Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan Pola Investasi Pria dan Wanita

Perbedaan pola Investasi Pria dan Wanita - Pria dan wanita memiliki perbedaan baik secara fisik, karakteristik, cara pandang, hingga memutuskan sebuah pilihan. Perbedaan tersebut juga dirasakan dari cara mereka membuat pola investasi.

Perbedaan strategi maupun pola investasi antara pria dan wanita bukanlah hal yang salah. Hal ini disebabkan investasi perlu melakukan penyesuaian dengan keuangan sang investor. Meski demikian, perbedaan pola mereka dalam memutuskan strategi investasi dapat dilihat berdasarkan perbedaan faktor.

Perbedaan Pola Investasi Pria dan Wanita

Mengenal Investasi

Menyadur definisi dari laman InvestBro, Investasi merupakan salah salah satu bentuk produk yang dijual perusahaan sekuritas ke pasar modal. Pasar modal sendiri akan mempertemukan investor dengan nasabah untuk membeli produk investasi atau asset lainnya. Tujuan dari investasi bagi nasabah adalah untuk mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu tertentu.

Investasi dapat menjadi penghasilan pasif yang membantu Anda dalam mewujudkan berbagai tujuan finansial. Dengan deviden atau bunga yang lebih besar dari deposito, Anda dapat sekaligus menabung untuk jangka panjang Anda. Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda perlu memahami seluk beluk dan cara kerja produk investasi.

Produk investasi di pasar modal cenderung beragam. Anda dapat memilih produk investasi mulai dari obligasi, reksa dana, saham, surat berharga negara (SBN), dan lain sebagainya. Tata cara dalam membuat strategi untuk meraih keuntungannya pun berbeda. 

Pola Untuk Investasi

Untuk mengetahui cara memperoleh keuntungan, terdapat dua hal penting dari aktivitas investasi, yakni capital gain dan cash flow. Capital gain merupakan pergerakan uang yang menunjukkan adanya pertumbuhan modal. Sedangkan cash flow merupakan pergerakan uang itu sendiri.

1. Berfokus pada Capital Gain

Menyadur definisi dari laman InvestBro, Bentuk investasi capital gain cenderung berfokus ada kenaikan dari produk investasi yang Anda beli. Pola ini dapat dilakukan ketika Anda membeli dengan harga rendah kemudian menjualnya dengan harga yang tinggi. Selisih dari harga tersebutlah menjadi sebuah capital gain. Adapun produk yang dapat memberikan capital gain, diantaranya reksa dana, valuta asing, jual beli rumah, jual beli saham, jual beli property, dan lain sebagainya.

2. Fokus pada Investasi Cash Flow

Pemanfaatan cash flow cenderung menuju pada penghasilan berkala. Contoh produk yang menggunakan investasi cash flow adalah peer to peer leading, uang sewa kos, surat utang seperti SBR, sukuk ritel, sukuk tabungan, atau deviden saham.

Pola investasi ini umumnya memberikan keuntungan setiap periode tertentu, mulai dari per bulan, per tiga bulan, hingga tahunan. Umumnya investor memanfaatkan jenis investasi ini untuk memenuhi kebutuhan saat pensiun nanti, melunasi hutang, dan lainnya.

Perbedaan Pola Investasi Pria dan Wanita

Strategi seseorang dalam melakukan investasi disesuaikan dengan kebutuhan tiap orang yang berbeda pula. Hal ini pun juga terlihat bagi pria maupun kaum wanita. Oleh karena itu, berikut perbedaan strategi investasi pria dan wanita.

1. Pengelolaan Uang untuk Investasi

Sebagaimana yang diketahui, laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan kebutuhan hidup. Kebutuhan masing-masing dari mereka mempengaruhi gaya hidup mereka dalam berbelanja dan mengelola uang.

Mungkin perempuan identik dengan hobi yang suka belanja, namun Anda perlu mengetahui produk dan harga yang dibeli oleh kaum laki-laki cenderung lebih mahal! Tidak hanya itu, para pria lebih memiliki harga diri yang tinggi, sehingga mereka akan tampil bergaya bahkan rela mengeluarkan biaya yang besar.

Karena pengeluaran tersebut, jumlah uang untuk investasi bagi para pria umumnya lebih sedikit dibanding wanita. Meki Demikian, ketika tuntutan seperti berkeluarga membuat mereka mengurangi pembelian produk yang hanya untuk hobi.

Sebaliknya, perempuan yang suka berbelanja sangat memerhatikan jumlah pengeluaran mereka. Ada pula dari mereka yang rela mencari promo habis-habisan atau mencari diskon hingga membuat mereka menunggu periode tertentu untuk belanja.

2. Kepercayaan Diri

Kaum pria umumnya lebih suka mencari investasi yang lebih risiko karena mereka ingin menemukan jenis investasi yang bisa memberikan keuntungan semakin besar. Sedangkan kaum perempuan menjaga sedemikian rupa uang yang mereka pegang. Wanita umumnya lebih suka dan rajin menabung sehingga memilih investasi yang lebih aman. 

Tidak hanya itu, para perempuan cenderung mudah khawatir khususnya terhadap pengelolaan finansial. Tidak jarang dari mereka mencari teman untuk diskusi ketika memilih portofolio investasi.

3. Tujuan Investasi

Dari segi karakter, tujuan investasi para pria sering berfokus pada jangka pendek. Dengan karakter tersebut, mereka sering memindahkan alokasi investasi miliknya. Sikap sabaran tersebut tidak hanya menunjukkan pria tidak sabaran, namun memiliki risiko lebih tinggi untuk kehilangan profit.

Untuk perempuan, mereka lebih suka investasi jangka panjang. Para wanita umumnya sering mempertimbangkan kondisi keluarga di masa depan seperti biaya kesehatan, sekolah anak, hingga biaya pensiun. Sikap tersebutlah mempengaruhi para wanita untuk mencari investasi yang aman.

3. Risiko dalam Investasi

Berdasarkan beberapa penelitian, terdapat 41% pria rela untuk memilih investasi dengan risiko lebih besar. Mereka menganggap bahwa keuntungan investasi dapat diperoleh secara cepat, dan semakin besar risiko yang diperoleh maka keuntungannya pun akan semakin besar pula.

Sementara perempuan hanya terdapat 22% yang menyatakan hal serupa.  Para wanita umumnya sering mencari investasi yang lebih stabil karena mereka sangat menjaga uang yang mereka miliki. Oleh karena itu, mereka akan sebisa mungkin mengecilkan risiko investasi yang mereka pilih.

Akhir Kata

Strategi investasi setiap orang cenderung berbeda. Perbedaan cara mereka berinvestasi juga dirasakan baik pria maupun wanita. Meski demikian perbedaan cara pandang & strategi investasi mereka tidak ada yang lebih buruk atau lebih baik lantaran investasi disesuaikan dengan kebutuhan tiap orang yang berbeda pula.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Pola Investasi Pria dan Wanita"