Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Langkah Awal Jualan Online yang Perlu Kamu Ketahui

 Langkah Awal Jualan Online - Di zaman seperti sekarang ini, jualan online menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan penjualan pada sebuah usaha. Dengan kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan, tidak sedikit konsumen kini lebih memilih beli barang secara online.

Sebagai pelaku usaha atau bisnis, kamu wajib mengikuti perkembangan zaman untuk bisa tetap bersaing di dunia bisnis itu sendiri. Karena itu, kamu harus mulai menjual atau memasarkan produk mau secara online.

Langkah Awal Jualan Online untuk Pemula

Belum pengalaman dalam dunia jualan online? Bingung bagaimana cara memulai jualan online? Kali ini, JagoanGadget.com akan membagikan tips untuk langkah awal jualan online yang bisa kamu terapkan dalam memulai jualan online.

Disini kita anggap kamu sudah memiliki usaha/bisnis sebelumnya ya, Sob. Dalam artian, kamu sudah punya produk yang dijual dan ingin memasarkannya secara online. Jadi bukan memulai bisnis dari nol, yang masih bingung mau jualan apa.

Langkah Awal Jualan Online

1. Siapkan Gadget untuk Jualan Online

Langkah pertama, kamu harus menyiapkan gadget alias perangkat yang bisa mendukung aktivitas jualan online. Selain gadget, siapkan jual hal pendukung lainnya. Seperti: 

  • Smartphone
  • Komputer/Laptop
  • Kamera
  • Akses Internet

Yang paling wajib di antara keempat hal di atas adalah Smartphone dan Akses internet. Untuk berjualan online, kamu membutuhkan smartphone untuk mengatur produk, komunikasi dengan konsumen, dan hal lainnya. Tentu untuk melakukan hal tersebut kamu juga butuh akses internet. Untuk akses internet bisa pakai Wifi ataupun Mobile Data, lebih nyaman sih pakai Wifi ya, Sob.

Nah, sedangkan lainnya akan lebih baik kalau kamu punya. Seperti komputer atau laptop misalnya, dengan perangkat ini kamu bisa melakukan beberapa hal lebih baik ketimbang dengan HP saja. Misal seperti editing foto produk, unggah produk, dan lainnya.

Kalau kamera untuk kebutuhan mengambil foto produk. Ini opsional sih, kalau kamu butuh gambar produk untuk kebutuhan pemasaran online lebih bagus kalau pakai kamera. Tapi kalaupun tidak ada juga tidak masalah kok, kamu bisa pakai kamera HP saja yang sekarang juga sudah cukup bagus.

2. Tentukan Platform untuk Jualan Online

Setelah gadget atau perangkat yang kita butuhkan sudah siap, sekarang tentukan di mana kamu akan memasarkan produk jualan online kamu. Banyak sekali "tempat" yang bisa kita gunakan untuk jualan online, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Untuk platform jualan online mungkin bisa kita bagi ke dalam 3 kategori. Yakni: 

• Website atau Toko Online Sendiri

Yang pertama, kamu bisa menggunakan platform sendiri. Yakni dengan membuat website sendiri untuk jualan online. Mungkin bisa kita sebut dengan Toko Online.

Nggak mau bayar mahal untuk bikin website? Kamu bisa kok membuat website untuk toko online secara gratis. Misal dengan Blogger, kamu bisa membuat website tanpa harus membeli hosting dan sebagainya. Untuk cara buat website dengan blogger cukup mudah kok, banyak tutorial di Internet. Atau mungkin nanti kita bahas di artikel selanjutnya ya.

Sayangnya, fitur dari blogger sangat terbatas untuk sebuah toko online. Ya, namanya juga gratisan kan. Kalau kamu mau website terlihat lebih profesional, bisa pakai wordpress yang kostumisasinya cukup mudah. Kamu tinggal sewa hosting dan domain saja.

Atau nggak mau ribet, bisa pakai jasa pembuatan website untuk toko online. Sekarang banyak kok jasa yang menawarkan harga bersaing dan sangat terjangkau.

• E-Commerce dan Marketplace

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan platform e-commerce atau marketplace untuk jualan online. Banyak sekali situs e-commerce yang bisa kamu gunakan untuk jualan online secara gratis, yaitu:

  • Shopee
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Lazada

Dan masih banyak lagi e-commerce dan marketplace lainnya.

Yang pertama kamu harus lakukan untuk berjualan online di e-commerce adalah dengan membuat akun. Kamu bisa pakai aplikasi ataupun langsung dari situsnya. Tidak hanya sekedar daftar akun saja, kamu juga harus melengkapi semua data yang diminta agar bisa menggunakan semua fitur yang tersedia.

Setelah akun jadi, kamu bisa mengatus Toko Online di situs e-commerce tersebut. Mulai dari memberi nama toko, upload logo, dan mengunggah produk jualan kamu.

Perlu kamu ketahui, setiap situs memiliki kebijakan yang berbeda. Contohnya pada Shopee, kalau produk jualan kamu berupa barang digital kamu harus mengajukan fitur "gratis ongkir". Barang digital seperti software, aplikasi, atau jasa yang tidak membutuhkan pengiriman dengan ekspedisi.

Jadi jangan lupa untuk membaca dan mempelajari terlebih dahulu peraturan dan kebijakan dari setiap e-commecer.

• Jualan Online di Sosial Media

Kebanyakan dari kalian tentu punya akun sosial media kan? Mungkin Facebook, Instagram, atau bahkan TikTok. Nah, kamu bisa menggunakan akun sosial media kamu sebagai tempat jualan online.

Tinggal posting saja barang dagangan kamu, kalau ada teman minta mereka untuk membagikannya supaya menjangkau lebih banyak orang.

Di beberapa media sosial  juga menyediakan fitur untuk bisa membantu jualan online kamu. Misal di Facebook kamu bisa membuat sebuah halaman atau grup sendiri.

3. Unggah Produk Jualan Online

Setelah semuanya sudah siap, kamu bisa langsung mengunggah produk-produk yang ingin kamu jual untuk mulai berjualan online. Tidak hanya sekedar upload saja ya, ada beberapa hal juga yang perlu di perhatikan.

• Pakai Nama yang Menarik

Saat mengupload produk baik di e-commerce atau platform sendiri, jangan lupa untuk membuat nama yang menarik. Misal dengan tambahan kata "Termurah", "Paling Murah", "Berkualitas", dan sebagainya sehingga orang tertarik.

• Gunakan Gambar yang Jelas dan Menarik

Kamu juga harus memperhatikan gambar produk yang kamu upload. Selain harus jelas dan bagus, kamu juga bisa menambahkan poin-poin deskripsi pada gambar produk. Sehingga orang bisa mendapatkan sekilas informasi produk hanya dari gambar saja.

• Buat Deskripsi Sejelas Mungkin

Kalau deskripsi barang jelas dan lengkap, bisa membuat orang lebih memahami atau mungkin berminat dengan produk kamu. Selain itu, hal ini juga bisa mengurangi munculnya pertanyaan dari peminat sehingga kamu tidak perlu repot menjawab pertanyaan yang sudah jelas.

• Selalu Update Produk

Jangan lupa juga untuk selalu update untuk ketersediaan produk. Tidak hanya harus segera upload produk baru, tapi kamu juga harus menghapus produk yang sudah habis atau tidak tersedia. Hal ini agar membuat peminat bisa mengetahui tentang ketersediaan produk secara uptodate.

4. Respon Baik setiap Konsumen

Kamu juga harus merespon setiap pelanggan yang menghubungi. Ini bisa memberikan kesan baik kepada pelanggan. Entah itu sekedar bertanya tentang produk saja, kamu harus tetap meresponnya dengan baik.

Apalagi untuk sebuah toko online baru, kamu harus membangun reputasi yang baik.Dengan respon yang baik, kemungkinan besar konsumen akan berlangganan pada kamu karena puas dengan pelayanan yang kamu berikan.

5. Manfaatkan Iklan dan Fitur Berbayar

Untuk mendongkrak usaha/bisnis jualan online baru kamu, kamu bisa menggunakan jasa iklan berbayar ataupun fitur-fitur lainnya.

Kalau mau beriklan, kamu bisa gunakan Google Adwords untuk beriklan di pencarian Google. Di media sosial juga ada Facebook Ads yang iklannya juga akan tampil di Instagram. Baru-baru ini TikTok juga menyediakan layanan iklan bernama TikTok Ads, bisa kamu pakai kalau mau beriklan di TikTok.

Di e-commerce juga banyak penawaran fitur berbayar bagi para seller. Fitur ini memungkinkan produk kamu berada di pencarian teratas sehingga lebih mudah ditemukan orang. Beberapa platform juga mengajak para seller dalam event promosi, yang mana dalam event ini kamu bisa memberikan promo-promo menarik kepada pelanggan.

6. Daftar Google Bisnisku

Kalau kamu punya toko fisik alias offline, kamu juga bisa mendaftarkan usaha kamu di Google Bisnisku. Ini akan membuat usaha kamu terlihat di pencarian Google Map. Jadi, misal ada orang di sekitar yang cari produk sesuai yang kamu jual, bisa menemukan kamu dengan mudah.

Untuk lebih detailnya bisa cek di Cara Daftar Google Bisnisku.

Akhir Kata

Nah, itu dia ya Sobat 5 hal yang bisa menjadi Langkah Awal Jualan Online untuk pemula. Jadi, untuk kamu yang ingin memulai jualan atau usaha online, kamu bisa ikuti langkah-langkah di atas.

Artikel berikut mungkin juga bisa membantu kamu dalam memulai Bisnis Online:



close