sehingga menghasilkan suhu yang tinggi.

3. Jaringan Internet yang Buruk

Tidak hanya bikin lemot, kalau sinyal atau jaringan internet tidak stabil bisa menyebabkan HP jadi panas. Tapi ini biasanya hanya dialami pengguna mobile data alias kuota, kalau pakai Wifi sepertinya aman meskipun jaringan sedang jelek.

4. Lingkungan

Lingkungan juga bisa memperparah panasnya HP. Tidak hanya suhu udara, tapi kalau kamu pakai HP di bawah terik sinar matahari bisa membuat HP jadi lebih panas. Karena HP memiliki fitur kecerahan otomatis, yang mana ketika terkena sinar matahari layar akan diatur pada kecerahan maksimal sehingga tetap bisa terlihat dengan baik. 

5. Kerusakan Komponen

Adanya kerusakan komponen juga menjadi HP jadi panas tidak wajar. Daya arus listrik yang ada pada HP tidak stabil karena kerusakan komponen, sehingga menyebabkan HP jadi lebih panas. Hal ini menjadi penyebab HP yang berbahaya, karena bisa membuat HP jadi lebih parah kerusakannya jika dibiarkan.

Akhir Kata

Jadi, selain penggunaan yang intens ada beberapa penyebab HP panas. Apakah aman jika HP cepat panas? Tergantung penyebabnya, kalau dikarenakan penyebab nomor 1 hingga 4 sangat wajar jika HP jadi lebih cepat panas dari biasanya. Solusinya kamu harus menghidari penyebab tersebut untuk mengatasi HP yang panas.

Tapi kalau penyebabnya adalah kerusakan komponen mesin HP, bisa jadi sangat berbahaya. Segera perbaiki jika memang ada kerusakan, karena jika tidak bisa menyebabkan HP rusak lebih parah bahkan hingga mati total.

Untuk cara-cara yang harus dilakukan untuk mengatasi HP panas, akan kita bahas pada artikel berikutnya ya, Sob. Cek di "Cara Mengatasi HP Cepat Panas".

close