Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

HP Cepat Panas? Ini Cara Mengatasinya

 Mengatasi HP Cepat Panas - Sudah hal yang wajar jika HP menjadi panas ketika digunakan. HP zaman sekarang (smartphone) memang memiliki fitur untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Hal ini membuat kita lebih sering pakai HP dan kinerjanya jadi lebih berat, sehingga meningkatkan suhu HP.

Pada umumnya, HP wajar menjadi panas pada suhu 35° - 43° Celcius yang mungkin lebih ke hangat dari pada panas. Di atas itu, HP panas bisa dianggap tidak normal. Mungkin ada kendala atau kerusakan pada komponen HP.

Mengatasi HP Cepat Panas

Meskipun normal, tapi banyak pengguna yang tidak nyaman dengan panasnya HP. Mereka khawatir panasnya HP ini berbahaya dan menyebabkan kerusakan pada HP. Padahal justru sebaliknya, HP jadi panas karena penggunaan HP yang kurang sesuai ataupun ada kerusakan pada HP itu sendiri.

Seperti yang kita bahas pada artikel sebelumnya, di "Apa Penyebab HP Cepat Panas?", HP menjadi panas disebabkan oleh beberapa hal. Kebanyakan HP jadi cepat panas karena penggunaan yang berlebihan.

Contohnya saat HP dipakai untuk main game dalam waktu yang lama. Kinerja HP akan lebih berat karena terus-menerus bekerja, tentu ini juga menjadi Penyebab Baterai HP Boros atau Cepat Habis. Kondisi ini akan membuat HP lebih cepat panas dari biasanya.

Jadi, panasnya HP ini justru menjadi indikasi pemakaian HP yang berlebihan. Hal inilah yang sebenarnya bisa membuat HP rusak dan baterai jadi lebih boros.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Bagaimana Supaya HP Tidak Cepat Panas?

Kali ini JagoanGadget.com akan membagikan beberapa cara untuk mengatasi HP cepat panas. Kalau bukan disebabkan karena kerusakan, panasnya HP bisa kita atasi dengan beberapa cara berikut.

1. Hindari Pemakaian Berlebihan

Penggunaan HP yang berlebihan bisa membuat perangkat jadi lebih cepat panas dari biasanya. Karena itu, hindari pemakaian HP yang berlebihan. Main game mungkin bisa jadi salah satu contohnya, karena keasyikan bisa lupa waktu dan menggunakan HP terlalu lama dan membuat HP panas. Main game di HP secukupnya saja, agar HP tidak cepat panas dan menghindari kerusakan.

2. Minimalisir Kecerahan Layar

Panas HP juga berasal dari layar, karena memancarkan cahaya. Semakin terang cahaya yang dipancarkan layar, maka akan semakin cepat panas HP. Karena itu, untuk mengurangi dan mengatasi panas HP, atur kecerahan layar seminimal mungkin.

3. Gunakan Jaringan yang Baik

Ketika jaringan internet sedang buruk, selain kecepatan jadi lemot HP juga bisa jadi panas. Hal ini disebabkan karena karena kinerja HP lebih berat untuk mendapatkan jaringan internet. Karena itu, disarankan untuk pakai provider dengan jaringan yang baik. Bisa juga pakai Wifi untuk kebutuhan internet, jaringannya lebih stabil dan tidak membuat HP jadi panas meskipun kondisi internet lagi lemot.

4. Gunakan Aksesoris yang Sesuai

Aksesoris HP seperti Case HP memang bisa melindungi HP dari benturan atau goresan. Tetapi jika tidak sesuai bisa membuat HP cepat panas. Misal Case HP yang terbuat dari material kurang bagus, yang tidak bisa mengeluarkan panas HP secara maksimal. Atau mungkin charger abal-abal, yang kualitasnya kurang baik membuat HP panas ketika dicas.

5. Matikan Fitur yang Tidak Diperlukan

Terkadang orang tidak sadar, menyalakan beberapa fitur padahal tidak memerlukannya seperti GPS, Bluetooth, dan lainnya. Dengan menyalanya fitur ini bisa membuat HP jadi panas, karena HP harus menjalankan fitur tersebut. Kalau memang tidak digunakan, lebih baik jika kamu menonaktifkannya agar tidak membuat HP cepat panas.

6. Gunakan Fitur Dark Mode

Kalau di HP kamu ada fitur dark mode, kamu bisa menggunakannya agar HP tidak cepat panas. Fitur ini membuat tampilan HP menjadi gelap, sehingga layar tidak memancarkan sinar yang terang dan membuat HP tidak cepat panas. Beberapa aplikasi menyediakan fitur ini seperti aplikasi Facebook, Instagram, Google Chrome, Youtube, dan lainnya. Selain itu, fitur dark mode juga bisa membuat layar HP lebih nyaman dilihat dan tidak silau.

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia ya Sobat beberapa Cara untuk Mengatasi HP yang Cepat Panas. Sebenarnya, panasnya HP pada suhu kurang dari 43° celcius adalah hal yang sangat wajar. Jika di atas itu, kemungkinan ada kerusakan komponen pada HP. Tapi ribet ya kalau harus mengukur suhu HP, intinya HP tidak terlalu panas masih di batas wajar.

Kalau kendala yang kalian alami adalah baterai HP boros alias cepat habis, mungkin artikel "Cara Mengatasi Baterai HP Boros" bisa membantu.

close