Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bagusan Xiaomi atau OPPO sih? Ini Perbandingannya

 Bagusan Xiaomi atau OPPO - Ketatnya persaingan di pasar smartphone Indonesia membuat para pengguna dilema untuk memilih mana HP yang terbaik dan paling layak untuk dibeli. Para brand smartphone saling bersaing untuk memproduksi HP dengan kualitas terbaik namun dengan harga yang murah. Sebagai pengguna, tentu kita akan bingung kalau semua HP mengklaim memiliki kualitas terbaik, apalagi harganya juga bersaing.

Xiaomi dan OPPO merupakan 2 brand smartphone yang cukup mendominasi pasar di Indonesia. Keduanya menghadirkan HP berkualitas dengan harga yang terjangkau, mulai dari kelas menengah hingga ke atas.

Seperti pada artikel sebelumnya "Bagusan OPPO atau Vivo sih?", kali ini JagoanGadget.com membahas pengenai perbandingan 2 brand HP ini. Mungkin artikel ini akan menjawab pertanyaan kalian mengenai Bagusan Xiaomi atau OPPO.

Bagusan Xiaomi atau OPPO

Bagusan Xiaomi atau OPPO sih?

Mungkin kita semua sudah tahu dan setuju, bahwa produk HP Xiaomi spesifikasi yang tinggi jika dibandingkan dengan HP dari brand lainnya. Misal kamu beli HP dari Xiaomi di harga 1 juta, kamu akan mendapatkan spesifikasi dan performa HP yang lebih kencang dari HP brand lain. Dengan kata lain, HP Xiaomi relatif lebih murah harganya.

Sedangkan OPPO tentu banyak orang yang sudah tahu. Pemasarannya cukup gencar, kita bisa lihat iklannya hampir di mana saja. Sebenarnya produk HP OPPO juga tak kalah bagus, OPPO sering menyematkan fitur-fitur baru pada HP rilisannya. Seperti contoh pop-up selfie camera, yang waktu itu belum banyak HP menggunakan fitur ini.

Perbandingan HP Xiaomi dan OPPO

Bagaimanapun keduanya tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk menjawab pertanyaan Bagusan Xiaomi atau OPPO, kita akan membahas perbandingan secara umum di antara keduanya.

• Perbandingan Harga Xiaomi dan OPPO

Kalau dari segi harga, mungkin akan banyak yang setuju kalau dibilan HP Xiaomi lebih murah dari HP OPPO. Jika membandingkan produk HP di kelas yang sama, produk Xiaomi harganya relatif lebih murah dibandingkan produk OPPO.

Harga menjadi pertimbangan utama bagi kebanyakan orang. Tentu Xiaomi lebih unggul dibandingkan OPPO.

• Perbandingan Spesifikasi Xiaomi dan OPPO

Masih berkaitan dengan perbandingan harga. Jika kamu membandingkan HP Xiaomi dan OPPO di rentang harga yang sama, spesifikasi HP Xiaomi lebih unggul. Karena memang harganya lebih murah, kamu bakal mendapatkan spesifikasi yang lebih dari Xiaomi ketimbang OPPO dengan budget yang sama.

• Perbandingan UI Xiaomi dan OPPO

Xiaomi menggunakan UI MIUI untuk produk smartphone Androidnya. Sedangkan OPPO, menggunakan ColorOS. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri.

MIUI lebih fleksibel untuk kostumisasinya. Sistem operasi dari Xiaomi juga lebih mudah untuk "dioprek" bagi yang suka melakukan kostumisasi OS untuk memaksimalkan performa HP. Sayangnya, MIUI menampilkan iklan pada beberapa aplikasi bawaannya seperti pada Music, Mi Video, dan File Manager. Hal ini menjadi keluhan para pengguna yang sering pakai aplikasi tersebut.

Sedangkan ColorOS kesannya lebih simpel, bahkan tidak sedikit juga yang menyukainya karena sederhana. Kesederhanaan UI juga membuat performa dari HP OPPO lebih ringan.

Kalau dari segi UI sebenarnya masalah selera dan kebutuhan. Namun, adanya iklan pada MIUI membuat ColorOS milik OPPO lebih unggul.

• Perbandingan Service Center Xiaomi dan OPPO

Untuk segi pelayanan aftersales, sebenarnya keduanya baik. Hanya saja mungkin banyak berita dan postingan sosial media yang membahas mengenai Service Center Xiaomi. Hal ini dikarenakan isu yang beredar mengenai Xiaomi HP Gacha. Pengguna Xiaomi membantah mengenai isu ini, mereka membagikan pengalamannya tentang SC Xiaomi. Pihak SC Xiaomi memberikan pelayanan yang sangat baik, bahkan Xiaomi berani mengganti perangkat baru yang mengalami kerusakan selama masa garansi.

Sedangkan untuk Service Center dari OPPO belum banyak beritanya. Tapi justru itu, belum ada juga berita negatif mengenai pelayanan dari SC OPPO. Jadi mungkin kita bisa ambil kesimpulan bahwa SC OPPO juga memberikan pelayanan yang baik.

Jadi, Bagusan Xiaomi atau OPPO?

Dari penjelasan di atas, mungkin kita sudah bisa mengambil kesimpulan. HP Xiaomi memiliki keunggulan dari segi harga dan spesifikasi. Dan dalam hal ini, bisa kita kesepakati Xiaomi lebih bagus dari OPPO.

Akan tetapi, Xiaomi memiliki kekurangan pada UI atau sistem operasinya. Iklan yang muncul pada MIUI dianggap mengganggu. Ya, meskipun ada Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi. Tapi hal ini membuat kesan Xiaomi tidak cocok untuk pengguna yang ingin tinggal pakai HP tanpa melakukan kostumisasi. OPPO memiliki UI yang lebih baik karena tidak menampilkan iklan. ColorOS yang sederhana juga membuat performa HP lebih kencang. Jadi, dari segi UI mungkin bisa dibilang OPPO lebih bagus dari Xiaomi.

Pilih Xiaomi atau OPPO?

Masih bingung mau pilih HP Xiaomi atau OPPO? Saran kami, pilih HP yang memang kalian cocok. Sesuaikan harga dengan budget yang dimiliki. Lakukan perbandingan spesifikasi HP, pilih yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kalau cari murah dan spesifikasi tinggi, mungkin Xiaomi cocok buat kamu. Akan tetapi, kamu harus siap dengan iklan-iklan yang akan muncul dan mungkin bisa mengganggu. Tapi untuk masalah iklan ada solusinya, yakni dengan melakukan kostumisasi OS. Apalagi hal ini juga bisa membuat performa HP lebih maksimal.

Tapi kalau kamu mau HP yang memang siap pakai tanpa harus utak-atik sistem operasi, OPPO mungkin lebih cocok. Kalau mau spesifikasi yang setara atau lebih dari HP Xiaomi di kelasnya, kamu harus merogoh kocek sedikit lebih dalam.

close