Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menghidupkan HP Xiaomi yang Mati Total tanpa Tombol Power

 Cara Menghidupkan HP yang Mati Total tanpa Tombol Power - Xiaomi menjadi salah satu brand Smartphone yang paling diminati di Indonesia. Karena harganya murah, namun memiliki spesifikasi dan performa HP yang sangat baik.

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Mati Total tanpa Tombol Power

Namun, tentu ada konsekuensi dari kelebihan yang kita dapat. Mungkin banyak yang merasa bahwa build quality atau kualitas fisik dari smartphone Xiaomi relatif lebih "ringkih" alias terasa lebih mudah rusak, dibandingkan HP dari brand premium lainnya.

Tapi tidak semua HP Xiaomi ya, kalau yang kelas flagship atau premium tentu punya kualitas yang bagus.

Tapi beberapa tipe HP di kelas harga menengah ke bawah milik Xiaomi, memang banyak pengguna yang merasa fisiknya terasa tidak awet dan mudah rusak. Seperti tombol power misalnya.

Menghidupkan HP Xiaomi tanpa Tombol Power

Tombol power merupakan salah satu hal yang vital pada Smartphone. Dengan fungsinya untuk menghidupkan/menyalakan dan membuka/kunci layar HP, jika terjadi kerusakan tentu akan sangat merepotkan.

Karena ada beberapa keluhan dari Sobat Gadget yang mengalami kesulitan menggunakan HP Xiaomi yang rusak tombol powernya, pada artikel kali ini JagoanGadget.com akan membagikan cara menghidupkan HP Xiaomi yang mati total tanpa tombol power.

Kalau untuk sekedar buka kunci layar mungkin sangat mudah, bisa dengan sensor biometrik seperti  Fingerprint atau Face Unlock yang mana kebanyakan HP Xiaomi sudah mendukung fitur ini, untuk HP kelas bawah hingga menengah sekalipun.

Tapi bagaimana kalau mau mengunci layar HP? Atau menyalakan HP Xiaomi yang kondisinya mati total? Tentu tidak bisa sekedar pakai sensor biometrik.

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power

Seperti yang pernah kita bahas pada artikel sebelumnya, Cara Menghidupkan HP tanpa Tombol Power, banyak cara yang bisa kita gunakan.

Namun, pada pembahasan kali ini kita akan berfokus pada perangkat HP Xiaomi. Ada beberapa cara khusus yang bisa kita gunakan untuk menghidupkan HP Xiaomi yang mati tanpa tombol power.

• Menghidupkan dan Mematikan HP Terjadwal

Xiaomi memiliki fitur menghidupkan dan mematikan HP dengan jadwal yang bisa kita atur. Fitur ini bermanfaat untuk kasus di mana tombol power rusak sehingga kesulitan untuk mematikan atau menghidupkan HP (bukan kunci/buka layar HP).

Misal kita ingin mematikan HP saat kita tidur dan ingin HP menyala kembali saat kita bangun. Kita bisa gunakan fitur ini. Caranya:

  1. Buka fitur "Keamanan" (biasanya aplikasi ini sudah ada di Home Screen"
  2. Pilih baterai
  3. Swipe (geser) ke kiri
  4. Di sana kalian akan menemui pilihan "Jadwal Daya Hidup/Mati"
  5. Pada menu ini, kita bisa langsung mengatur kapan HP Mati dan kapan harus menyala kembali

• Tap to On Screen

Berbeda dengan cara sebelumnya, cara menyalakan HP Xiaomi yang mati tanpa tombol power berikutnya memiliki kegunaan untuk kasus yang berbeda.

Fitur Tap to On Screen memiliki fungsi untuk menyalakan layar HP tanpa tombol. Misalkan saat tombol power rusak, kamu juga tidak bisa menggunakan sensor biometrik untuk membuka kunci layar sehingga kesulitan untuk menyalakan layar HP.

Atau hanya ingin menyalakan layar HP untuk melihat notifikasi, jadi tidak perlu sampai buka kuncil layar cukup dengan fitur Tap to On Screen ini. Caranya:

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Kemudian pilih menu "Layar Kunci"
  3. Aktifkan "Ketuk Dua Kali untuk Bangunkan atau Matikan Layar"
  4. Sekarang kamu bisa menyalakan layar HP Xiaomi tanpa tombol power hanya dengan ketuk 2x

HP Xiaomi Mati Total

Untuk kondisi HP Xiaomi yang mati total dan tidak bisa dihidupkan dengan tombol power, banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Bisa karena kerusakan software, hardware, atau sekedar kehabisan baterai.

Karena itu, JagoanGadget.com pun juga tidak bisa memberikan solusi sebelum mengetahui dengan jelas. Karena penanganan yang salah bisa mengakibatkan hal yang lebih buruk.

Untuk langkah pertama yang aman untuk coba menghidupkan HP Xiaomi mati total dan tidak bisa dinyalakan dengan tombol power adalah dengan mengisi daya baterai (charging).

Kehabisan daya juga bisa mengakibatkan HP Xiaomi mati total dan sulit dihidupkan dengan tombol power. Jadi coba lakukan pengisian daya beberapa menit untuk menghidupkannya.

Sedangkan untuk HP Xiaomi mati total karena kerusakan hardware atau software, tentu perlu penanganan khusus. Bisa dengan flashing hingga mengganti komponen yang rusak. Untuk kasus seperti ini disarankan untuk membawa HP ke Service Center atau tempat reparasi HP.

Untuk Sobat yang berdomisili di Kota Malang, JagoanGadget punya salah satu rekomendasi tempat service di HPMalang.com.

Akhir Kata

Jadi itu dia ya Sobat cara menghidupkkan HP Xiaomi Mati Total tanpa Tombol Power. Mungkin Sobat tidak menemukan solusi dari artikel ini. Karena memang, banyak kasus dan penyebab yang berbeda untuk HP Xiaomi yang mati total.

Untuk itu, Sobat bisa mengajukan pertanyaan di kolom komentar. Kalau ingin berbagi pengalaman dan punya solusi lain bisa juga kok.


Posting Komentar untuk "Cara Menghidupkan HP Xiaomi yang Mati Total tanpa Tombol Power"