Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Crypto Wallet dengan MetaMask.io

 Cara Membuat Crypto Wallet - Crypto menjadi sebuah inovasi teknologi di bidang Finansial yang cukup futuristik dan mampu menarik minat banyak orang. Tidak hanya sekedar menawarkan kemudahan dalam transaksi, banyak orang yang sudah membuktikan bisa mendapat keuntungan dari berinvestasi Crypto.

Sebagai orang yang hidup di perkembangan teknologi yang sangat cepat ini, tentu tidak boleh ketinggalan. Kita juga harus mulai belajar mengenai Crypto, atau mungkin menggunakannya.

Cara Membuat Crypto Wallet

Langkah paling awal yang bisa kita lakukan untuk menggunakan mata uang Crypto adalah dengan membuat Crypto Wallet.

Apa itu Crypto Wallet?

Crypto Wallet merupakan suatu software yang menghubungkan antara jaringan Blockchain. Dengan Crypto Wallet kita bisa mengakses, mengirim, dan menerima aset Crypto. Singkatnya, ini adalah tempat penyimpanan aset Crypto.

Bukan hanya sekedar menyimpan, tapi kita juga butuh Crypto Wallet untuk bertransaksi dengan Cryptocurrency. Setiap transaksi akan dilakukan melalui suatu jaringan Blockchain, sehingga terjamin keamanannya.

Berbeda dengan Bank sebagai tempat penyimpanan mata uang FIAT, Crypto Wallet tidak menyimpan barang fisik melainkan hanya aset berupa data. Semua tersimpan dalam jaringan Blockchain yang disebut Public Ledger (Buku Besar Umum). Meskipun begitu, dengan teknologi Blockchain tetap dijamin keamanannya dan tetap transparan.

Jenis Crypto Wallet

Secara umum, mungkin Crypto Wallet memang bisa didefinisikan dengan penjelasan di atas. Namun, ada juga beberapa jenis Crypto Wallet yang berbeda, yakni: 

Software Wallet: Wallet atau dompet jenis ini terhubung langsung dengan jaringan Internet, sehingga mudah diakses secara realtime. Crypto Wallet jenis ini juga disebut dengan "Hot Storage".

Mobile Wallet: Kurang lebih sama dengan Software Wallet, tapi dompet jenis ini bisa diakses melalui HP atau smartphone dengan aplikasi yang sudah terintegrasi. Karena ada beberapa Wallet yang meskipun masuk dalam kategori Software namun tidak tersedia untuk versi Mobile.

Desktop Wallet: Kalau Mobile Wallet bisa diakses di smartphone, dompet ini hanya tersedia untuk versi desktop saja. Sehingga untuk mengaksesnya diperlukan perangkat komputer atau PC. Meskipun kita bisa mengaksesnya melalui smartphone, tapi tetap menggunakan browser.

Hardware Wallet: Kita juga bisa menyimpan aset Crypto di perangkat fisik. Dengan Hardware Wallet kita bisa bertransaksi Crypto tanpa Seed Pharse atau Private Key. Namun, mungkin tidak akan seefisien dengan perangkat lunak.

Paper Wallet: Dompet aset digital Crypto ini hanyalah cara untuk menyimpan Private Key dan pasangan Public key untuk akun di selembar kertas.

Lebih disarankan untuk menggunakan Crypto Wallet berbasis perangkat lunak, entah itu versi Mobile ataupun Desktop. Karena, itu akan lebih memudahkan dalam transaksi Crypto. Selain itu, kita juga tidak perlu mengkhawatirkan masalah keamanan.

Akan tetapi, kita juga harus memilih Crypto Wallet yang benar, sehingga keamanan benar-benar bisa terjamin.

MetaMask.io merupakan salah satu Crypto Wallet yang direkomendasikan.

Cara Membuat Crypto Wallet

Cara Membuat Crypto Wallet MetaMask.io via Desktop

Jika kamu lebih sering di komputer atau laptop, mungkin membuat Crypto Wallet dari PC akan lebih cocok. Kamu bisa membuat akun MetaMask.io langsung dari PC untuk Crypto Wallet. Caranya:

  • Akses situs di MetaMask.io
  • Klik "Download"
  • Klik "Install MetaMask for Chrome"
  • Kamu akan diarahkan ke Chrome Web Store
  • Klik "Add to Chrome" dan tambahkan ekstensi
  • Setelah terinstal, maka akan terlihat icon MetaMask di bagian kanan atas browser kamu
  • Klik "Get Started"
  • Buat baru atau import jika sebelumnya sudah memiliki akun
  • Tentukan password
  • Setujui peraturan yang MetaMask berlakukan dan klik "Create"
  • Begitu selesai membuat wallet, kamu nanti bisa melihat Seed Phrase yang terdiri dari 12 urutan huruf dan angka yang dipakai untuk memulihkan atau membackup walletmu. Pastikan Seed Phrase ini hanya kamu yang tahu.
  • Konfirmasi Seed Phrase dengan mengetikan kata yang tepat lalu konfirmasi
  • Klik "All Done" dan akunmu sudah berhasil dibuat

Selesai, sekarang kamu bisa bertransaksi aset Crypto melalui MetaMask.io.

Cara Membuat Crypto Wallet MetaMask.io via Mobile

Kalau kamu lebih sering menggunakan smartphone ataupun tidak punya PC, tenang, kamu bisa membuat Crypto Wallet hanya dengan HP kamu. Caranya:

  • Download Aplikasi MetaMask melalui App Market HP kamu (Playstore/Appstore)
  • Ketuk "Get Started"
  • Ketuk "Sync with MetaMask extension"
  • Buka ekstensi MetaMask kamu di desktop, lalu navigasi ke Setting > Advanced. Klik On pada opsi " Sync With Mobile" dan masukan password akunmu
  • Gunakan kamera ponsel atau Scan kode QR untuk mulai Sinkronisasi
  • Kini kamu bisa akses akun MetaMask baik dari desktop maupun HP kamu.
  • Kalau kamu pertama kali membuat akun MetaMask di Smartphone namun ingin juga membuat akun di versi Desktopnya
  • cukup ikuti langkah yang sama di atas, tetapi pilih "Create New Wallet" bukan "Sync with MetaMask Extension"
  • Kemudian ikuti petunjuknya untuk memilih password dan konfirmasi Phrase Seed kamu nanti

Akhir Kata

Mudah bukan untuk membuat Cryto Wallet di Metamask? Sebenarnya untuk jual-beli (investasi) atau transaksi menggunakan Crypto, kamu juga bisa menggunakan Binance atau Tokocrypto yang menjadi Rekomendasi Tempat Beli Crypto terbaik.