Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cek Backlink untuk Mengetahui Kualitas Website Kamu

 Setiap pemilik website tentu ingin website miliknya bisa muncul di hasil pencarian pertama pada mesin pencari. Tapi hal ini sangat sulit. Karena banyak website dari kompetitor yang akan muncul pada hasil pencarian.

Untuk bisa mengoptimalkan website di mesin pencari, banyak optimasi yang bisa kita lakukan. Mulai dari mendesain website sebaik mungkin, buat konten berkualitas, dan juga optimasi off-page. Salah satu optimasi off-page yang baik adalah backlink dari situs lain yang berkualitas.

Karena itu, pemilik website perlu memantau backlink yang dimiliki pada websitenya. Dengan cara cek backlink, pemilik bisa mengetahui kulitas dari backlink yang dimiliki.

Cara Cek Backlink pada Website

Semakin banyak link dari situs lain yang mengarah ke website kita, maka akan semakin bagus pula dampaknya. Kemungkinan untuk website kita muncul pada hasil pencarian pertama di mesin pencari juga.

Ada situs yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan Backlink Gratis. Kita bisa membagikan kiriman atau menuliskan komentar dengan menyisipkan link website kita pada situs tersebut. Tapi cukup sulit untuk menemukan situs berkualitas yang bisa digunakan untuk menanam backlink.

Backlink berkualitas bisa kita dapat dengan cara menggunakan jasa backlink. Kalau mau yang gratis bisa cek Daftar Backlink Gratis DA Tinggi. Backlink yang berasal dari situs yang kurang berkualitas, akan berdampak buruk bagi website kita. Karena itu kita harus melakukan pemantauan kualitas backlink yang dimiliki dengan cara cek backlink.

Cara Cek Backlink

Rekomendasi Tools untuk Cek Backlink

Untuk mengetahui link yang mengarah pada website, kita bisa menggunakan beberapa tool yang tersedia. Dengan tool ini, kita bisa melihat semua informasi link yang mengarah pada website kita.

1. Moz

Tool pertama yang direkomendasikan untuk cek backlink adalah Moz.com. Tool ini bisa menampilkan informasi backlink yang dimiliki website, sehingga bisa membantu kamu membangun backlink yang baik.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, kamu tinggal akses situsnya. Kemudian, masukkan url yang ingin dicek backlinknya. Akan muncul informasi yang lengkap mengenai backlink yang dimiliki website kamu mulai dari inbound link, anchor text, hingga kualitas situs yang mengarahkan link ke website kamu.

Tool ini juga memiliki beberapa fitur lainnya, seperti: 

  • Mencari link potensial.
  • Memperbaiki broken link pada website.
  • Memantau lost link (terjadi ketika website lain menghapus link menuju web Anda).
  • Memantau link website kompetitor.
  • Menganalisa anchor text yang digunakan pada backlink.

2. Ahrefs

Selanjutnya, Ahrefs bisa menjadi tool terbaik untuk cek backlink. Tool ini menjadi salah satu yang terpopuler, karena memiliki fitur yang bermanfaat untuk mengoptimalkan website. Mulai dari informasi backlink, audit kualitas website, performa website di mesin pencari, dan sebagainya.

Caranya juga cukup mudah kok, tinggal buka situs ahrefs.com dan buat akun. Kemudian tambahkan website milik kamu. Tool ini juga memungkinkan untuk digunakan memantau lebih dari 1 situs. Jika punya website lain, kamu bisa menambahkannya juga.

Setelah menambahkan website, kamu harus tunggu proses perayapan. Setelah selesai, maka akan muncul semua data mengenai performa website yang bisa membantu untuk pengoptimalan website.

Kamu juga bisa menggunakan tool ini untuk mencari ide kata kunci. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah membuat konten dan mengoptimalkannya sehingga bisa muncul di pencarian teratas mesin pencari.

Tool ini tidak hanya bisa digunakan untuk cek website yang kamu miliki. Tapi juga bisa digunakan untuk memantau website kompetitor alias pesaing

3. SEMrush

Berikutnya, ada SEMrush yang merupakan sebuah tool SEO yang memiliki data base yang cukup besar. Tidak hanya itu, data juga diperbarui secara berkala sehingga data lebih baik untuk digunakan mengoptimalkan website.

Sama seperti Ahrefs, SEMrush bisa digunakan untuk memantau website kompetitor dan memiliki beberapa fitur yang cukup berguna untuk optimasi SEO website.

  • Mengecek link yang didapatkan website.
  • Melihat domain authority dari website yang menaut.
  • Mengetahui anchor text yang digunakan.
  • Melihat URL dan title dari page penaut.
  • Mengetahui dari mana link didapatkan (secara geografis).

4. Ubersuggest

Ubersuggest menjadi rekomendasi tool cek backlink website. Kamu bisa menggunakan tool ini secara gratis. Akan tetapi, ada beberapa fitur yang hanya bisa digunakan jika kamu berlangganan. Tapi tenang, tool ini harganya relatif lebih murah dibandingkan yang lain.

Tool ini akan memberikan data yang berguna untuk pengoptimalan website, seperti: 

  • Domain score
  • Page score
  • Jumlah backlink yang didapatkan sebuah page
  • Jumlah Nofollow link
  • Referring domain
  • Anchor text
  • Tipe link
  • Konklusi

4. Google Search Console

Google Search Console merupakan sebuah tool yang disediakan untuk keperluan indexing website di mensin pencari Google. Tapi sebenarnya fungsi tool ini bukan hanya itu loh, kamu bisa menggunakan GSC untuk mendapatkan informasi mengenai performa website, termasuk backlink.

Pada menu "Tautan", kamu bisa memantau situs apa saja yang mengarahkan link pada website kamu. Dengan begitu, kamu bisa cek kualitas dari situs tersebut, apakah berkualitas atau tidak. Jika tidak berkualitas, kamu bisa menghapusnya dengan fitur Disavow.

Selain itu, GSC juga menampilkan data mengenai performa website kita di Google Search. Seperti  pengunjung yang berasal dari Google, kata kunci yang sering menampilkan situs kita, dan sebagainya.

Dan yang terpenting, kamu bisa pakai tool ini secara gratis.

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia ya Sobat 5 tools yang direkomendasikan untuk cek backlink pada website. Pemantauan backlink juga perlu dilakukan untuk kebutuhan pengoptimalan website. Dengan tools ini, kamu akan lebih mudah mengoptimalkan website di mesin pencari dengan berbagai informasi dan data yang diberikan.

close