Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengapa Android Lebih Baik dari iPhone?

 Mengapa Android Lebih Baik dari iPhone - iPhone menjadi salah satu smartphone yang paling diminati di Indonesia. Dengan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan, tidak sedikit orang yang lebih memilih iPhone karena memang kebutuhan.

Tapi ada juga loh orang yang terlalu mendewakan iPhone, bahkan sampai menganggap HP Android tidak lebih baik dari iPhone. Tapi tahu gak sih, kebanyakan orang seperti ini bahkan tidak memiliki dan pakai iPhone. Karena memang Apple tidak memberikan banyak pilihan pada pengguna smartphone, hanya merilis produk dengan harga menengah ke bawah. Tidak seperti Android yang ada banyak pilihan, sehingga lebih terjangkau untuk semua kalangan.

Mengapa Android Lebih Baik dari iPhone

Mengapa Android Lebih Baik dari iPhone

Tapi di sini kita tidak sedang ngomongin orang ya. Memang sih, banyak peminat iPhone yang terkesan norak, terlalu membangga-banggakan iPhone. Tapi tidak semua peminat dan pengguna iPhone, ada juga yang memang karena kebutuhan sehingga menginginkan dan menggunakan iPhone.

Kali ini, JagoanGadget.com akan membahas mengenai beberapa keunggulan pada HP Android yang membuatnya lebih baik ketimbang iPhone. Bukan mau menjelekan iPhone, tapi hanya untuk perbandingan saja. Mungkin bisa jadi refrensi untuk kamu yang masih bingung mau pilih Android atau iPhone. Karena sejatinya masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri.

Kelebihan Android Dibandingkan iPhone

Mungkin yang kebanyakan orang tahu, iPhone lebih unggul dibandingkan HP Android. Hal ini dikarenakan memang iPhone hanya merilis smartphone premium dengan spesifikasi dan fitur terbaik. Sedangkan banyak pilihan pada produk HP Android, mulai dari harga murah hingga yang premium dengan harga mahal tentu dengan spesifikasi dan kualitas yang disesuaikan.

Yang menjadi masalah, HP Android yang laku dan banyak digunakan adalah di kelas mid-range alias menengah ke bawah. Banyak orang yang membandingkan HP Android kelas menengah dengan iPhone. Tentu iPhone lebih unggul, karena notabenenya semua produk iPhone berada di kelas high-end atau atas.

Tapi, jika kita membandingkan antara HP Android dan iPhone di kelas yang sama, tidak ada yang lebih baik adapun lebih buruk. Karena masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya.

Berikut ini ada beberapa hal yang menjadi keunggulan HP Android dan tidak bisa kamu temukan di iPhone. Ini bisa menjadi alasan Mengapa Android Lebih Baik dari iPhone.

1. Multiple User Account

Pada Android, kamu bisa memiliki akun pengguna lebih dari 1. Hal ini cukup bermanfaat untuk beberapa kebutuhan. Misal kamu punya anak kecil yang sering pakai/pinjam HP. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk melindungi anak dari hal-hal yang memang bukan untuk anak pada HP.

2. Membuka Bar Notif Lebih Mudah

Di HP Android, kamu bisa melakukan swipe down alias mengusap layar ke bawah untuk membuka bar notifikasi. Hal ini bisa kamu lakukan di bagian mana saja pada layar, sehingga lebih mudah untuk buka notif meskipun dengan 1 tangan.

Sedangkan pada iPhone, kamu harus mengusap layar ke bawah dari ujung atas layar untuk membuka bar notifikasi. Jika swipe down pada bagian bawah layar, bar notifikasi tidak akan terbuka. Hal ini membuat terkadang pengguna iPhone harus menggunakan 2 tangan, cukup merepotkan apalagi sekarang ukuran layar iPhone lebih besar.

3. Instan Apps

Jika kamu membeli HP Android baru, ada beberapa aplikasi yang sudah terinstat. Aplikasi yang mungkin kamu butuhkan dan sering kamu gunakan seperti layanan Google dan Sosial Media (Facebook, Instagram). Ini sangat memudahkan pengguna, tanpa harus download lagi aplikasi sudah terpasang pada perangkat.

4. Clear Recent Apps

Di HP Android juga ada fitur untuk menutup semua aplikasi yang terbuka hanya dengan sekali sentuh. Di fitur recent apps, akan tampil aplikasi apa saja yang sebelumnya terbuka dan masih berjalan. Di sana, kamu bisa ketuk tombol "clear" atau "bersihkan" untuk menutup semua aplikasi sehingga HP lebih ringan.

5. Kostumisasi Default Apps

Pada HP Android, kamu bisa mengatur default apps sesuka hati. Default apps adalah aplikasi yang menjadi pilihan utama ketika ingin melakukan sesuatu pada HP. Misal, ketika ingin membuka link yang dikirimkan, biasanya link akan terbuka pada Google Chrome. Kalau kamu tidak cocok dengan Chrome, kamu bisa mengganti browser yang akan membuka link sebagai aplikasi bawaan (default apps).

6. Kostumisasi Widget Homescreen

Kamu juga bisa mengatur widget sesuka hati pada tampilan homescreen. Mengatur widget yang kamu inginkan dan butuhkan dengan bebas di tampilan utama. Sebenarnya di iPhone juga bisa sih, hanya saja kostumisasi pada Android lebih flexible.

7. Kirim-Terima File dengan Berbagai Perangkat

Perangkat iPhone dikenal dengan transfer data atau file yang sedikit rumit. Kalau ingin pindah data dengan perangkat PC selain Mac, kamu harus melakukan beberapa langkah terlebih dahulu seperti instal iTunes.

Dengan HP Android, kamu bisa transfer file ke mana dan dari mana saja dengan mudah. Kamu tinggal colokan kabel USB, pindah data bisa dilakukan dengan mudah menggunakan perangkat apapun.

Akhir Kata

Mungkin beberapa fitur yang menjadi kelebihan dari Android ini terdengar sepele. Namun terkadang fitur ini akan sangat membantu bahkan dibutuhkan saat kondisi tertentu. Karena itu, mungkin 7 hal di atas bisa menjadi alasan Mengapa Android Lebih Baik dari iPhone dan menjadi kekurangan pada perangkat iPhone.

Beberapa orang mungkin bisa memaklumi keunggulan Android yang juga menjadi kelemahan iPhone di atas. Misal untuk masalah transfer data, memang untuk orang yang tidak suka ribet akan memilih Android. Tapi perangkat iPhone juga bisa transfer data ke berbagai perangkat. Hanya saja memang perlu dilakukan langkah-langkah tertentu terlebih dahulu, seperti instal iTunes atau pakai aplikasi tambahan (ShareIt).

Sekali lagi, pembahasan ini tidak untuk menjelekan iPhone. Mungkin ini bisa jadi pertimbangan kamu untuk menilai perangkat Android yang juga memiliki keunggulan yang tidak dimiliki iPhone.

Sebenarnya iPhone juga punya kelebihannya sendiri yang tidak bisa ditemukan pada perangkat Android. Mungkin kamu bisa cek beberapa artikel pada label iPhone, salah satunya artikel "Alasan Kenapa Lebih Pilih iPhone".

close