Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apakah iPhone X Masih Layak Tahun 2022? Ini Jawabannya

 Apakah iPhone X Masih Layak di Tahun 2022 - iPhone menjadi HP idaman hampir setiap orang di Indonesia, terutama di kalangan anak muda. Meskipun banyak smartphone Android yang memiliki kualitas tak kalah bagus, tapi kebanyakan orang menganggap iPhone masih lebih baik.

Kelebihan dan fitur yang tidak ditemukan pada perangkat smartphone lain, menjadi Alasan Orang Kenapa Memilih iPhone. Karena kebutuhan, mereka tetap memilih iPhone walaupun harganya relatif mahal. Tapi ada juga yang hanya melihat iPhone sebagai barang mewah, sehingga mengidamkannya.

Yap, harga iPhone memang tidak murah. Tidak seperti brand HP Android yang merilis banyak varian HP dengan pilihan harga yang berbeda. Sehingga orang bisa memilih HP Android sesuai kebutuhan dan budget. Sedangkan Apple tidak banyak memberikan pilihan, hanya merilis 1 produk pada setiap generasinya.

Beli iPhone bekas atau second mungkin bisa jadi solusi untuk yang ingin pakai iPhone tapi budget minim. Tentu harga iPhone keluaran lama sudah turun, sehingga lebih terjangkau untuk kalangan tertentu. Beberapa iPhone seri lama seperti iPhone 7, iPhone 8, hingga iPhone X kini harganya jauh lebih terjangkau.

Masalahnya, apakah iPhone keluaran lama masih layak untuk dipakai di tahun 2022 ini? Karena banyak hal pada smartphone yang sudah mengalami pembaruan seperti sistem operasi, aplikasi, fitur, dan sebagainya.

Sebelumnya, JagoanGadget.com sudah membahas mengenai kelayakan iPhone bekas untuk dipakai. Kalian bisa baca di: 

Pembahasan tersebut ditulis beberapa tahun lalu, dan mungkin kedua seri iPhone lama itu juga sudah kurang nyaman untuk digunakan pada tahun 2022 ini.

Apakah iPhone X Layak di Tahun 2022?

Seperti yang kita ketahui, pada akhir 2021 lali Apple merilis produk terbarunya yakni iPhone 13. Bahkan rumornya, seri lebih baru yakni iPhone 14 akan rilis tahun ini. Peminat iPhone dengan budget minim tentu akan memilih seri iPhone sebelumnya.

iPhone 12 masih dibanderol dengan harga yang relatif tinggi. Untuk seri tertinggi yakni iPhone 12 Pro Max masih di harga 17 jutaan. Bahkan seri iPhone 12 mini masih di kisaran 7 jutaan. Tentu harga ini masih tinggi untuk kalangan menengah. Begitu juga dengan iPhone 11, di kisaran 7 hingga 8 jutaan yang masih tinggi untuk dijangkau kalangan menengah.

iPhone X (Ten) mungkin bisa menjadi alternatif bagi peminat iPhone yang ingin membeli iPhone dengan harga murah.

Nah, kali ini JagoanGadget.com akan membahas mengenai kelayakan dari iPhone X di tahun 2022. Mulai dari harga, performa, hingga fiturnya apakah memang iPhone X masih layak?

Apakah iPhone X Masih Layak di Tahun 2022

Daftar Harga iPhone X 2022

Berikut ini adalah kisaran harga dari iPhone X di awal tahun 2022. Mungkin kalian akan menemukan iPhone X dengan harga yang berbeda. Karena memang ada beberapa faktor sehingga ada perbedaan harga.

Pilhan warna juga berpengaruh pada harga iPhone, meskipun pada seri yang sama tapi harga bisa lebih tinggi dengan pilihan warna tertentu. Begitu juga faktor garansi, untuk iPhone garansi resmi biasanya lebih mahal dibandingkan dengan garansi distributor

  • iPhone X 64GB Rp. 4.600.000
  • iPhone X 256GB Rp. 5.300.000
  • iPhone XS 64GB Rp. 5.300.000
  • iPhone XS 256GB Rp. 6.000.000
  • iPhone XR 64GB  Rp. 5.100.000
  • iPhone XR 128GB Rp. 5.700.000
  • iPhone XR 256GB Rp. 6.500.000
  • iPhone XS MAX 64GB Rp. 6.100.000
  • iPhone XS MAX 256GB Rp. 7.100.000

Tentu harga iPhone X jauh lebih terjangkau dibandingkan iPhone 11 maupun 12. Untuk budget 7 juta, jika pilih iPhone 11 kamu hanya akan mendapatkan di varian terendah dengan kapasitas memory internal. Sedangkan pada iPhone X, dengan harga yang sama kamu sudah mendapatkan seri tertinggi yakni iPhone XS Max dengan kapasitas 256GB.

Performa iPhone X di Tahun 2022

Produk Apple akan mendapat dukungan pembaruan software atau sistem operasi hingga 5-6 tahun ke depan. Jadi, kalau iPhone X rilis pada tahun 2017 artinya perangkat ini bisa mendapatkan pembaruan hingga tahun 2023. Dari segi software iPhone X masih bisa dibilang layak di tahun 2022 ini.

Sedangkan untuk Spesifikasi iPhone XS Max sudah menggunakan processor Apple A12 Bionic (7 nm), didukung kapasitas RAM sebesar 4 GB. Spesifikasi ini masih sangat layak untuk sebuah perangkat iPhone.

Hanya saja, kalau pilih seri iPhone X kamu hanya akan mendapatkan kapasitas RAM yang lebih kecil yakni 3GB. Namun hal ini bukan masalah besar, karena memang untuk iPhone RAM 3GB sudah sangat cukup. Baca artikel "Kenapa RAM iPhone Kecil?" yang mungkin membantu.

Sayangnya, kapasitas baterai iPhone X masih tergolong sangat kecil untuk ukuran HP sekarang. Baterai berkapasitas 2.700 mAh akan terasa boros untuk penggunaan yang berat seperti main game. Bahkan, untuk pemakaian wajar (Sosial Media, Chatting, Browsing) mungkin iPhone X tidak akan bisa bertahan seharian penuh dengan kapasitas baterainya.

Fitur iPhone X

Untuk segi fitur, iPhone X masih sangat layak di tahun 2022 ini. Beberapa fitur seperti Face ID, Dual OIS, Truetone Display, Animoji, dan sebagainya bisa memudahkan kita sebagai pengguna. Begitu juga di seri yang lebih tinggi XS, hanya saja mungkin performanya lebih kencang karena pakai processor seri lebih tinggi dan RAM yang lebih besar.

Meskipun banyak fitur baru pada seri yang terbaru, akan tetapi fitur yang ada iPhone X sudah cukup untuk mendukung kebutuhan sehari-hari. Kalau tidak begitu butuh fitur pada iPhone seri terbaru, iPhone X masih terasa worth it kok di 2022.

Jadi, Apakah iPhone X Masih Worth It di 2022?

Secara keseluruhan, iPhone X bisa dibilang masih sangat layak atau Worth It untuk dibeli di tahun 2022. Dengan harga yang masih bisa dijangkau, kamu bisa menikmati berbagai fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh produk Apple ini.

iPhone X mungkin bakal mendapatkan pembaruan OS hingga 1 tahun ke depan. Tidak seperti seri sebelumnya, iPhone 7 dan 8, yang saat ini sudah tidak mendapat pembaruan lagi. Jadi, kamu masih akan bisa menikmati pembaruan yang akan datang dengan iPhone X ini.

Kalau dari spesifikasi dan performa, iPhone X masih sangat layak.untuk dipakai di 2022 ini. Dengan spesifikasi yang ada, iPhone X bakal mampu memberikan performa yang baik alias tidak lemot. Meskipun nantinya ada pembaruan atau update OS.

Akan tetapi, baterai mungkin akan menjadi kendala bagi sebagian orang. Untuk pengguna dengan kebutuhan gaming atau penggunaan HP yang berat, kapasitas baterai iPhone X akan terasa sangat kecil. Tapi hal ini bisa diakali dengan penggunaan aksesoris tambahan seperti powerbank.

Jadi, bagaimana menurut kalian Sob? Apakah iPhone X masih layak di Tahun 2022 ini?

close