Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Buat Feed Instagram Nyambung pakai Canva

 Cara Membuat Feed Instagram nyambung dengan Canva - Memulai bisnis tidak sesulit dulu, sebelum internet menjadi hal yang lumrah dan kecanggihan teknologi yang belum berkembang seperti sekarang.

Sekarang, kalau mau mulai usaha atau bisnis tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Dengan pemasaran online, kamu tidak memerlukan pengeluaran untuk sewa tempat dan semacamnya. Kamu tinggal buat akun sosial media dan memasarkan produk/jasa yang kamu tawarkan.

Yap, tinggal buat akun sosial media saja seperti Instagram misalnya. Dengan membagikan postingan berkaitan dengan bisnis kamu, maka kamu bisa memasarkan bisnis kepada pengikut akun IG kamu. Kalau mau menjangkau orang lebih banyak, kamu bisa menggunakan iklan berbayar yang biayanya tentu jauh lebih murah dibandingkan harus sewa tempat usaha.

Membuat Instagram Nyambung dengan Canva

Ngomong-ngomong soal postingan IG, tentu kamu harus membuat sebuah gambar/video yang menarik apalagi kalau tujuannya untuk pemasaran. Tentunya untuk membuat konten yang menarik dibutuhkan skill editing yang mumpuni.

Kalau kamu kurang mengusai editing gambar, tenang dan tidak perlu bimbang. Kamu bisa menggunakan Canva untuk membuat konten IG kamu dengan mudah.

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva

Apa itu Canva?

Canva adalah sebuah platfrom editing desain grafis, layanan ini tersedia pada situs web dan aplikasi. Dengan Canva kamu bisa membuat berbagai konten grafis seperti poster, banner, dan lainnya dengan mudah.

Kenapa mudah? Karena, di Canva sudah tersedia berbagai macam template menarik yang bisa kamu pakai untuk membuat konten. Tinggal pilih, edit penempatan, dan tulis isi dari konten saja. Jadi tidak perlu skill editing expert untuk membuat poster keren kekinian untuk bisnis kamu.

Cara Membuat Instagram Nyambung dengan Canva

Dan untuk lebih memudahkan kamu memasarkan bisnis lewat IG, kamu bisa menyambungkan Instagram kamu dengan aplikasi Canva. Jadi, setelah bikin konten di Canva bisa langsung dibagikan di feed Instagram, Instastory, ataupun Reels IG.

Salah satu konten yang sering kamu lihat pada akun bisnis Instagram adalah feed Instagram nyambung. Yakni 1 konten gambar yang dibagi pada beberapa postingan. Jadi seperti puzzel, beberapa foto yang diunggah bisa menjadi 1 gambar. Orang-orang biasanya menyebut konten semacam ini sebagai feed Instagram Nyambung.

Untuk membuat feed Instagram nyambung dengan Canva sebenarnya tidak begitu sulit, hanya perlu melakukan beberapa langkah. Tapi kalau tidak tahu caranya, ya jadi sulit. Karena itu, simak penjelasan berikut sampai habis ya, Sob. Berikut adalah Cara Membuat Instagram Nyambung dengan Canva mulai dari awal.

1. Buat Akun Canva

Bagi yang belum punya, yang pertama harus kamu lakukan dengan membuat akun Canva, bisa melalui situsnya di canva.com ataupun dari aplikasinya. Seperti membuat akun pada umumnya, kamu tinggal memasukkan data-data mulai dari email hingga membuat password untuk log in.

Canva ini bisa kamu gunakan secara gratis, yang penting kamu sudah punya akunnya. Sayangnya, untuk versi gratis kamu akan terbatas pada beberapa fitur termasuk pilihan template dan item.

Untuk mendapatkan fitur penuh, kamu bisa berlangganan Canva. Biayanya beragam, tergantung jumlah anggota bisnis (yang bisa akses Canva premium). Paling minim, dengan anggota 1-5 orang kamu bisa berlangganan Canva Rp. 95.000 per bulan atau akan lebih murah jika 1 tahun yakni Rp. 769.000.

Tentu biaya ini relatif sangat murah dengan kemudahan yang ditawarkan Canva untuk kemudahan desain grafis. Apalagi kalau bisnis kamu bakal butuh banyak pemasaran menggunakan konten visual (poster, banner, dan lainnya), tentu tidak akan rugi mengeluarkan uang untuk berlangganan Canva.

Dengan Canva Premium kamu akan mendapatkan lebih banyak pilihan template dan fitur lengkap untuk membuat konten grafis yang menarik dan original.

2. Buat Layer Baru (Kanvas)

Setelah punya akun (baik versi gratis maupun premium), buat layer dengan ukuran sesuai kebutuhan kamu.

Untuk konten feed Instagram, ukurannya adalah 1080x1080 piksel. Jadi kamu bisa buat layer dasar dengan lebar 3240 piksel dan tinggi yang bisa kamu sesuaikan (samakan jika ingin konten berbentuk persegi).

Setelah itu, kamu bisa masuk menu edit gambar. Beberapa template dan item bisa kamu temukan di menu "Elements". Untuk membuat feed Instagram nyambung dengan Canva, pertama kamu pilih "Grids" yang kamu inginkan. Contohnya, kamu ingin foto dibagi menjadi 9 buah (3x3) atau banyak pilihan lainnya, bisa cek gambar di bawah.

2. Buat Garis Pembatas

Cara membuat feed Instagram nyambung dengan Canva berikutnya adalah kamu buat garis-garis pembatas untuk membagi gambar. Caranya:

  • Pilih tab "Elements"
  • Kemudian pilih "line"
  • Buat garis dengan mengikuti "Grids" yang tadi kamu pilih
  • Kemudian, hapus "Grids" tadi

3. Buat Konten Feed Instagram Nyambung

Setelah layernya sudah siap, kamu bisa unggah gambar ataupun membuat konten baru dengan Canva. Kalau gambarnya sudah ada dan sudah siap, tinggal unggah saja pada layer tadi. Kalau kamu ingin menciptakan konten baru, mulai buat konten dengan ukuran sesuai layer.

Nah, di sini kamu juga bisa memanfaatkan item yang ada pada Canva untuk memperindah gambar. Kalau kamu pakai Canva Premium, maka pilihannya akan banyak.

Kalau konten sudah siap "dipotong-potong", posisikan konten tepat dengan garis yang sudah dibuat tadi. Sehingga konten akan bisa terpotong dengan rapi dan jadi feed Instagram nyambung yang bagus.

Setelah selesai, unduh gambar ke perangkat HP atau PC kamu.

4. Proses Pemotongan Gambar

Untuk menjadikan konten ini menjadi feed Instagram nyambung, kamu perlu memotong-motong gambar sesuai dengan garis yang sudah dibuat tadi dengan bantuan tools. Kamu bisa pakai situs Pine Tools. Caranya:

  • Buka website Pine Tool
  • Pilih "Image"
  • Kemudian, pilih "Split Image"
  • Unggah konten gambar yang sudah kita buat dengan Canva tadi
  • Pilih "Option", kemudian "Both Grid"
  • Tentukan berapa jumlah potongan gambar, bisa disesuaikan vertikal dan horizontal
  • Tunggu prosesnya selesai
  • Setelah itu, kamu unduh gambar-gambar yang sudah terpotong

5. Unggah Feed Instagram Nyambung

Langkah terakhir adalah dengan mengunggah satu per satu bagian feed Instagram yang sudah kamu buat dengan Canva tadi. Jangan lupa, unggah sesuai urutannya dari yang paling bawah sebelah kanan lanjut ke kiri, begitu juga yang atas.

Jika sudah terunggah semua, buka profil IG kamu dan kamu akan melihat feed Instagram nyambung.

Akhir Kata

Mudah bukan Sobat untuk Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva. Feed semacam ini memang sering digunakan para pelaku bisnis di Instagram. Tujuannya adalah untuk mempermudah orang melihat isi feed tanpa harus membukanya satu-satu.

Misal, kamu ingin membuat poster promosi bisnis. Kalau diunggah ke feed, pasti ukurannya kecil saat orang melihat profil kamu. Nah, kalau pakai Feed Instagram Nyambung, poster akan dibagi menjadi beberapa feed dan akan mudah terlihat oleh orang di profil kamu.

close