Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Tips dan Trik Universal Android yang Harus Anda Ketahui

9 Tips dan Trik Universal Android yang Harus Anda Ketahui

 Memang, ketika kita pertama kali menggunakan HP dengan OS Android, pada awalnya pasti terlihat agak sulit.

Smartphone Android pertama saya adalah Samsung Galaxy S5, dan sangat disayangkan karena masih tidak familiar saya lebih memilih untuk membeli iPhone sebagai penggantinya.

Meskipun pengalaman awal saya dengan Android sangat buruk, tidak diragukan lagi bahwa Android kini semakin meningkat dengan pesat selama bertahun-tahun.

Saya telah mengalami sisi luar biasa dari OS seluler Google yang satu ini secara langsung dalam bentuk tablet Nexus 7 2012.

Sejak itu, saya menggunakannya sebagai e-reader, perangkat game, browser web, dan banyak lagi hal lainnya.

Mengutip artikel dari situs web Rifqi Mulyawan yang merupakan seorang praktisi dan wirausahawan di bidang teknologi, terutama terkait teknologi smartphone, dia mengatakan bahwa banyak trik tersembunyi yang dapat kita temui dengan operating system milik Google yang bernama Android ini

Hal itu juga saya buktikan bahwa dalam prosesnya, saya telah menemukan beberapa tips dan trik universal terkait Android yang berguna, di mana beberapa di antaranya telah saya cantumkan di bawah ini!

1. Rawat Layaknya PC (Komputer) untuk Meningkatkan Kinerjanya

Menurut Rifqi, sementara Android dapat melakukan lebih dari iOS saja, itu tentunya membutuhkan lebih banyak tenaga (dalam hal ini RAM) untuk berjalan dengan lancar.

Anda tidak dapat berbuat banyak untuk meningkatkan prosesor ponsel cerdas atau tablet Anda (kecuali pembelian baru), tetapi Anda dapat meluangkan waktu untuk mengoptimalkan apa yang Anda miliki.

Sama seperti PC, perangkat Android perlu disetel lagi dan lagi.

Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda dalam hal ini, seperti All-In-One Toolbox.

Bahkan tanpa aplikasi itu pun, Anda dapat melakukan hal-hal seperti menghapus aplikasi lama yang tidak digunakan, menghapus widget yang tidak Anda gunakan, dan mengakhiri sendiri proses yang tidak perlu.

Untuk melakukan yang terakhir (konsep yang mirip dengan mengakhiri proses melalui kontrol + alt + hapus pada PC), buka pengaturan, aplikasi, jalankan, dan akhiri secara manual apa pun yang menghabiskan terlalu banyak memori RAM.

2. Manfaatkan Potensi Kostumisasi atau Penyesuaian Android

Seperti yang saya alami, saya tidak dapat memberi tahu Anda berapa kali saya menggunakan ponsel Android seseorang, hanya untuk melihat bahwa mereka telah mengonfigurasinya sehingga layar beranda mereka penuh dengan ikon aplikasi, seperti iPhone.

Keren memang, tetapi jika Anda ingin cara sederhana, membeli produk Apple merupakan pilihan tercepat untuk mendapatkannya.

Namun, berbeda dengan Android.

Ya! Anda mungkin terkejut dengan banyaknya pilihan menarik yang tersedia untuk Anda yang dapat Anda manfaatkan untuk kostumisasi atau disesuaikan.

3. Pastikan Perangkat Anda Kembali ke Anda Jika Hilang

9 Tips dan Trik Universal Android yang Harus Anda Ketahui 1

Memang, tidak ada cara pasti untuk menjamin Anda akan pernah melihat ponsel atau tablet Anda lagi jika Anda tidak sengaja meninggalkannya di tempat umum.

Oleh karena itu, Anda dapat meningkatkan kemungkinan pengembaliannya kepada Anda dengan mengedit pengaturan keamanan Anda.

Caranya yaitu cukup buka pengaturan, lalu keamanan, lalu info pemilik.

Di sana Anda akan melihat kotak kecil tempat Anda dapat mengetikkan informasi kontak yang akan muncul di layar kunci Anda.

Hal ini tentunya akan memudahkan orang yang baik untuk mengembalikan perangkat yang hilang kepada pemiliknya yang sah.

4. Buat ponsel Anda Menjadi Lebih Sulit Dibobol dengan Melakukan Enkripsi

Saya ingatkan terlebih dahulu, jangan lakukan ini kecuali Anda benar-benar takut informasi ponsel Anda dicuri.

Untuk mengenkripsi perangkat Android Anda secara permanen, caranya yaitu dengan membuka pengaturan, keamanan, enkripsi, dan ketuk "Enkripsi ponsel".

Anda kemudian akan diminta untuk membuat pin, yang akan Anda masukkan setiap kali Anda menghidupkan ponsel Anda (untuk mendekripsinya).

Ini seperti kode buka kunci pada smartphone iPhone.

Ini biasanya akan memakan waktu sekitar satu jam bagi perangkat Anda untuk mengenkripsi dirinya sendiri, dan itu hanya dapat dibatalkan melalui reset pabrik.

Lakukan ini hanya jika Anda memiliki informasi sensitif, atau ingin ponsel Anda seaman mungkin.

Ketahuilah juga bahwa dengan mengenkripsi informasi Anda akan memperlambat seberapa cepat Anda dapat mengaksesnya.

5. Gunakan Launcher Android

9 Tips dan Trik Universal Android yang Harus Anda Ketahui 2

Jika Anda memiliki ponsel Android, Anda dapat menggunakan hal-hal yang disebut dengan launcher atau "peluncur", yang pada dasarnya adalah aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan pengeditan maksimal pada layar beranda perangkat Anda.

Yang paling populer mungkin adalah Nova Launcher yang dapat di unduh di website Sitenesia, yang memungkinkan Anda mengubah hampir semua hal yang dapat Anda pikirkan.

Ada beberapa peluncur lain di luar sana juga, dan Anda dapat bermain-main dengan mereka sampai Anda menemukan yang Anda sukai.

Seringkali, mereka dapat membuat ponsel Anda tampil lebih cepat daripada dengan antarmuka keren dan elegan yang diberikan oleh perusahaan seperti Samsung dan HTC kepada mereka.

6. Ucapkan “Ok, Google” untuk Memulai Pencarian dari Layar

Di abad modern ini, semua orang sibuk selama 24 jam dalam seminggu.

Mengutip dari salah satu artikel di website Rifqi Mulyawan, Adapun beberapa trik efektivitas yang dapat kita lakukan untuk mengurangi waktu yang diperlukan dalam mencari sesuatu secara manual adalah dengan mempraktikkannya dengan suara Anda.

Untuk mengaktifkan kontrol vokal atas pencarian Google, buka halaman aplikasi Anda dan temukan aplikasi Google.

Ketuk (Anda akan dibawa ke Google Now), lanjutkan dengan menggulir ke bawah hingga Anda melihat ikon pengaturan di kanan bawahnya.

Tekan itu dan pilih "Suara." Kemudian, ketuk "Ok Google Detection" dan aktifkan pengaturan "From any screen".

Ya! Sekarang Anda dapat memulai pencarian Google dari layar mana pun di ponsel Anda hanya dengan mengucapkan frasa, “Ok, Google” saja.

7. Akses Pengaturan Developer (Pengembang) yang Tersembunyi

9 Tips dan Trik Universal Android yang Harus Anda Ketahui 3

Untuk benar-benar memahami bagaimana Android dapat disesuaikan, aktifkan mode pengembang (developer mode) yang hingga kini masih terbilang "rahasia".

Caranya yaitu dengan membuka pengaturan, tentang telepon, dan klik "build number" tujuh kali.

Dengan begitu, perangkat Anda akan memberi tahu Anda sesuatu seperti pesan "Anda sekarang dalam mode pengembang!".

Seperti dalam game, ini mirip seperti “Easter Egg”.

Setelah selesai, kembali ke pengaturan sistem, dan dengan mode sekarang Anda akan melihat sesuatu yang berjudul "opsi pengembang."

Adapun salah satu hal keren yang dapat Anda lakukan di sini adalah mengurangi waktu yang diperlukan untuk menjalankan animasi, sehingga membuat ponsel Anda terasa lebih tajam.

Ada banyak penyesuaian keren lainnya yang dapat Anda lakukan di halaman ini, tetapi jangan terlalu berlebihan terkecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan.

8. Lihat Informasi yang Anda Perlukan di Layar Kunci Anda

Anda mungkin tahu sekarang bahwa Anda dapat meletakkan widget di layar beranda, tetapi tahukah Anda bahwa Anda dapat melakukan hal yang sama untuk layar kunci Anda?

Benar, ini berarti Anda tidak perlu membuka kunci ponsel lagi jika yang Anda inginkan hanyalah melihat beberapa informasi dasar.

Untuk cera melakukan ini, buka pengaturan, pilih keamanan, dan ketuk "aktifkan widget."

Lanjutkan dengan mem buka layar kunci dan geser ke kiri, dengan begitu Anda akan melihat tanda "+" besar.

Tekan itu dan Anda akan dibawa ke layar tempat Anda dapat memilih widget untuk ditempatkan di layar kunci Anda.

Cukup masukkan apa pun dari email Anda ke Google Now di sana untuk melihat hal-hal seperti cuaca, pesan baru, dan lain sebagainya.

9. Google Play Bukanlah Satu-satunya Toko Aplikasi Anda

Betul, Anda dapat mengunduh toko aplikasi lain seperti Amazon, atau langsung menuju situs yang menyediakan aplikasi Android di internet.

Memang, saya sangat menyarankan Anda melakukannya karena mereka selalu menawarkan penawaran luar biasa untuk mencoba dan menjauhkan Anda dari pelukan hangat Google.

Sebagai alternatif lainnya selain situs download Sitenesia yaitu Amazon yang salah satu bagian menariknya adalah "App of the Day" mereka, di mana Amazon menawarkan aplikasi gratis untuk menarik Anda menghabiskan lebih banyak waktu di toko mereka.

Jika Anda beruntung, Anda akan dapat menghemat banyak uang dengan menggunakan promosi ini, karena terkadang mereka memasang aplikasi gratis dengan biaya beberapa puluh hingga ratusan ribu apabila di Google Play.

Penutup

Ya, saya pikir itulah beberapa tips dan trik universal Android yang saya dapatkan selama menggunakan sistem operasi keren Android.

Apakah Anda tahu tips dan trik Android?

Tentu saja! Silahkan barikan komentar Anda di bawah dengan beberapa trik keren lainnya yang kalian temukan!

Demikian, terima kasih.

close