Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme

 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme - HP adalah sebuah privasi setiap orang. Banyak data dan hal yang memang seharusnya orang lain tidak perlu tahu. Tapi meminjam HP orang bukanlah hal yang dilarang.

Kadang ada orang atau teman yang meminjam HP dengan alasan tertentu yang masuk akal, misal mau telepon atau menghubungi orang lain dengan HP kita. Tentu bukan sebuah masalah. Yang menjadi masalah ada saja tipikal orang yang suka mengakses hal yang seharusnya tidak diakses pada HP kita. Seperti lihat isi galeri misalnya.

Tidak hanya galeri yang menjadi sebuah privasi, banyak aplikasi terkait data pribadi yang seharusnya hanya kita yang mengaksesnya. Aplikasi semacam e-banking, e-wallet, sampai aplikasi chat.

Kalau punya teman  atau ada orang semacam itu sangat menjengkelkan tentunya. Rasanya kita tidak punya privasi di HP Kita sendiri.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realmi

Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme

Dengan semakin canggihnya HP smartphone, kita tidak perlu khawatir lagi dengan privasi kita. Selain bisa mengamankan Aplikasi dengan kunci atau password, kita juga bisa menyembunyikan aplikasi di HP.

Jadi tidak hanya dikunci dan butuh sandi untuk membuka sebuah aplikasi, orang bahkan tidak tahu kalau kita punya aplikasi tersebut.

Pada artikel ini, JagoanGadget.com akan membagikan cara menyembunyikan aplikasi di HP Realme. Yap, agar lebih fokus kita akan membahas tutorial untuk HP Realme. Untuk Sobat yang menggunakan HP merek lain jangan khawatir, tutorialnya akan kita bahas pada artikel lainnya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme

Pada dasarnya, fitur untuk menyembunyikan aplikasi memang belum dihadirkan pengembang sistem operasi Android, semua merek termasuk Realme.

Tapi ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengamankan privasi aplikasi di HP kamu.

1. Fitur App Lock

Kalau fitur bawaan HP untuk menyembunyikan aplikasi memang belum ada. Tapi untuk kamu yang membutuhkan privasi pada setiap aplikasi yang ada di HP Realme bisa menggunakan fitur App Lock.

Meskipun tidak menembunyikan aplikasi, tapi fitur ini cukup berguna untuk melindungi privasi kamu di HP tanpa harus download aplikasi tambahan.

Untuk cara mengaktifkan fiturnya, ikuti langkah berikut: 

  • Buka menu pengaturan atau setting
  • Pilih menu Security
  • Cari dan pilih menu App Lock
  • Tentukan keamanan yang ingin digunakan. Pola, PIN, atau password.
  • Buat pola, PIN, atau password untuk membuka kunci
  • Setelah selesai mengatur keamanan, pilih aplikasi yang ingin dikunci
  • Pilih "Encrypt"
  • Selesai, aplikasi terkunci

Dengan begitu, aplikasi tidak akan bisa dibuka sembarang orang sehingga privasi kita di HP Realme lebih aman.

2. Fitur Baru Realme

Baru-baru ini, Realme melakukan pembaruan pada fitur-fiturnya untuk kenyamanan penggunanya. Salah satu yang diperbaruhi adalah fitur Realme App Lock, yang mana sekarang tidak hanya bisa mengunci aplikasi saja, tapi juga menyembunyikan aplikasi di HP Realme.

Perlu diperhatikan, sebelum menyembunyikan aplikasi di HP Realme kamu harus mengunci terlebih dahulu aplikasi tersebut. Untuk menguncinya pakai cara pertama ya Sob.

Setelah mengunci aplikasi, untuk menyembunyikannya ikuti langkah berikut: 

  • Buka pengaturan atau setting
  • Pilih keamanan atau security
  • Pilih App Lock
  • Masukan password, PIN, atau pola yang dibuat sebelumnya
  • Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan
  • Kalau aplikasi belum terkunci, kunci dulu dengan aktifkan "Enable Password Verification"
  • Kalau sudah aktif kuncinya, akan muncul pilihan "Hide Home Screen Icon"
  • Pilih fitur tersebut
  • Buat kode akses yang diinginkan, misal #1111#
  • Selesai, aplikasi akan disembunyikan dari tampilan utama

Bagaimana Cara Membuka Aplikasi yang Disembunyikan HP Realme?

Jangan sampai sudah menyembunyikan aplikasi di HP Realmi tapi tidak tahu cara membukanya ya, Sob. Bisa gawat.

Untuk membuka aplikasi yang disembunyikan dengan cara diatas mudah kok. Kamu tinggal buka menu panggilan (seperti akan melakukan panggilan telepon), kemudian ketik kode akses yang dibuat tadi, kalau pada contoh #1111#. Aplikasi akan muncul dan bisa dibuka.

Akhir Kata

Mudah kan cara menyembunyikan aplikasi di HP Realme? Bisa dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan lain.

Sebenarnya banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Realme. Tapi kalau fitur bawaannya saja sudah ada, buat apa pakai aplikasi tambahan?