Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Metaverse Facebook Sudah Diterapkan di Kehidupan Kita

Metaverse University

 Sering dengar "Metaverse"? Belakangan ini, Metaverse memang menjadi trending di beberapa sosial media khususnya Facebook. Bagaimana tidak? Facebook yang menjadi salah satu sosial media terpopuler memutuskan untuk berganti nama menjadi Meta Platforms Inc.

Metaverse, Konsep Inovatif Facebook

Secara bahasa, Metaverse terdiri dari 2 kata. Yakni "Meta" yang memiliki arti "Melampaui", dan "Verse" yang berarti "Alam Semesta". Jadi, Metaverse bisa diartikan sebagai alam semesta yang dapat melampaui berbagai hal yang ada (sekarang).

Sebenarnya Metaverse sendiri merupakan sebuah konsep ruang virtual yang saling terhubung satu sama lain. Pada konsep ini, pengguna bisa menciptakan ruang virtual hingga menjelajah ke ruang virtual pengguna lain tanpa perlu berada di ruang fisik yang sama.

Mark Zuckerberg, selaku CEO Facebook menyebutkan bahwa inovasi Metaverse yang ia rancang merupakan sebuah langkah untuk membawa kita melangkah menuju kecanggihan teknologi masa depan.

Dengan Metaverse, Zuckerberg berharap pengguna bisa melakukan semua aktivitas melalui ruang virtual. Mulai dari bersosialisasi, bermain, hingga melakukan aktivitas kerja. Dengan konsep ini, segala aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan lebih efisien dan efektif. Bahkan dengan adanya Metaverse, jarak bukan menjadi sebuah masalah.

Konsep Metavers Sudah Mulai Diterapkan di Kehidupan Kita

Tanpa kita sadari, sebenarnya kita sudah menerapkan konsep dari Mark Zuckerberg ini. Di saat pandemi COVID-19 mulai melanda, banyak pembatasan untuk mencegah terjadinya kerumunan. Termasuk aktivitas belajar mengajar.

Hal ini tentu sama persis dengan konsep Metaverse yang dirancang Mark untuk Facebook. Segala aktivitas dilakukan dengan sistem Daring, tanpa tatap muka.

Meskipun hal ini masih kontroversial, masih banyak yang beranggapan bahwa sekolah dengan daring kurang optimal. Mungkin hal ini disebabkan karena sistem Daring ini digunakan karena keadaan darurat, dimana aktivitas tetap harus berjalan di saat pandemi melanda.

Namun, tidak sedikit pula yang menilai bahwa kegiatan Daring untuk sekolah lebih efektif dan efisien.

Tidak menutup kemungkinan inovasi akan terjadi di sistem pendidikan kita. Dengan kecanggihan teknologi, Metaverse University bisa diciptakan. Segala aktivitas pelajar bisa dilalukan pada dunia virtual yang tidak terbatas ruang dan waktu.

Tidak hanya proses belajar mengajar, interaksi antar pelajar juga dapat dilakukan dalam ruang virtual dengan kecanggihan teknologi yang ada sekarang.

Dalam lingkungan Perguruan Tinggi, Muhammadiyah merupakan salah satu Universitas paling inovatif yang sudah tersebar diberbagai wilayah di Indonesia. Mungkin mudah bagi Muhammadiyah untuk memulai gebrakan baru di sektor pendidikan dengan menciptakan lingkungan virtual Metaverse Muhammadiyah.

Posting Komentar untuk "Konsep Metaverse Facebook Sudah Diterapkan di Kehidupan Kita"