Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apakah HP Xiaomi Gampang Rusak? Ini Penjelasannya

 Apakah HP Xiaomi Gampang Rusak - Harga menjadi pertimbangan utama bagi kebanyakan orang dalam memilih produk yang ingin dibeli, termasuk HP. HP dengan harga yang murah tentu akan memiliki banyak peminat dipasaran ketimbang yang mahal.

Akan tetapi, kualitas juga menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Seperti kebanyakan orang pada umumnya, cari barang pasti minta yang murah namun tetap berkualitas. Begitu juga dengan HP, selain cari harga yang murah kita juga harus cari yang bagus dan berkualitas agar nyaman dan awet dipakai.

Kita semua mungkin sepakat, Xiaomi merupakan salah satu brand HP dengan banderol yang murah. Meskipun begitu, Xiaomi memiliki spesifikasi yang tak kalah dengan HP dari brand lainnya. Bahkan, HP-HP Xiaomi harganya relatif lebih murah dari HP brand lain meskipun dengan spesifikasi yang Sama.

Apakah HP Xiaomi Gampang Rusak?

Akan tetapi, banyak isu yang beredar bawa Xiaomi adalah HP Gacha. Untuk yang belum tahu bisa baca lebih lengkapnya di artikel "Apa sih Maksudnya Xiaomi HP Gacha?".

Pada intinya, banyak yang beranggapan bahwa Xiaomi memiliki Quality Control yang buruk. Sehingga banyak pengguna yang mengalami kendala pada HP Xiaomi padahal baru saja membelinya.

Hal ini memang sering terjadi pada produk elektronik (bukan hanya Xiaomi), karena itu produsen ataupun distributor memberika garansi sebagai jaminan.

Namun, tidak dipungkiri bahwa memang banyak pengguna Xiaomi yang mengalami kendala pada perangkat yang baru dibelinya. Karena itulah banyak yang beranggapan bahwa HP Xiaomi lebih gampang rusak. Apakah benar?

Pada artikel kali ini, JagoanGadget.com akan mengajak Sobat sekalian membahas mengenai anggapan orang-orang bahwa HP Xiaomi gampang rusak.

Apakah HP Xiaomi Gampang Rusak

Alasan Orang Kenapa HP Xiaomi Cepat Rusak

Banyak orang yang memiliki asumsi bahwa HP Xiaomi gampang rusak. Tentu mereka juga memiliki alasan tersendiri sehingga bisa menyimpulkan seperti itu. Akan tetapi, sebenarnya ada penjelasan mengenai alasan mereka kenapa menganggap HP Xiaomi gampang rusak.

1. Xiaomi HP China

Mungkin di tahun 2000an era di mana smartphone belum populer dan digunakan banyak orang, HP produksi Cina terkesan dan memang cepat rusak. Harganya yang sangat murah mungkin menjadi alasan build quality atau kualitasnya buruk sehingga mudah rusak.

Akan tetapi, di era smartphone seperti saat ini, banyak produk smartphone dari Cina yang memiliki kualitas yang sangat baik. Di Indonesia brand Smartphone dari Cina seperti OPPO, Vivo, dan Xiaomi juga mampu bersaing, bahkan penjualannya mampu mengalahkan brand ternama seperti Samsung dan lainnya.

Dan perlu diketahui juga, produk smartphone dari Huawei menjadi yang paling diminati dan banyak diminati di beberapa negara maju seperti amerika, jepang, dan lainnya. Produk Cina ini mampu bersaing dengan Apple yang di Indonesia sendiri menjadi smartphone idaman.

Jadi, HP Xiaomi adalah produk Cina tidak bisa menjadikan alasan kalau HP Xiaomi gampang rusak.

2. Xiaomi HP Murah

Sebenarnya, harga juga tidak bisa menjadi alasan sebuah produk gampang rusak. Akan tetapi, untuk memangkas biaya produksi memang produsen harus mengurangi kualitas dari barang produksinya.

Misal, Xiaomi mungkin menggunakan material biasa untuk body dari produk HPnya. Hal ini bisa menyebabkan HP lebih cepat panas, sehingga banyak yang beranggapan bahwa HP Xiaomi gampang rusak. Pada kebanyakan produk HP Xiaomi memang lebih fokus kepada performa HP, jadi Xiaomi fokus untuk menghasilkan produk HP dengan spesifikasi yang tinggi.

Tapi, pihak produsen pun tentu tidak sembarangan memangkas biaya produksi. Mereka tentu sudah memperhitungkan pemangkasan biaya produksi sehingga tidak begitu mempengaruhi kualitas dan ketahanan produknya.

Pihak Xiaomi dan distributor pun berani memberikan garansi pada produk-produknya. Hal ini menunjukan produk Xiaomi memang sudah dijamin untuk kualitas dan ketahanannya.

Kebanyakan orang memang menganggap HP Xiaomi gampang rusak karena 2 alasan di atas. Akan tetapi, banyaknya brand Cina yang berkualitas yang disertai garansi membuat alasan tersebut tidak begitu kuat untuk membuktikan bahwa HP Xiaomi cepat rusak.

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa HP Xiaomi juga bisa mengalami kerusakan. Bahkan ada beberapa pengguna Xiaomi yang mengalami kerusakan padahal HP baru saja dibeli.

Kerusakan pada HP Xiaomi dan Penyebabnya

Namanya juga barang elektronik, pasti akan mengalami kerusakan. Entah itu karena kesalahan pengguna (human error) ataupun faktor usia. Namun, ada beberapa kerusakan yang kerap terjadi pada HP Xiaomi yang baru dibeli pengguna. Di antaranya:

• Mati total alias Matot

Kerusakan yang sering dialami pengguna HP Xiaomi adalah HP tiba-tiba mati total. Perangkat sama sekali tidak bisa dinyalakan, bahkan juga tidak bisa dicas. Hal ini terjadi pada HP Xiaomi baru ataupun yang sudah lama.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab HP Xiaomi mati total. Beberapa isu beredar mengenai penyebab HP Xiaomi matot, salah satunya HP matot setelah update atau pembaruan sistem. Apakah benar HP Xiaomi bisa matot setelah diupdate?

Bisa jadi, hal tersebut bisa terjadi karena faktor usia dari HP. Biasanya kerusakan terjadi pada komponen eMMC yang menjadi media penyimpanan. Karena instalasi sistem dilakukan pada komponen yang sudah lemah sehingga menyebabkan HP mati total. 

"Padahal HP masih baru kok? Tapi setelah update langsung mati total." Kalau perangkat baru, sudah pasti tidak mungkin faktor usia menjadi penyebab mati totalnya HP. Kemungkinan yang menjadi penyebab adalah bug karena menginstal aplikasi ataupun melakukan kostumisasi pada sistem HP. Sehingga saat proses instalasi sistem terbaru terjadi kesalahan dan menyebabkan HP mati total.

Tidak pernah instal aplikasi aneh-aneh atau oprek "daleman" HP? Tidak menutup kemungkinan kerusakan juga dikarenakan kesalahan produksi (cacat pabrik). Nah, ini yang menyebabkan HP Xiaomi disebut dengan HP Gacha. Tapi, kalau memang terjadi kerusakan yang bukan dikarenakan kesalahan pengguna, ada garansi yang bisa cover semua kerusakan. Tinggal bawa ke Service Center, maka HP akan diperbaiki tanpa biaya. Bahkan jika perlu perangkat akan diganti unit baru loh.

• Layar Burn in, Dent, atau Muncul Garis

Ada juga yang mengalami kerusakan pada HP Xiaomi pada sektor layar. Kendala yang terjadi biasanya adalah layar burn in, kondisi di mana layar mengalami perubahan warna. Ada juga yang muncul dent atau bercak dan juga garis pada layar.

Kerusakan yang terjadi pada layar kebanyakan disebabkan oleh faktor penggunaan yang artinya kesalahan pada pengguna sendiri. HP jatuh, ketindihan, atau dimasukkan pada tempat yang terlalu sempit (kantong) bisa menjadi penyebab kerusakan pada layar HP. Bisa juga dikarenakan pengaturan cahaya/terang layar yang terlalu berlebihan pada terik matahari sehingga kinerja layar berat dan mengalami kerusakan.

Tapi ada juga beberapa pengguna yang mengaku tidak melakukan kesalahan pada penggunaan HP tapi masih mengalami kerusakan. Hal ini bisa saja disebabkan karena cacat pabrik. Nah, kalau seperti ini pengguna bisa mengklaim garansi dan bisa memperbaiki HP secara gratis bahkan bisa juga diganti dengan HP baru.

• Sinyal Wifi HP Xiaomi Lemah

Ada juga yang mengalami sinyal Wifi HP Xiaomi menjadi lemah. Koneksi Wifi sering terputus, padahal jarak perangkat HP dengan modem tidak terlalu jauh. Tentu ini bukan hal yang normal pada sebuah perangkat smartphone.

Seperti yang pernah kita bahas pada artikel "Sinyal Wifi Xiaomi Lemah", menurut pengalaman salah satu Sobat Gadget memang benar lemahnya sinyal Wifi dialami pada HP Xiaomi. Akan tetapi, ada hal yang menyebabkan kendala ini terjadi yaitu penggunaan yang tidak tepat pada HP. Nah, kalau memang faktor penggunaan HP yang terlalu berlebihan, maka tidak bisa kita simpulkan bahwa HP Xiaomi Gampang Rusak alias Xiaomi HP Gacha.

Jadi, Apakah Benar HP Xiaomi Gampang Rusak?

Dari penjelasan di atas, bisa kita sepakati bahwa HP Xiaomi memang bisa mengalami kerusakan. Apalagi ada juga pengguna yang sudah mengalami kerusakan pada perangkat HP Xiaomi padahal baru saja membelinya.

Pertama, yang perlu kita ketahui adalah semua barang elektronik sudah tentu bisa mengalami kerusakan. Kebanyakan kerusakan disebabkan karena penggunaan yang tidak tepat, begitu juga pada HP Xiaomi. Apalagi Xiaomi merupakan salah satu brand yang menawarkan performa HP tinggi dengan harga yang murah. Jadi tentu ada beberapa hal yang dipangkas untuk membuat harganya jadi lebih murah. Karena itu, kita juga perlu memaklumi bahwa ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk penggunaan HP Xiaomi.

Baca juga: "Cara Merawat HP yang Baik dan Benar agar Awet"

Semua produk juga tidak luput dari kesalahan produksi atau cacat pabrik. Karena itu, produsen biasanya memberikan garansi sebagai jaminan sehingga konsumen bisa klaim garansi jika terjadi kerusakan pada produk yang disebabkan oleh kesalahan produksi. Begitu juga dengan Xiaomi, meskipun banyak yang bilang Xiaomi HP Gacha, namun Xiaomi tetap memberikan garansi sebagai jaminan kualitas produknya.

Jadi, kalau ditanya apakah HP Xiaomi gampang rusak? Semua produk elektronik bisa mengalami kerusakan. Semua tergantung penggunaan dan perawatan dari pengguna terhadap produk itu sendiri. Pihak Xiaomi juga berani memberikan garansi pada semua produk HP nya. Jadi, meskipun banyak isu bahwa Xiaomi HP Gacha, Xiaomi tetap berani memberikan jaminan terhadap kualitas produknya.

close