Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebelum Beli, Ini Kekurangan dan Kelebihan Oppo A53!!

Kekurangan dan Kelebihan Oppo A53

 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A53 - Beli HP second bisa jadi alternatif ketika ingin HP bagus tapi murah. Banyak sekali HP keluaran beberapa tahun lalu yang masih memilik performa mumpuni untuk digunakan, tapi harganya tentu sudah turun. Salah satunya adalah OPPO A53.

OPPO menjadi salah satu brand smartphone yang cukup laris di pasaran Indonesia. Banyak produknya yang diminati, tidak terkecuali HP keluaran lamanya yang menjadi HP bekas favorit.

Beberapa bulan berlalu setelah OPPO meluncurkan seri A52, peluncuran seri terbarupun dilakukan yakni OPPO A53. Seri ini, menjadi penerus yang dibekali beberapa peningkatan pada setiap aspeknya.

OPPO A53 ini memang ditargetkan untuk pasar kelas menengah ke kebawah, sehingga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Di kisaran harga 2 jutaan, untuk varian RAM 4 GB debgab Internal 64 GB HP ini menjadi pilihan yang tepat.

Harga tersebut adalah untuk harga barunya ya, Sob. Sekarang bisa ditemukan di beberapa marketplace dengan harga sekitar 2,2 Jutaan untuk brand new nya. Kalau mau cari yang bekas, tentu akan lebih murah.

Kekurangan dan Kelebihan OPPO A53

Kalau mau pilih HP, tentu kita harus tahu dulu lebih detail mengenai apa yang ditawarkan HP tersebut kepada kita. Apa sih kekurangan dan kelebihan Oppo A53? Simak pembahasan berikut sampai habis ya, Sob.

Spesifikasi OPPO A53

Sebelum membahas kekurangan dan kelebihan Oppo A53, kita ulik dulu spesifikasinya yang JagoanGadget.com rangkum.

  • Rilis: Agustus, 2020
  • Layar: TFT LCD 6,5 inchi
  • Chipset: Qualcomm SM4250 Snapdragon (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 4 GB
  • Internal: 64 GB
  • Eksternal: up to 256 GB Hybrid
  • Kamera belakang: 16 MP + 2 MP + 2MP
  • Kamera depan: 16 MP
  • Baterai: 5.000 mAh Non-removable

Dari spesifikasinya, mungkin OPPO A53 bisa menjadi salah satu HP terbaik dan direkomendasikan untuk kelas 2 jutaan, apalagi kalau bekasnya bisa dibawah itu harganya.

Kelebihan OPPO A53 

Meskipun ditargetkan untuk kelas menengah dengan harga murah, namun OPPO A53 bukan HP murahan loh. HP ini juga memiliki keunggulan atau kelebihan yang bisa menjadi alasan kenapa kamu harus pilih OPPO A53.

1. Refresh Rate dan Touch Sampling

Seperti yang pernah kita bahas pada artikel "Apa sih Bedanya Refresh Rate dan Touch Sampling?", fitur yang sering ditawarkan oleh HP terbaru saat ini adalah Refresh Rate dan Touch Sampling yang tinggi.

Nah, di entery-level alias kelas HP menengah sangat jarang HP yang ditemukan memiliki Refresh Rate dengan kecepatan 60 Hz. Kalau di OPPO A53 ini, kamu bakal dapat 90 Hz loh. Sedangkan Touch Samping rate OPPO A53 memiliki kecepatan 120 Hz, yang mana juga cukup cepat untuk HP harga 2 jutaan.

Dengan kedua keunggulan ini, kamu bakal dapat pengalaman mengoperasikan layar hingga gaming yang sangat baik dengan HP ini. Mungkin, pada HP lain di harga yang sama kamu tidak akan mendapakan ini semua.

2. Dual Stereo Speaker

Mungkin ini terdengar hal yang sepele, karena jarang orang menggunakan speaker HP untuk kebutuhan yang penting. Seperti mendengarkan lagu, nonton video, atau sebangsanya, yang biasanya orang akan lebih memilih pakai headset. Karena itu, banyak HP bahkan untuk level flagship yang tidak begitu memaksimalkan sektor speaker.

Nah, di OPPO A53 ini kamu bakal dapat dual speaker stereo loh. Yang membuat suara speaker HP bisa lebih kencang dengan kualitas yang baik. Dan yang perlu kamu ketahui, adanya dual stereo speaker sangat jarang ditemui pada HP kelas menengah hingga kelas atas.

Selain itu, Speaker juga sudah didukung oleh teknologi Dirac 2.0 yang mampu meningkatkan kualitas suara sehingga terdengar tajam dan halus. Tidak ketinggalan juga, efek bass yang akan kamu rasakan ketika mendengar suara (lagu atau film) yang keluar dari speaker ini. Jadi, kamu tidak perlu perangkat tambahan berupa speaker bluetooth atau sebangsanya jika pakai HP ini.

3. Baterai Badak

Di sektor baterai, OPPO A53 juga memiliki keunggulan loh. Yakni baterai dengan kapasitas bada 5.000 mAh yang awet dan bisa bertahan seharian tanpa perlu ngecas. Untuk penggunaan HP wajar (bukan gaming berat), HP ini dijamin akan bisa bertahan seharian penuh.

Bahkan, untuk gaming beratpun HP ini juga bakal memberikan ketahanan daya yang baik dengan kapasitasnya yang cukup besar. Ya, minimal kamu tidak akan bingung menyiapkan charger kalau ngegame pakai HP ini.

Kalaupun baterai HP habis, kamu juga masih diberikan sebuah kemudahan yakni fitur Fast Charging 18 W. Kamu tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya mulai dari 0 hingga penuh, mungkin sekitar 1-2 jam saja baterai sudah terisi penuh dan siap pakai lagi.

Ada juga fitur penghemat baterai yang bisa kamu gunakan saat keadaan darurat. Misal, saat baterai low dan tidak memungkinkan untuk mengisi daya, kamu bisa aktifkan fitur ini agar HP bisa bertahan lebih lama. Tapi, aktifnya fitur ini akan mengurangi performa karena hal ini juga akan mengurangi beban daya yang dibutuhkan HP.

4. Lауаr Pеnuh dеngаn Punch-Hole Dіѕрlау 

Terkadang, HP di kisaran harga 2 jutaan hanya memiliki desain mainstream, dengan desain waterdrop notch alias poni pada atas layarnya. Memang, saat ini sedang trend sih desain seperti itu, tapi membuat HP terlihat pasaran dan mungkin suatu saat akan ditinggalkan membuat terlihat jadul,

Hal ini tidak berlaku untuk OPPO A53, yang memiliki desain cukup bagus dan anti mainstream. Dengan konsep layar punch-hole, layar membentang penuh di bagian depan. Tidak ada poni yang menghiasi bagian atas layar.

Lalu, dimana kamera depannya kalau bagian depan dipenuhi layar. Nah, inilah yang membuat desain  OPPO A53 terlihat sangat canggih. Kamera depan terletak di dalam layar bagian kanan HP, mirip seperti Flagship Samsung S20 yang harganya hampir 10x lipat.

Selain itu, bagian belakan OPPO A53 ini juga memiliki desain yang cukup apik. Dengan peletakan kamera yang tersusun rapi pada bagian kiri atas dan tersematnya sensor fingerprint untuk kebutuhan lock-unlocking.

5. Trірlе Camera Berkualitas

Kalau dilihat dari spesifikasi kameranya, OPPO A53 termasuk pada sebuah ponsel dengan kamera yang tidak begitu menonjol.

Terdapat konfigurasi triple camera yang menghadirkan lensa utama 13 MP yang disertai fitur PDAF, dan dua lensa lainnya yang berfungsikan kamera makro serta sensor bokeh berkekuatan 2 MP. Walau tidak ada lensa telefoto, Anda masih bisa melakukan zoom digital sebanyak 6 kali.

Di bagian depan, ada lensa selfie dengan resolusi 16 MP dengan ukuran sensor 1/3.06". Baik kamera depan dan belakang, dua-duanya sama-sama menghadirkan kemampuan video recording dengan resolusi maksimal 1080p. Kameranya juga dibekali dengan beragam mode dan fitur berguna seperti mode panorama, Pro Mode, dan time lapse.

Tersedia juga mode HDR untuk rentang dinamis yang lebih tinggi dan Dazzle Mode untuk menghasilkan kualitas warna yang lebih mendalam. Sementara itu di bagian depan ada fitur AI Beautification yang berfungsi untuk mempercantik wajah, serta dukungan efek bokeh.

Walaupun tergolong standar, OPPO A53 masih mampu memberikan hasil fotografi yang layak di kelas harganya. Warna objek yang ditampilkan cukup bagus, begitu pun dengan ketajaman detil yang terjaga dengan baik. Berikut adalah beberapa hasil foto yang telah kami kumpulkan dari beberapa sumber.

6. Desain Bodi Bercorak yang Unik

Tidak bosan-bosannya OPPO menghadirkan desain bodi yang lain daripada yang lain, seperti OPPO A53 yang memiliki tema luar angkasa dengan corak berkilauan di bagian bodinya.

OPPO A53 sendiri memiliki dua varian warna yang bisa Anda pilih di Indonesia, yakni Fancy Blue dengan warna biru terang dan juga Electric Black bagi Anda yang lebih menyukai warna gelap.

Kilauan cahaya di belakangnya memberikan kesan 3D yang bergelombang, seolah pengguna sedang melihat aurora. Untuk kenyamanan pengguna saat menggenggam HP, bodinya ini dilengkapi dengan tekstur matte di bagian ujung-ujungnya dan sentuhan glossy untuk bodi belakang utama.

Pokoknya kalau sudah berurusan dengan desain bodi belakang, merk OPPO ini memang jarang sekali mengecewakan. Anda pun bisa menggunakan HP OPPO dengan harga terjangkau tanpa terlihat murahan sama sekali.

7. Slot Memori Eksternal Khusus

Kehadiran memori eksternal sangat penting untuk ponsel-ponsel di rentang harga entry-level. Sayangnya, beberapa ponsel masih menyediakan slot microSD pada slot hibrida saja.

OPPO A53 dianggap lebih unggul ketimbang OPPO A52 yang menjadi generasi pendahulunya, karena kini Anda sudah bisa menyematkan microSDXC hingga 256 GB pada slot khusus alih-alih slot hibrida.

Sekadar informasi, perangkat dibekali dengan memori internal dengan dua pilihan kapasitas, yakni 64 GB dan 128 GB dan keduanya menggunakan standar UFS 2.1. Sementara untuk RAM-sendiri, tersedia varian 4 GB dan 6 GB pada teknologi LPDDR4X.

Kekurangan OPPO A53

Berapa pun keunggulan yang dibawakan OPPO A53, nyatanya HP ini memang tidak bisa lepas dari predikat HP murah yang tidak bisa memberikan yang terbaik dari semua sisi. Untuk itu, sebaiknya Anda cari tahu beberapa poin kekurangan OPPO A53 di bawah ini.

1. Chipset Snapdragon 460 Kalah Saing

Perangkat ini merupakan salah satu pertama di dunia yang menghadirkan chipset Snapdragon 460. Ya, ini merupakan chipset yang digadangkan sebagai Snapdragon seri 400 terbaik sepanjang masa.

Dibandingkan dengan seri 450 yang merupakan generasi sebelumnya, Snapdragon 460 ini diklaim mampu meraih performa 70% lebih baik. Juga, chipset ini adalah seri 400 pertama yang menggunakan arsitektur Kryo, tepatnya adalah Kryo 240 Gold yang berbasiskan ARM Cortex A73 serta Kryo 240 Silver dengan ARM Cortex A53.

Chipset ini juga pertama kalinya dalam seri 400 yang menghadirkan Adreno seri 600 (Adreno 610), manufaktur 11 nm, dan dukungan terhadap WiFi 6 serta standar memori internal UFS 2.1.

Lantas, seberapa tangguhkah sebenarnya chipset ini? Menurut video perbandingan YouTube yang diunggah oleh JagatReview, Snapdragon 460 meraih skor benchmark AnTuTu v8 sebesar 146.787 poin. Angka ini masih jauh lebih besar ketimbang Snapdragon 450 di angka 86.978.

Namun apabila Anda membandingkan ponsel ini dengan dua generasi sebelumnya (OPPO A52 dan OPPO A5 2020) yang sudah diotaki Snapdragon 665, tentu HP ini kalah saing.

Di rentang harga Rp2 jutaan pun sebenarnya ada beberapa pesaing dengan chipset lebih bagus, seperti Redmi Note 9 dengan Helio G85 ataupun Redmi 9 dengan Helio G80. Jadi, OPPO A53 memang bukan ponsel entry-level terbaik kalau bicara soal performa game.

2. Resolusi Layar Belum Full HD+

Sebelumnya sempat disinggung kalau OPPO A53 ini memiliki layar dengan seluruh tampilannya memenuhi seluruh ruang pada bodi depan, hanya menyisakan sedikit bezel saja di bagian dagu.

Dengan ukurannya yang sebesar 6,5 inci, pengguna pun akan merasakan pengalaman bermain game yang menyenangkan. Tapi, sayangnya resolusi dari layar perangkat ini masih HD+ (720 x 1600 piksel).

Ini tentunya cukup mengurangi ketajaman kualitas layar, apalagi jika kita bandingkan dengan perangkat-perangkat pesaingnya yang sudah dibekali dengan resolusi Full HD+.

3. Absennya Lensa Ultra-Wide

Berbicara soal kamera, OPPO A53 memang tergolong bagus di kelasnya. Tapi tahukah Anda kalau perangkat yang menjadi penerus dari OPPO A52 ini tidak menghadirkan kamera ultra lebar? Lensa ultra lebar ini berfungsi untuk menangkap foto pemandangan dengan sudut keluasan yang lebih besar.

OPPO A5 (2020) dan OPPO A52 yang duluan dirilis padahal masih menyediakan lensa ultra lebar beresolusikan 8 MP. Artinya, OPPO A53 memang mengalami "penyunatan" dari segi kelengkapan kamera.

Kesimpulan

OPPO A53 sebenarnya memang masih cocok bermain game. Walaupun chipset yang dibawakannya masih Snapdragon seri 400, hal ini tidak mencegahnya untuk memberikan pengalaman bermain game yang playable. Snapdragon 460 sendiri juga dikatakan mampu menghadirkan performa lebih baik dari Snapdragon 625 yang berada di "kasta" lebih tinggi.

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri kalau penggunaan Snapdragon 460 ini memang sebuah penurunan ketimbang OPPO A52 yang sudah menggunakan Snapdragon 665. Untung saja OPPO mengompensasi hal ini dengan menghadirkan refresh rate 90 Hz yang bisa meningkatkan pengalaman gaming dan nonton film.

Nаh, apakah kamu tertarik dengan реrаngkаt OPPO уаng ѕаtu ini? Terlepas dаrі kеkurаngаnnуа, OPPO A53 іnі ѕаngаt bagus dіjаdіkаn ріlіhаn bаgі Andа yang suka tаmріlаn dеѕаіn unіk dan durаѕі реmаkаіаn HP yang ѕаngаt аwеt. OPPO A53 ѕudаh tersedia dі Indоnеѕіа sejak Kаmіѕ, 27 Aguѕtuѕ 2020 dengan hаrgа mulаі dari Rр2.499.000,-. 

OPPO ѕеlаku mеrk HP rаkѕаѕа jugа tiada hentinya merilis рrоduk уаng bіѕа mеmfаѕіlіtаѕі penggunanya dаlаm mеlаkukаn beragam hal.

Sumber refrensi: carisinyal.com

Posting Komentar untuk "Sebelum Beli, Ini Kekurangan dan Kelebihan Oppo A53!!"