Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenapa iPhone Ada Poni? Ini Alasannya

 Kenapa iPhone Ada Poni - Notch atau poni pada smartphone pernah menjadi trend beberapa tahun lalu. Hampir semua smartphone menggunakan desain layar berponi mulai dari HP Android hingga iPhone. Poni pada layar HP menjadi tempat beberapa komponen seperti kamera dan sensor-sensor untuk mendukung fitur yang ada.

Selain tempat untuk menyematkan komponen, dengan adanya poni tampak depan HP lebih terlihat stylish pada zamannya. Selain itu, notch atau poni ini juga membuat layar terasa lebih lebar. Dengan menyisipkan bar notifikasi dan informasi lainnya di sela poni dan batas layar, layar nampak lebih lega tanpa harus menghilangkan komponen yang ada.

Kenapa iPhone Ada Poni?

Perangkat iPhone juga tidak terlepas dari trend poni saat itu. Sejak seri iPhone X yang pada 2017 lalu Apple sudah menggunakan desain layar berponi. Bahkan, hingga saat ini Apple tetap mempertahankan poni layar pada produk smartphone terbarunya, iPhone 13.

Padahal banyak perangkat smartphone lain yang sudah mulai meninggalkan desain layar dengan poni. HP Android sudah banyak yang menggunakan teknologi Under-display Camera di mana kamera terletak di balik atau di belakang layar. Sehingga Layar tampak lebih bersih dan lebar karena bebas dari notch atau poni.

Tapi, kenapa sih iPhone tetap menggunakan desain layar berponi meskipun pada produk terbarunya. Padahal poni pada layar HP sudah tidak menjadi tren lagi.

Kenapa iPhone Ada Poni

Fungsi Poni pada Layar iPhone

Ada beberapa fungsi dari notch atau layar pada smartphone seperti yang kita bahas pada awal artikel. Alasan utama tetap menggunakan desain adalah sebagai tempat dari komponen-komponen seperti kamera dan sensor-sensor. Komponen ini sangat penting, agar fitur yang ada bisa berfungsi dengan baik.

Komponen Apa saja sih yang Ada di Poni iPhone?

Beberapa komponen yang tersemat pada Poni iPhone di antaranya:

InfraRed Camera

InfraRed Camera merupakan kamera TrueDepth memproyeksikan lebih dari 30.000 titik tak terlihat di wajah, menganalisisnya dan membuat peta struktural terperinci dan gambar wajah dalam spektrum inframerah. Komponen ini berfungsi untuk mendukung bekerjanya fitur Face ID. Dengan fitur ini sudah dapat membuka kunci iPhone dengan aman dan akurat.

Flood Illuminator

Komponen Flood Illuminator juga berfungsi untuk mendukung fitur Face ID. Komponen ini membantu perangkat untuk mendeteksi wajah lebih baik meski pada kegelapan.

• Dot Projector

Masih berhubungan dengan fitur Face ID, Dot Projector emproyeksikan pada wajah pengguna lebih dari 30.000 titik inframerah yang tak terlihat, yang kemudian menciptakan model matematisnya.

• Proximity Sensor

Sebuah sensor yang mendeteksi perubahan jarak. Fungsinya untuk menghindari sentuhan yang tidak disengaja pada layar. Misal pada saat HP digunakan untuk telepon, sensor akan mendeteksi jarak HP dan wajah yang dekat lalu mematikan fungsi touchscreen untuk menghindari sentuhan tidak sengaja.

Ambient Light Sensor

Sensor ini berfungsi untuk kadar cahaya yang ada, sehingga HP juga bisa mengatur kecerahan layar secara otomatis sesuai dengan kebutuhan.

• Speaker

Ini merupakan komponen yang selalu ada pada HP ataupun smartphone. Speaker merupakan komponen output suara, biasanya digunakan saat melakukan atau menerima panggilan (telepon).

Microphone

Kebalikan dari speaker, microphone merupakan komponen input suara. Komponen ini berfungsi untuk menerima input suara seperti saat melakukan telepon ataupun merekam suara.

• Front Camera

Seperti pada umumnya, kamera depan HP tentu terletak pada bagian depan HP. Pada iPhone, komponen kamera depan terletak pada poni layar. Kalau untuk fungsinya sudah jelas, untuk mengambil gambar/video selfie atau kebutuhan videocall.

Akhir Kata

Nah, jadi mungkin yang menjadi alasan kenapa iPhone ada poni layar alias notch adalah untuk menyematkan berbagai sensor dan komponen penting. Tanpa sensor dan komponen tersebut, tentu fitur-fitur iPhone tidak akan bekerja dengan baik. Karena itu, iPhone memutuskan untuk tetap menggunakan desain layar berponi.

Apa tidak bisa sensor dan komponen dipindahkan? Kalau melihat dari fungsi dan cara kerjanya, sepertinya hanya pada bagian atas layarlah posisi yang tepat untuk sensor dan komponen tersebut.

close