Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Jitu Mengatasi Wifi Menolak Akses

 Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses - Internet menjadi sebuah hal yang tidak boleh terlewatkan pada kehidupan di zaman seperti sekarang.

Mau komunikasi jarak jauh? Pakai internet. Mau cari informasi atau baca berita? Pakai internet juga. Bahkan untuk mencari hiburan, banyak orang lebih memilih pakai internet.

Karena itu, Wifi menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang untuk memenuhi kebutuhan internetnya. Selain kecepatannya lebih stabil, pengguna bisa mengakses internet tanpa batas alias unlimited.

Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses

Wifi Menolak Akses

Meskipun Wifi memiliki kelebihan dibandingkan dengan jaringan internet seluler, namun Wifi juga memiliki kekurangan yakni ada beberapa kendala yang sering ditemui dan dialami pengguna. Salah satunya adalah Wifi menolak akses.

Pernah mengalami hal seperti ini? Saat menyambungkan perangkat ke jaringan internet wifi, muncul notifikasi "Wifi Menolak Akses"?

Di artikel ini JagoanGadget.com akan membahas mengenai penyebab serta cara mengatasi Wifi menolak akses.

Penyebab Wifi Menolak Akses

Jika internet pada perangkat yang terhubung tidak ada masalah namun mengalami Wifi menolak akses saat mencoba menghubungkan perangkat baru, bisa jadi penyebabnya adalah kapasitas atau batas maksimal perangkat terhubung sudah maksimal.

Biasanya untuk router Wifi yang dipakai umumnya memiliki kapasitas hingga 20 perangkat. Jadi kalau mengalami Wifi menolak akses, kemungkinan sudah ada 20 perangkat yang terhubung.

Sebenarnya untuk batas maksimal juga bisa disetel pada pengaturan router, misal tidak ingin ada terlalu banyak perangkat yang pakai Wifi bisa diatur batas maksimal perangkat terhubung hanya 15 atau 10 saja. Tapi kalau Sobat merasa tidak pernah merubah pengaturan, berarti karena memang sudah ada maksimal perangkat yang terhubung yakni 20.

Yang kedua, Wifi menolak akses juga bisa disebabkan karena adanya gangguan pada router atau jaringan internet provider itu sendiri.

Penyebab selanjutnya, mungkin perangkat yang mengalami Wifi menolak akses telah diblokir. Mungkin Sobat pakai jaringan Wifi tanpa izin dengan Cara Mebobol Wifi Tetangga yang Dipassword dan ketahuan? Akhirnya perangkat diblokir sehingga tidak dapat tersambung lagi dengan Wifi tersebut.

Wifi menolak akses juga bisa disebabkan kendala dari perangkat HP smartphone atau Laptop yang digunakan, bukan pada kendala router Wifi. Kendala tersebut juga bisa disebabkan beragam hal.

Pada perangkat HP smartphone adanya malware atau virus juga menjadi penyebab Wifi menolak akses. Biasanya malware ini bisa masuk ke HP karena mengunduh sesuatu yang ilegal, seperti aplikasi MOD misalnya. Adanya bug pada sistem operasi HP juga membuat Wifi menolak akses. HP habis rooting atau ganti dengan custom ROM misalnya.

Sedikit berbeda dengan HP, kalau pada PC atau Laptop, kemungkinan besar yang menjadi penyebab Wifi menolak akses adalah kita pernah utak-atik pengaturan jaringan. Jadi disarankan untuk tidak merubah pengaturan kalau kita tidak terlalu paham tentang jaringan ya, Sob.

Meskipun ada kemungkinan juga virus menjadi penyebab Wifi menolak akses di Laptop, tapi hal ini sangat mudah untuk diatasi asal ada program antivirus yang terpasang di Laptop. Tinggal scan dan bersihkan virus masalah bisa teratasi. Karena itulah, program antivirus sangat disarankan untuk perangkat komputer.

Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses

Kalau sudah tahu apa saja yang bisa jadi penyebabnya, sekarang tinggal cari cara mengatasi Wifi menolak akses.

Menurut riset yang JagoanGadget.com lakukan, rata-rata kendala Wifi menolak akses saat akan dihubungkan dengan perangkat terjadi pada pengguna HP. Karena memang penyebabnya lebih beragam.

Kalau untuk di PC sih jarang, sepertinya karena penyebabnya adalah kesalahan pengaturan. Dan jarang juga pengguna yang kurang menguasai ilmu jaringan akan merubah pengaturannya. Kalau karena virus, bisa langsung scan dengan program antivirus pasti langsung beres.

Karena itu, kali ini kita akan lebih fokus pada cara mengatasi Wifi menolak akses pada perangkat HP smartphone ya Sobat.

1. Pastikan Jaringan Wifi Benar

Sebelum melakukan hal-hal yang rumit untuk cara mengatasi Wifi menolak akses adalah periksa ulang jaringan Wifi yang dicoba untuk dihubungkan. Pastikan nama jaringan Wifi sudah benar.

Jangan sampai kayak lagunya Ayu Ting-Ting ya Sob, "Salah Alamat (Wifi)". Karena biasanya HP akan memindai seluruh jaringan Wifi yang dapat dijangkau. Tentu Wifi akan menolak akses kalau kamu salah pilih jaringan Wifi sehingga password yang dimasukan tidak cocok.

2. Pastikan Password Benar

Kalau sudah memastikan bahwa jaringan Wifi yang dipilih benar, pastikan kamu sudah memasukkan password atau sandi yang benar. Perhatikan kecil dan besarnya huruf. Kalau ingin memeriksanya, ketuk simbol bergambar mata di sebelah kanan.

Kedua cara pertama ini memang hal sepele, tapi tidak sedikit loh yang mengalami Wifi menolak akses karena salah pilih jaringan Wifi atau salah memasukkan password. Jadi tidak ada salahnya untuk periksa ulang dan memastikannya.

3. Restart Wifi

Kalau kedua hal sudah dipastikan benar namun masih mengalami kendala Wifi menolak akses, cara pertama yang paling mudah untuk dicoba adalah dengan merestart router atau modem Wifi.

Kalian semua pasti sudah pada tahu kan gimana caranya restart modem Wifi? Tingga matikan saja, tekan tombol powernya atau bisa juga dengan cabut kabel power. Tunggu hingga beberapa detik, mungkin 10-15 detik. Setelah itu nyalakan lagi. Kalau lampu indikator modem sudah menyala stabil, baru coba lagi menghubungkan perangkat dengan jaringan Wifi.

Tenang, kalau tidak berhasil ada beberapa cara lagi kok. Memang, merestart modem memang cara yang simpel tapi klasik alias kuno untuk mengatasi berbagai kendala Wifi. Tapi terkadang justru cara ini menjadi cara yang ampuh loh.

4. Lupakan Jaringan (Forget Network)

Sudah dinyalakan ulang tapi tetap mengalami masalah? Cara mengatasi Wifi menolak akses yang mudah lainnya adalah dengan menghapus jaringan wifi tersebut dari perangkat.

Caranya mudah kok, tinggal akses menu pengaturan Wifi, pilih jaringan Wifi, kemudian cari dan pilih "Lupakan Jaringan" atau "Forget Network".

Setelah itu, coba hubungkan kembali perangkat HP dengan jaringan Wifi tadi dengan memasukan password yang benar.

5. Nyalakan Ulang HP

Cara mudah lainnya yang bisa dicoba untuk mengatasi Wifi menolak akses adalah dengan restart atau nyalakan ulang perangkat HP.

Tentu juga semua sudah bisa dong cara merestart HP gimana. Bisa menekan tombol kunci/power hp hingga muncul menu restart, kemudian ketuk restart atau nyalakan ulang. Bisa juga dengan menekan tombol power selama 10 detik, hingga perangkat restart secara otomatis.

Mungkin ada Sobat yang memiliki masalah dengan tombol power HPnya, sehingga kesulitan merestart HP. Cek di artikel sebelumnya "Cara Menyalakan HP tanpa Tombol Power".

Dengan menyalakan ulang HP, perangkat bisa tersegarkan atau "direfresh". Sehingga error sistem yang menyebabkan Wifi menolak akses bisa hilang.

6. Gunakan Mode Pesawat

Cara mengatasi Wifi menolak akses adalah dengan menghubungkan ulang HP dengan jaringan Wifi menggunakan fitur Mode Pesawat alias Flight Mode.

Mudah kok, kamu tinggal aktifkan fitur tersebut sebentar kemudian setelah 5 detik matikan lagi. Dengan begitu, semua jaringan di HP akan non aktif dan akan tersambung ulang saat fitur dimatikan.

Sudah tahu kan cara mengaktifkan mode pesawat? Tinggal cari fitur tersebut di bilah notifikasi, usap layar hp dari atas kebawah untuk memunculkan bilah.

7. Periksa Pengaturan Waktu HP

Secara default, HP smartphone sekarang akan mengatur waktu (Tanggal dan Jam) secara otomatis. Begitu HP terhubung dengan internet, waktu akan secara otomatis disesuaikan.

Tidak cocoknya pengaturan waktu bisa jadi penyebab Wifi menolak akses saat dihubungkan. Kalau kamu mengatur waktu di HP secara manual, pastikan pengaturan sudah benar. Disarankan untuk mengubahnya ke otomatis agar lebih mudah.

Jangan lupa juga pastikan zona waktu yang dipilih sudah benar, Indonesia di +7 GMT atau UTC.

8. Ganti Alamat IP WiFi

Cara mengatasi Wifi menolak akses berikutnya adalah dengan mengganti alamat IP dari Wifi tersebut. Mungkin hal ini akan sulit bagi yang awam soal jaringan. Tapi jangan khawatir, berikut langkah-langkah untuk ganti alamat IP Wifi.

  • Masuk ke pengaturan HP Android
  • Cari menu konektivitas atau jaringan
  • Kemudian pilih menu Wifi
  • Lalu Preferensi WI-FI
  • Ketuk Alamat IP
  • Disini, kamu bisa ganti alamat IP yang ada

Disarankan untuk mengganti dengan alamat IP yang mudah, bisa dengan mengganti angka belakangnya saja. Misal 192.168.1.1 jadi 1.92.168.1.9 atau angka lainya.

Mungkin untuk bisa menemukan menu "Alamat IP" pada setiap merk HP berbeda. Intinya, cari di pengaturan menu tentang jaringan dan Wifi.

Setelah alamat IP diganti, coba hubungkan ulang perangkat ke jaringan Wifi tadi.

9. Buka Blokir Akses Wifi

Seperti yang sudah kita singgung, penyebab Wifi menolak akses bisa dikarenakan perangkat kita diblokir. Cara satu-satunya untuk mengatasi kasus semacam ini adalah dengan membuka blokir.

Kalau dengan tetangga, kita bisa minta maaf terlebih dahulu dan minta untuk tidak memblokir perangkat kita. Izin secara baik-baik agar bisa ikut mengakses jaringan Wifi miliknya.

Kalau perlu, tawarkan untuk ikut membayar tagihan bulanan Wifi. Jadi kamu tidak perlu pasang sendiri, biaya juga akan lebih murah jika dibagi 2.

10. Reset Perangkat HP

Kalau semua cara sudah dicoba tapi masalah belum teratasi, cara mengatasi Wifi menolak akses adalah dengan mereset ulang atau Factory Reset HP.

Mungkin di beberapa tipe atau merek HP akan berbeda. Tapi Sobat bisa cari menu reset pabrik ini di pengaturan, biasanya di menu "Tentang Ponsel".

Tapi ingat ya, cara ini akan membuat semua data terhapus tanpa terkecuali. HP akan kembali ke pengaturan awal. Jadi pastikan dulu kalau kamu benar-benar siap melakukan hal ini. Bisa mengamankan terlebih dahulu data-data penting ke perangkat lain.

11. Ganti Perangkat Modem

Bisa saja kendala Wifi Menolak akses juga disebabkan kerusakan hardware dari modem Wifi yang digunakan. Kalau punya modem lain, bisa coba ganti menggunakan perangkat tersebut.

Kalau mau beli baru sih tidak ada masalah, hanya saja kalau hanya mencoba dan belum pasti modemnya yang rusak sayang mengeluarkan uang untuk beli modem baru.

12. Hubungi Customer Service

Kamu juga bisa komplain ke Customer Service dari provider Wifi yang kamu gunakan. Dengan catatan pastikan kendala bukan pada perangkat HP milik kamu dan sudah coba beberapa cara di atas.

Coba dulu perangkat lain seperti HP atau Laptop untuk dihubungkan ke jaringan Wifi. Kalau semua mengalami hal yang sama, Wifi menolak akses, kemungkinan besar masalah ada jaringan internet atau perangkat modemnya. Langsung saja ajukan komplain ke CS.

Akhir Kata

Untuk beberapa cara mengatasi Wifi menolak akses di atas sudah diurutkan ya Sobat. Jadi mana yang perlu dicoba dulu agar kendala bisa teratasi.

Dari yang paling mudah merestart perangkat HP maupun modem, hingga solusi terakhir yakni dengan mengajukan komplaik ke Customer Service penyedia layanan internet yang Sobat gunakan.

Kalau Sobat punya pengalaman mengenai kendala Wifi menolak akses dan punya solusi lain yang works, bisa tulis dikolom komentar ya. Siapa tahu Sobat lainnya bisa terbantu. Terima Kasih

Posting Komentar untuk "12 Cara Jitu Mengatasi Wifi Menolak Akses"