Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aplikasi Minta Izin Akses Data di HP? Eits, Jangan Sembarangan!

 Izin Aplikasi Akses Data HP - Kehadiran smartphone memberikan kemudahan bagi kita sebagai pengguna di berbagai sektor. Banyak inovasi teknologi melalui aplikasi yang bisa membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari urusan komunikasi, hiburan, hingga pekerjaan bisa terbantu dengan aplikasi yang ada.

Beberapa aplikasi membutuhkan akses pada perangkat agar bisa berjalan secara maksimal. Terkadang, ada beberapa akses yang harus diberi izin terlebih dahulu untuk pengguna. Proses permitaan izin aplikasi apk ini biasanya muncul saat pertama kali instal dan buka aplikasi.

Sayangnya, izin akses pada HP yang diminta aplikasi ini bisa dimanfaatkan oknum pengembang aplikasi untuk mencuri data pengguna. Biasanya sih yang melakukan hal ini adalah dari aplikasi MOD, Cheat, hingga aplikasi Pinjol Ilegal. Dengan berpura-pura meminta izin akses untuk bisa bekerja, aplikasi digunakan untuk mencuri data pengguna yang bisa disalahgunakan.

Izin Aplikasi Akses Data

Izin Aplikasi

Bukan rahasia umum lagi kalau praktek jual-beli data pribadi oleh oknum marak terjadi. Data pribadi tersebut bisa didapatkan dari berbagai cara dan metode, salah satunya adalh pencurian melalui aplikasi. Contohnya saja di aplikasi Pinjol Ilegal yang meminta izin untuk mengakses data yang ada di HP. Data seperti foto, video, kontak, dan sebagainya bisa digunakan untuk pengancaman kepada pengguna ketika telat bayar tagihan.

Bahkan, data tersebut bisa dimanfaatkan oknum untuk mendapatkan keuntungan. Bisa diperjualbelikan seperti yang kita singgung tadi, bahkan bisa juga dipakai untuk meminjam uang dari aplikasi Pinjol lainnya. Kalau mereka tidak mengembalikan uang yang dipinjam, tentu pemilik data yang akan dikejar-kejar.

Jadi, penting bagi kita sebagai pengguna lebih berhati-hati saat memberikan izin akses pada sebuah aplikasi. Memang, agar aplikasi bisa berjalan dengan baik kita harus memberikan izin akses yang diminta. Tapi kita tetap perlu waspada agar terhindar dari pencurian dan penyalahgunaan data pribadi.

Pengaturan Izin Aplikasi

Ketika menginstal sebuah aplikasi dan membukanya untuk pertama kali, biasanya akan ada beberapa jendela pop up yang meminta izin akses. Jangan sembarangan berikan izin ya, Sob. Pertimbangkan dulu apakah fungsi aplikasi memang benar-benar membutuhkan akses tersebut.

Kalau kamu salah ambil keputusan, misal harusnya tidak diberikan izin tapi malah kamu terima atau sebaliknya, jangan lanjut jalankan aplikasi dulu. 

Mеnurut saya аdа 2 роіn yang реrlu dіреrhаtіkаn kеtіkа аkаn mеmbеrіkаn izin akses dаtа kе sebuah арlіkаѕі уаіtu kеwаjаrаn іzіn dаtа yang dіmіntа dаn реngеmbаng арlіkаѕіnуа. Cara mematikan izin aplikasi ada di pengaturan, cari menu aplikasi terinstal dan pilih aplikasi mana yang ini kamu atur. Di menu ini kamu bisa mengatur izin sebuah aplikasi, mengaktifkan sekaligus cara mengaktifkan izin aplikasi.

Izin Aplikasi yang Mungkin Berbahaya

Berikut ini, ada beberapa izin aplikasi yang perlu kamu waspadai saat sebuah aplikasi memintanya.

  • Kоntаk
  • SMS
  • Rіwауаt telepon
  • Kаmеrа
  • Mіkrоfоn
  • Lokasi

Permintaan akses aku Gmail juga perlu kamu waspadai. Karena banyak layanan Gmail yang saling teringrasi. Bahkan mungkin akses log in kamu di platform lain juga pakai Gmail kan? Karena itu, kalau sampai kebobolan Gmail, semua data bisa dicuri dengan mudah.

Sebenarnya tergantung aplikasinya juga ya Sob. Seperti misal izin kontak, yang tidak selamanya juga berbahaya. Misal kamu mau pakai apliasi semacam Truecaller atau Getcontact, tentu izin akses kontak harus kamu aktifkan. Atau misalkan aplikasi edit foto/video, yang tentu butuh akses media di HP kita.

Karena itulah, penting untuk kamu mempertimbangkan apakah izin yang diminta memang sesuai dengan fungsi aplikasinya.

Agar bisa mengetahui apakah sebuah permintaan izin aman atau tidak untuk diterima, caranya adalah dengan memahami beberapa fitur pada sebuah aplikasi.

Kalau di aplikasi Chat seperti Whatsapp, Telegram, dan lainnya sangat wajar kalau minta banyak izin akses data di HP. Izin media untuk kebutuhan kirim/terima media melalui chat. Akses kontak untuk bisa sinkronisasi kontak. Akses mikropon untuk kebutuhan telepon atau videocall. Memang, terkadang ada aplikasi yang membutuhkan banyak izin akses, tapi semuanya aman kok.

Contoh lain adalah aplikasi Ojol seperti Grab, Gojek, ataupun Shopee Food. Selain ada beberapa izin yang memang harusnya diminta, aplikasi juga akan meminta izin akses lokasi agar aplikasi bisa berjalan sesuai dengan fungsinya.

Izin aplikasi sebenarnya hukumnya adalah opsional, yakni pengguna bisa memilih mengaktifkannya atau tidak. Hanya saja ketika aplikasi memang butuh akses tersebut tapi pengguna tidak memberi izin, maka aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik.

Misal pada aplikasi Whatsapp, kamu bisa mematikan izin kamera akan tetapi konsekuensinya kamu tidak bisa memakain fitur yang butuh kamera. Ambil gambar/video dari WA dan mengirimnya atau videocall. Sama seperti aplikasi Ojol, yang kalau izin akses lokasiya dimatikan tentu driver ataupun customer tidak bisa melacak keberadaan satu sama lain. Tapi, aplikasi masih tetap bisa dibuka meskipun tidak berjalan dengan lancar.

Ada juga beberapa aplikasi yang cenderung memaksa pengguna agar mengaktifkan izin tertentu. Kalau tidak diizinkan, aplikasi bahkan tidak bisa dibuka. Contohnya di aplikasi Pinjol Ilegal yang meminta izin aplikasi media, kontak, dan akses sensitif lainnya.

Periksa Izin Aplikasi yang Diminta

Seperti aplikasi Pinjol Ilegal yang memang tidak resmi dan memiliki izin. Ada beberapa aplikasi yang bukan dari pengembang aslinya yang bisa membahayakan penggunanya. Seperti aplikasi yang telah dimodifikasi (APK MOD), aplikasi cheat, atau sejenisnya.

Aplikasi semacam ini bukanlah dari pengembang atau sebelumnya dari pengembang resmi. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh oknum yang menjadi pihak ketiga untuk mencuri data lewat aplikasi yang telah diubahnya.

Selain itu, aplikasi yang telah dimodifikasi juga bisa mengandung file virus/malware yang bisa berpotensi membahayakan baik data pengguna maupun perangkat sendiri.

Jadi, karena itulah kamu harus pastikan kembali bahwa kamu download aplikasi dari sumber resmi. Dan perikasa apakah memang benar-benar izin aplikasi yang diminta dibutuhkan.

close