Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Memulai Bisnis dan Usaha Online

Tips Sukses Memulai Bisnis Online

 Saat ini, kita sudah memasuki era digital. Dimana kehidupan kita sudah sangat erat dengan teknologi digital dan internet. Mau komunikasi pakai internet, cari informasi di internet, bahkan sekarang orang lebih memilih metode online untuk transaksi karena memang lebih efisien dan efektif.

Oleh karena itu, dunia online menjadi sebuah ladang potensial bagi pengusaha untuk mengembangkan usahanya atau mungkin untuk memulai sebuah usaha baru.

Memulai Bisnis dan Usaha Online

Tidak sedikit pengusaha mulai memanfaatkan teknologi internet dalam menjalankan bisnisnya. Mereka lebih memilih melakukan pemasaran melalui media online, karena memang sekarang lebih banyak orang yang mencari informasi melalui media online. Tidak hanya itu, transaksi secara online pun dipilih karena memang konsumen akan merasa dimudahkan.

Nah, jadi untuk Sobat yang memiliki bisnis atau usaha sangat disarankan untuk mengembankan usahanya dengan media online. Baru ingin memulai sebuah usaha? Disarankan juga untuk memulai secara online. Karena selain menjanjikan, bisa meminimalisir kebutuhan modal dengan memulai usaha secara online.

Tips Sukses Bisnis dan Usaha Online

Takut gagal? Tenang, berikut JagoanGadget.com akan membagikan beberapa kiat-kiat dan tips memulai usaha dan bisnis online agar bisa sukses.

1. Tentukan Bisnis yang Tepat (Produk/Jasa)

Yang pertama harus dilakukan untuk memulai bisnis online adalah memilih bisnis atau usaha apa yang ingin dijalankan.

Hal yang paling penting adalah kita harus memilih sebuah usaha dengan jumlah permintaan yang tinggi. Semakin tinggi jumlah permintaan pada sebuah produk/jasa yang kita tawarkan, maka akan semakin tinggi pula peluang kita bisa sukses menjalankan bisnis tersebut.

Akan lebih baik jika memilih usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian kita, dengan begitu kita akan lebih menguasai produk atau jasa yang akan ditawarkan.

2. Riset Pasar

Untuk membantu kita memilih bisnis atau usaha apa yang tepat, kita bisa melakukan riset pasar. Mencari tahu apa yang sedang trend atau dicari/dibutuhkan banyak orang.

Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk melakukan riset pasar. Bisa dari aplikasi e-commerce, melihat produk terlaris. Bisa juga menggunakan fitur Google Trends.

3. Bangun Brand yang Kuat

Banyak orang yang tidak memperhatikan pemilihan nama bisnis atau usaha yang dimulainya. Sehingga mereka kesulitan membangun brand yang kuat saat usaha sudah mulai berjalan.

Untuk membangun brand yang kuat, kita bisa mulai mencari nama yang tepat untuk bisnis atau usaha yang akan kita jalankan. Sangat disarankan, untuk menggunakan nama yang memiliki relevansi yang kuat dengan produk/jasa yang kita tawarkan. Kemudian, nama yang mudah diingat bisa membantu kita menjadikan brand lebih kuat.

Logo juga tidak kalah penting loh. Selain nama, logo juga harus memiliki keterkaitan dengan produk dan jasa yang kita tawarkan. Tidak jago gambar dan mendesain? Tenang, banyak kok Jasa Design Logo yang bisa kita gunakan untuk membuat desain logo bisnis yang bagus. Logo ini juga sangat berguna untuk pemasaran online.

4. Produk yang Berkualias

Ini adalah kunci untuk mendapatkan kesuksesan dalam sebuah bisnis atau usaha. Kita menjaga kualitas produk yang kita tawarkan. Tidak hanya kualitas produknya saja, Desain Kemasan juga bisa menjadi hal yang sangat membantu, terutama untuk usaha yang baru dimulai. Dengan kemasan yang menarik, bisa menambah minat konsumen untuk membeli produk kita.

Tak terkecuali untuk usaha jasa, kita harus menjaga kualitas jasa kita. Seperti memberikan jaminan dan garansi dari hasil jasa yang kita tawarkan.

5. Strategi Pemasaran Online

Jika semua hal di atas sudah terpenuhi, langkah terakhir adalah kita tinggal melakukan pemasaran online. Yang paling sederhana dan tanpa modal, kita bisa memasarkan melalui media sosial. Membuat akun khusus untuk bisnis kita menggunakan logo yang sudah kita buat tadi.

Akan lebih baik jika kita membuat dan menggunakan strategi pemasaran secara online. Misalnya kita memiliki usaha fashion, Instagram mungkin bisa menjadi sosial media yang paling baik untuk memasarkan usaha kita. Karena IG memiliki kelebihan di sektor visual, bisa menampilkan gambar lebih baik dibandingkan sosial media lainnya. Sehingga kita bisa memasarkan produk fashion kita dengan gambar secara maksimal di IG.

Sosial media lainnya juga memiliki kelebihan tersendiri untuk pemasaran online. Facebook misalnya, ada banyak sekali grup yang dimana anggotanya memiliki minat khusus. Sehingga kita bisa memiliki target yang tepat untuk memasarkan produk kita.

Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan fitur iklan berbayar untuk melakukan pemasaran lebih mudah. Selain di sosial media, kita juga bisa menggunakan platform lain. Pada Google misalnya, dengan menggunakan layanan Google Ads.

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia ya Sobat kiat dan tips sukses memulai bisnis online. Selain dari tips yang sudah dibahas, kunci utama dari kesuksesan adalah konsisten dalam menjalankan bisnis. Kita harus selalu menjaga produk dan pelayanan untuk kepuasan pelanggan.