Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa sih Bedanya Token dan Koin Crypto? Ini Jawabannya

Perbedaan Token dan Coin Crypto

 Perbedaan Token dan Coin Crypto - Mungkin kita semua sudah mengenal mengenai Coin Crypto. Yap, aset digital ini menjadi semakin populer belakangan ini.

Kalau kamu sudah terjun di dunia Crypto, mungkin pernah mendengar juga soal Token dan Coin. Banyak yang menganggap kedua hal ini sama saja. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya Token dan Coin di Crypto itu berbeda?

Perbedaan Token dan Coin Crypto

Memang serupa tapi tak sama, kedua hal ini memang membuat orang awam termasuk Trader Crypto pemula bingung. Maka dari itu, kita harus memahami apa sih bedanya Token dan Coin Crypto?

Coin Crypto

Seperti yang sudah kita bahas dan ketahui bersama, Coin Crypto merupakan sebuah mata uang atau aset digital dengan teknologi Blockchain. Bitcoin (BTC) misalnya, yang bekerja di Blockchain Bitcoin. Ada juga Etherum dengan Blockchain Etherumnya.

Selain dengan membeli atau menukarkan uang kita, Coin Crypto juga bisa didapat dari proses penambangan alias Mining Crypto. Dengan menyelesaikan sebuah proses pada Blockchain, kita akan mendapatkan imbalan berupa Coin Crypto.

Bisa dibilang Coin Crypto memiliki fungsi sebagai mata uang, yakni untuk alat tukar transaksi (pembayaran) dan bisa juga sebagai aset investasi.

Token Crypto

Sedangkan Token Crypto adalah sebuah aset yang diterbitkan oleh project tertentu sebagai alat transaksi pada project tersebut.

Berbeda dengan Coin, Token dibuat dalam aplikasi terdesentralisasi (dApps) ter-hosting di blockchain lain seperti ethereum.

Kalau Coin Crypto ini diciptakan dengan fungsi sebagai uang yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi, Token ini dikhususkan untuk alat pembayaran sebuah layanan dalam project yang menciptakannya. Meskipun begitu, Token juga masih memiliki nilai pasar sehingga masih banyak yang memilihnya sebagai aset investasi.

Beberapa Jenis-jenis Token

Menurut regulatir keuangan Swiss FINMA, ada 4 jenis token.

• Token Utilitas

Token Utilitas fungsinya untuk mengakses produk atau layanan tertentu dalam sebuah project.

• Token Pembayaran

Token Pembayaran fungsinya hampir sama dengan Coin, yakni untuk alat pembayaran. Hanya saja berlakun untuk suatu project.

• Token Keamanan

Token Keamanan merupakan token yang dikeluarkan oleh penjualan token awal (ITS) atau ICO, yang digunakan orang untuk menginvestasikan uang mereka dengan tujuan.

• Token Ekuitas

Token ini adalah token yang mewakili ekuitas atau saham di perusahaan.

Akhir Kata

Itulah perbedaan yang ada antara Token dan Coin Crypto. Meskipun serupa, jika kita sudah memahami definisi dan fungsinya pasti akan memahami juga perbedaannya.

Intinya, Coin Crypto memiliki tujuan yang lebih luas. Sedangkan Token diciptakan hanya untuk keperluan sebuah project. Meskipun keduanya juga memiliki nilai pasar masing - masing.

Kalau Sobat ingin mencoba Bermain Crypto alias berinvestasi di aset digital yang lagi viral ini, mungkin dimulai dengan cek Tempat Beli Crypto Terbaik.