Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Merawat HP yang Baik agar Awet dan Tahan Lama

 Cara Merawat HP yang Baik - Kalau punya barang, tentu kita harus merawatnya agar awet dan terus bisa kita pakai tanpa kendala. Karena kalau kita sembarangan pakai suatu barang tanpa memperhatikannya, barang bisa rusak dan tidak bisa kita pakai lagi.

Di era digital ini, HP atau smartphone menjadi barang yang dimiliki hampir setiap orang. Tidak hanya untuk sekedar komunikasi saja, tapi juga untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari.

Mulai dari remaja hingga dewasa kini semua punya HP. Bahkan, di masa pandemi ini di mana kegiatan sekolah dilakukan secara daring, tidak sedikit orang tua yang memberikan anaknya HP untuk kebutuhan sekolah.

Merawat HP agar Awet dan Tahan Lama

HP juga merupakan sebuah barang elektronik yang bisa dibilang rentan, mudah rusak jika tidak dijaga dan dirawat dengan benar. Jika HP mengalami kecelakaan seperti guncangan, jatuh, kena air, atau tertekan, HP bisa mengalami kerusakan dari yang kecil hingga parah yang tidak bisa diperbaiki lagi.

Bahkan, kalaupun tidak mengalami kendala tersebut, HP bisa rusak jika kita tidak memperhatikan cara penggunaannya. Penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan HP cepat rusak dan tidak awet.

Cara Merawat HP yang Baik agar Awet dan Tahan Lama

Penyebab HP Tidak Awet dan Cepat Rusak

Sebelum membahas tentang bagaimana Cara Merawat HP yang Baik dan Benar agar bisa awet dan tahan lama dipakai, akan lebih baik jika kalian juga mengetahui apa saja yang menjadi penyebab HP jadi cepat rusak.

Selain faktor kecelakaan yang bisa menyebabkan HP rusak, ada beberapa hal terkait penggunaan yang membuat HP cepat rusak. Yaitu:

1. Penggunaan HP yang Berlebihan

Cara penggunaan yang berlebihan bisa menjadi penyebab HP tidak awet alias cepat rusak. Misal kita menginstal banyak aplikasi sampai HP jadi lemot, terlalu sering menjalankan aplikasi yang berat atau memainkan game berat, dan sebagainya.

Penggunaan seperti itu bisa membuat performa dan kinerja HP lambat laun menurun, hingga akhirnya bisa menimbulkan kerusakan pada HP.

Contoh penggunaan yang buruk pada HP adalah dengan menyetel layar HP terus menyala. Biasanya hal ini dilakukan oleh pengguna yang memiliki kebutuhan main game di HP. Tapi perlu kamu ketahui, hal seperti ini bisa menyebabkan kerusakan pada HP. Membiarkan layar HP terus menyala, bisa membuat HP panas dan efek buruk pada baterai HP.

2. Ceroboh Menggunakan HP

Kecelakaan bukanlah hal yang diinginkan ataupun disengaja. Akan tetapi, kecelakaan disebabkan karena sebuah kecerobohan. Ceroboh dalam menggunakan HP bisa menyebabkan HP jadi tidak awet dan tahan lama.

Karena itu, pentingnya berhati-hati saat menggunakan HP agar tidak terjadi kecelakaan yang bisa menyebabkan kerusakan pada HP.

3. Overcharging (Pengisian Daya Baterai Berlebihan)

Baterai merupakan salah satu komponen yang pasti mengalami penurunan kinerja. Lambat lain, kualitas baterai akan menurun dan tidak sebaik kondisi saat baru, bahkan bisa sampai rusak. Meskipun begitu, ada beberapa penyebab yang bisa mempercepat menurunnya kondisi baterai HP.

Selain penggunaan yang berlebihan, perawatan juga menjadi penyebab tidak awet dan cepat rusaknya baterai. Kondisi yang sering terjadi pada perawatan HP yang buruk adalah overcharge atau pengisian daya yang berlebihan.

Kebanyakan orang cas HP ketika ingin beristirahat di malam hari (tidur). Sebenarnya smartphone sudah didukung teknologi untuk menghindari overcharge. Jadi, HP bisa berhenti mengisi daya ketika baterai sudah penuh. Akan tetapi, tetap saja jika overcharge ini sering dilakukan akan berpengaruh buruk terhadap kondisi baterai HP.

4. Main HP sambil Ngecas

Selain overcharging, penyebab cepat rusaknya baterai pada HP adalah sering menggunakan atau main HP sambil ngecharge (ngecas). Entah itu sekedar browsing, buka sosial media, atau bahkan sampai main game bisa berpengaruh buruk pada kondisi baterai HP.

Ketika kita menggunakan HP sambil di cas, tentu ada output listrik yang digunakan untuk menyalakan layar dan kerja komponen lainnya. Hal inilah yang bisa menyebabkan baterai HP cepat rusak, apalagi kalau inputnya lebih kecil bisa-bisa baterai HP tidak bertambah saat di cas.

5. Menggunakan Aksesoris KW

Masih terkait kondisi baterai HP, menggunakan aksesoris KW alias bukan yang original juga bisa membuat HP tidak awet dan cepat rusak.

Misal seperti charger, kabel USB, atau powerbank yang kurang berkualitas, bisa berpengaruh buruk pada kesehatan baterai HP. Mungkin jika penggunaannya sesekali tidak akan terasa pengaruhnya. Namun kalau sering menggunakan, bisa membuat HP lebih cepat rusak.

Tips Merawat dan Menjaga HP agar Awet Tahan Lama

Lalu bagaimana agar HP bisa awet dan tahan lama? Biar HP bisa terus dipakai dan terlalu cepat ganti HP. Pada intinya, kita harus menghindari hal-hal yang menjadi penyebab HP cepat rusak. Dengan kata lain, kalau kita ingin HP terawat dan awet, kita harus melakukan kebalikan dari penyebab-penyebab rusaknya HP seperti yang sudah kita bahas di atas.

1. Jangan Gunakan HP secara Berlebihan

Gunakanlah HP sesuai dengan kemampuan HP, jangan berlebihan. Meskipun digunakan untuk kerja atau kebutuhan gaming, tapi kamu tetap perlu memperhatikan penggunaannya. Misal, ketika kamu pakai ternyata baterai habis, segera cas HP dan jangan sambil digunakan.

Perhatikan juga setelan pada HP yang bisa membuat kinerja HP jadi lebih berat. Misal pengaturan cahaya atau terang layar, atur secukupnya sehingga tidak membebani kinerja HP itu sendiri. Jangan lupa juga untuk mengatur layar mati otomatis ketika HP tidak digunakan.

2. Berhati-hati saat Menggunakan HP

Jangan ceroboh saat menggunakan HP. Berhati-hatilah agar HP tidak mengalami kecelakaan saat digunakan, seperti misal jatuh, kena air, tertekan, dan lainnya.

Kamu juga bisa gunakan pelindung HP yang bisa meminimalisir kerusakan saat HP mengalami kecelakaan. Misal case yang bisa melindungi HP dari guncangan dan terlindung saat jatuh, tempered glass agar layar HP aman dari goresan.

3. Jangan Terlalu Sering Membiarkan HP Overcharge

Jika mengecas HP sebelum tidur sudah menjadi kebiasaan, lebih baik mulai sekarang kamu hentikan. Memang sih, seperti yang sudah kita sebutkan smartphone sekarang sudah memiliki teknologi yang canggih. HP bisa menghentikan pengisian daya ketika baterai sudah terisi penuh.

Namun, akan lebih baik kamu tidak sering melakukan hal ini terhadap HP kamu. Segera cabut charger ketika HP sudah terisi penuh.

4. Jangan Main HP sambil Ngecas

Sebisa mungkin hindari menggunakan HP saat dicas atau pengisian daya. Jika tidak terlalu penting, jangan gunakan HP apalagi untuk kerja berat seperti main game. Kalau hanya sekedar melihat notifikasi, balas chat, atau hal lainnya yang tidak memakan waktu lama sih tidak masalah.

Toh, sekarang sudah banyak smartphone yang sudah mendukung teknologi fast charging. HP dicas 30 menit sampai 1 jam saja sudah bisa penuh. Jadi, biarkan baterai HP terisi penuh dahulu, baru gunakan HP.

5. Gunakan Aksesoris Original

Jangan menggunakan aksesoris KW alias tidak original. Gunakanlah aksesoris HP seperti charger, kabel USB, dan powerbank yang original agar tidak menyebabkan kerusakan dan HP bisa jadi lebih awet.

Andai kata aksesoris bawaan dari HP hilang atau rusak, kamu bisa beli aksesoris dari brand yang sudah dikenal kualitasnya. Jangan gunakan aksesoris abal-abal.

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia ya Sobat beberapa tips dan Cara Merawat HP yang Baik agar HP bisa awet dan tahan lama. Dengan begitu, kamu bisa ganti HP karena memang harus upgrade dan bukan karena HP rusak. HP yang terawat juga bisa jadi koleksi loh. Bahkan sekarang banyak HP-HP jadul yang dijual dengan kondisi terawat, harganya pun sangat tinggi. Bisa dibilang merawat HP merupakan sebuah investasi.

Tidak memperhatikan perawatan dan penggunaan HP, bisa membuat HP lebih cepat rusak. Kalau sudah terjadi kerusakan, pilihannya diperbaiki atau harus beli HP baru lagi.

Beberapa merek HP memang dianggap gampang rusak, misal seperti Xiaomi. Banyak yang beranggapan bahwa Xiaomi HP Gacha, padahal banyak juga kerusakan yang terjadi pada brand lainnya seperti OPPO, Vivo, bahkan hingga Samsung. Sebenarnya penyebab utama kerusakan adalah faktor penggunaan dan perawatan yang kurang tepat.

close