Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Bisnis Online dengan TikTok Ads

Pasang Iklan TikTok Ads

 TikTok Ads - Tingkatkan Bisnis Online dengan Iklan TikTok Ads - Persaingan di dunai bisnis online, kian hari semakin ketat. Memang, internet menjadi sarana yang sangat menjanjikan untuk mengembangkan sebuah bisnis, terutama untuk pemasaran alias marketing.

Hal ini memang disebabkan karena meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Yang mana saat tahun 2010 hanya 10% pengguna internet di Indonesia, dan hingga tahun 2020 meningkat cukup dratis yakni lebih dari 50%.

Karena itu, memasarkan bisnis di internet menjadi alternatif terbaik untuk mengembangkan bisnis. Dengan semakin meningkatnya pengguna, internet bisa menjangkau banyak orang.

Mengiklankan Bisnis dengan TikTok Ads

Banyak sekali platform yang bisa kita gunakan mengembangkan bisnis dengan beriklan di Internet. Bisa pakai GoogleAds, yang menjangkau pengguna Youtube, Google Search, dan layanan Google lainnya. Atau bisa dengan Sosial Media seperti Facebook, Instagram, dan lainnya.

Nah, kali ini JagoanGadget.com akan memberikan sebuah rekomendasi untuk kamu yang ingin mengembangkan bisnis kalian melalui media internet. Yakni dengan menggunakan TikTok Ads.

Kenapa Beriklan TikTok Ads?

Pada pertengahan tahun 2020, tercatat jumlah pengguna aktif TikTok sekitar 30 juta. Aplikasi berbagi video ini menjadi viral dan jumlahnya pun meningkat hingga 3 kali lipat, lebih dari 90 juta pengguna pada pertengahan 2021.

Mungkin memang TikTok memiliki fitur dan layanan yang cukup menarik untuk pengguna Sosial Media. Sehingga banyak orang yang lebih memilih menghabiskan waktunya bersosialmedia dengan Aplikasi TikTok ini.

Hal inilah yang menjadikan TikTok sebagai platform yang cukup prospek untuk beriklan online.

Cara Pasang Iklan di TikTok Ads

Pihak TikTok sendiri, juga menyediakan layanan TikTok Ads yang bisa digunakan untuk memasang iklan di Aplikasi TikTok. Untuk caranya, bisa simak penjelasan berikut:

1. Buat Akun TikTok Ads

Langkah awal untuk bisa memasang iklan di TikTok adalah dengan membuat akun TikTok Ads. Akses situs ads.tiktok.com, kemudian pilih "Buat Akun", ikuti langkah selanjutnya (seperti isi data, verifikasi email, dan lainnya).

2. Buat Campaign Iklan TikTok Ads

Setelah akun jadi, kamu bisa mengakses dashboard di situs TikTok ads yang akan menampilkan seluruh informasi terkait pemasangan iklan.

Nah, langkah yang harus kamu lakukan untuk memasang iklan di TikTok adalah dengan membuat Campaign. Kamu bisa menemukan menu ini pada dashboard, pilih opsi "Buat" atau "Create".

Kemudian, kamu bisa pilih tujuan beriklan kamu untuk apa. Misal untuk mendatangkan pengunjung pada sebuah website, bisa pilih "Traffic". Bisa juga pilih "Conversions" untuk kebutuhan jualan online atau ditujukan untuk mengiklankan sebuah aplikasi.

3. Tentukan Penempatan dan Target Iklan

Selanjutnya, kamu juga bisa menentukan penempatan iklan juga loh. Jadi, kamu bisa mendapatkan konversi yang maksimal dari iklan yang kamu tampilkan di TikTok.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengatur target siapa saja yang akan melihat iklan kamu di TikTok. Bisa berdasarkan lokasi, minat, hingga usia. Sehingga iklan bisa ditampilkan pada pengguna yang tepat.

Detail lain yang bisa kamu isi adalah nama tampilan iklan, gambar iklan, dan kategori yang relevan. Sehingga iklan juga akan muncul pada kategori yang terkait.

Mengisi deskripsi mengenai hal yang diiklankan juga bisa menambah keakuratan iklan yang akan ditampilkan.

4. Tentukan Anggaran dan Waktu Iklan Tampil

Terakhir kamu bisa menentukan anggaran yang kamu siapkan untuk tampilan iklan di TikTok. Kamu juga bisa mengatur waktu kapan waktu yang tepat untuk menampilkan iklan. Misal pasar yang kamu target adalah usia produktif. mungkin saat yang tepat adalah bukan waktu aktif kerja yakni pukul 4 sore hingga malam.

Anggaran juga bisa kamu sesuaikan dengan durasi tayangnya iklan. Untuk menampilkan iklan lebih lama, setel anggaran seminimal mungkin. Namun impresi yang akan kamu dapat mungkin akan lebih kecil.

Kalau mau dapat impresi yang lebih banyak, setel anggaran maksimal. Konsekuensinya durasi iklan akan lebih singkat. Alternatifnya, tambahkan saldo untuk mendapatkan impresi tinggi dan durasi tayangnya iklan yang lebih lama.

Setelah itu, iklan akan ditinjau sebelum ditayangkan. Tenang, asal iklan tidak melanggar kebijakan pasti akan disetujui dan segera tayang.

• Berapa Biaya Pasang Iklan di TikTok Ads?

Kita bisa mengatur biaya iklan yang akan kita habiskan untuk beriklan di TikTok Ads, budget minimal per hari adalah Rp. 50.000 rupiah.

TikTok menggunakan sistem CPM untuk iklannya, yakni biaya per 1.000 tayangan. Untuk harganya beragam ya, tapi rata-rata sekitar $10 per 1.000 tayangan iklan kita. Ketika iklan kita sudah tayang sebanyak 1.000 kali, maka kita harus membayar sesuai harga CPM tersebut.

Jadi, misal kita ingin mendapat seribu tayangan, maka kita harus mengatur budget harian sebesar Rp. 150.000. Kalau mau pasang Rp. 50.000 juga bisa sih, tapi tayangan iklan kita mungkin hanya di angka 300-400an saja, karena begitu budget habis maka iklan juga berhenti tayang.

Akhir Kata

Jadi itu dia ya Sobat Gadget, informasi mengenai TikTok Ads. Sudah kita bahas mulai dari bagaimana cara pasang iklan di TikTok, hingga berapa biayanya.

Mahal atau murah sih beriklan di TikTok Ads? Kalau lihat penggunanya yang cukup banyak dan semakin meningkat, beriklan di TikTok cukup potensial sehingga harga sekian tidak bisa dibilang mahal.

Mungkin alternatif lainnya jika ingin menyesuaikan budget, kalian bisa memakai jasa artis TikTok, yakni pengguna dengan follower yang banyak. Bisa dengan endorse atau paid promote.

Jadi bagaimana menurut Sobat? Worthy kah beriklan di TikTok? Kalau menurut JagoanGadget.com sih TikTok Ads cukup bagus, bisa mengembangkan sebuah bisnis dengan iklan online.

Posting Komentar untuk "Tingkatkan Bisnis Online dengan TikTok Ads"