Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Jitu Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan - Kartu SIM tentu menjadi hal yang sangat penting untuk sebuah HP. Tanpa kartu SIM, kita tidak bisa menggunakan HP sebagaimana fungsinya untuk berkomunikasi.

Untuk smartphone, mungkin kita masih bisa pakai walau tanpa adanya kartu SIM, asal terhubung dengan jaringan internet (Wifi). Tapi masa harus terus terhubung dan tidak bisa dibawa kemana-mana?

Dengan kartu SIM, perangkat HP jadi bisa menerima jaringan (signal) untuk Telepon/SMS ataupun terhubung dengan internet.

Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Namun, sering kali terjadi kendala HP Kartu SIM Tidak Ada Layanan alias tidak ada jaringan. Hal ini bisa disebabkan karena beragam penyebab.

Mulai dari kerusakan pada perangkat HP, kerusakan pada Kartu SIM itu sendiri, hingga IMEI diblokir pemerintah.

Diblokir pemerintah? Yap, Kemenperin menerapkan kebijakan untuk memblokir HP yang tidak terdaftar IMEInya (ilegal), sehingga Kartu SIM Tidak Ada Layanan.

Untuk Sobat yang belum tahu, bisa baca artikel mengenai hal ini di Cara Mengatasi IMEI Diblokir.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Mengalami kendala Kartu SIM Tidak Ada Layanan? Jangan panik, JagoanGadget.com akan membagikan langkah-langkah untuk mengatasinya sekaligus mendiagnosis apa yang menjadi penyebabnya.

1. Restart (Nyalakan Ulang) HP

Kartu SIM Tidak Ada Layanan bisa disebabkan karena kerusakan atau kesalahan software dari sebuah HP. Bisa karena bug, kesalahan instal/update OS, Malware (virus), dan sebagainya.

Cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan coba nyalakan ulang HP. Kesalahan software seperti bug yang menyebabkan Kartu SIM Tidak Ada Layanan, bisa diatasi dengan merestart HP. Setelah direstart, jaringan bisa kembali normal.

Untuk kerusakan software ditingkat yang lebih tinggi seperti kesalahan instal OS atau upaya Rooting, juga membutuhkan penanganan lebih lanjut yakni flashing.

Tapi jangan lakukan flash terlebih dahulu, bisa jadi penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan bukan karena kerusakan software. Karena konsekuensi flash HP adalah hilangnya data pada HP.

2. Coba Kartu SIM Lain

Jika sudah coba restart HP tapi tetap tidak ada layanan, langkah selanjutnya coba pakai Kartu SIM lain. Coba dengan provider yang sama dan juga yang berbeda agar kita bisa mendiagnosis kendala dengan tepat.

Kalau pakai Kartu SIM dari provider lain bisa, kemungkinan kendala ada gangguan pada provider (yang Kartu SIMnya tidak ada layanan). Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan menunggu hingga gangguan bisa diatasi provider tersebut.

3. Ganti Kartu SIM

Kalau sudah coba ganti Kartu SIM dengan provider yang sama dan ternyata bisa, berarti kendala ada pada Kartu SIM itu sendiri.

Faktor usia bisa menjadi penyebab rusaknya Kartu SIM. Bahkan terkadang walaupun secara fisik masih bagus, karena terlalu lama Kartu SIM mengalami kerusakan sehingga tidak ada layanan.

Solusinya adalah dengan mengganti Kartu SIM. Kamu bisa langsung datang ke gerai provider untuk melakukan pergantian Kartu SIM.

Jangan lupa siapkan hal-hal yang dibutuhkan, seperti: 

  • KTP
  • KK
  • 2 Nomor telepon yang pernah dihubungi 1 bulan terakhir

Untuk Kartu SIM pengganti biasanya dikenakan biaya, jadi jangan lupa bawa uang ya, Sob.

Tapi kalau mau ganti Kartu SIM dengan nomor HP yang lain atau provider lain, lebih mudah. Tinggal beli saja yang baru.

3. Factory Reset / Reset Pabrik

Kalau tetap tidak bisa, langkah selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan mereset pabrik HP. Tapi, semua data yang ada pada HP akan hilang loh. Jangan lupa amankan terlebih dahulu data-data penting di perangkat lain.

Kartu SIM Tidak Ada Layanan bisa terjadi karena adanya Malware atau Virus yang tidak sengaja masuk/terunduh ke HP, sehingga menyebabkan kerusakan software. Jadi dengan reset factory, semua data bisa terhapus termasuk Malware tersebut.

4. Flashing

Selain Malware, kerusakan software yang mengakibatkan Kartu SIM Tidak Ada Layanan bisa dikarenakan kerusakan software.

Misal kamu habis instal HP dengan OS (ROM) lain yang tidak sempurna ada bug, mencoba Rooting HP dengan cara yang salah, dan semacamnya.

Satu-satunya untuk mengatasinya adalah dengan flash HP.

5. Service HP

Kalau masih tidak bisa, kemungkinan besar kerusakan ada pada hardware HP. Biasanya Kartu SIM Tidak Ada Layanan bisa disebabkan karena kerusakan SIM Connector, IC PA, atau komponen lainnya.

Dalam kasus seperti ini, sangat disarankan untuk membawa HP ke tempat reparasi HP untuk ditangani lebih lanjut oleh ahlinya. Bisa ke Service Center atau konter tempat service HP.

Tapi Ingat, coba dulu langkah sebelumnya. Karena untuk mereparasi HP butuh biaya yang lebih besar. Apalagi banyak oknum reparasi HP yang nakal.

Bisa saja sebenarnya HP mengalami Kartu SIM Tidak Ada Layanan yang bisa diatasi dengan langkah 1 - 4. Karena itu, coba dulu langkah lainnya sebelum memvonis HP rusak hardware dan membawanya ke tempat reparasi HP.

6. Pakai Jasa Unblock IMEI

Oh iya Sobat, ada penyebab terakhir Kartu SIM Tidak Ada Layanan yakni IMEI diblokir pemerintah. Pada kasus ini, satu-satunya untuk mengatasi hal seperti ini adalah dengan menggunakan Jasa Unblock IMEI.

Tapi untuk memastikan, sebelumnya lakukan pengecekan IMEI apakah benar-benar diblokir. Caranya mudah kok, dengan memasukkan IMEI HP pada situs kemenperin. Lebih detailnya bisa cek di artikel Cara Cek IMEI Terblokir.

Nah, kalau memang diblokir tinggal pakai Jasa Unblock IMEI deh.

Bingung cari Jasa Unblock IMEI yang trusted dan bergaransi? Tenang, JagoanGadget.com menyediakan jasa untuk membuka IMEI yang diblokir.

Jasa ini memberi jaminan dan garansi, jadi kalau ada kendala yang terjadi selama menggunakan Jasa Unblock IMEI bisa langsung hubungi CS. Kami akan memberikan pelayanan terbaik dengan menyelesaikan masalah secepatnya.

Soal biaya? Dijamin paling murah se-Indonesia Raya. Mulai dengan 150 ribuan saja, HP yang tidak ada sinyal karena IMEI diblokir bisa digunakan kembali dengan normal.

Jasa Unblock ini adalah yang pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Jadi selain Sobat bisa memperbaiki HP Sobat yang IMEI nya diblokir, Sobat bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis dengan menjadi reseller.

Untuk informasi selengkapnya bisa langsung hubungi CS, dengan klik Jasa Unblock IMEI 1 atau Jika slow response bisa ke sini Jasa Unblock IMEI 2

Pokoknya dijamin tidak mengecewakan.

Posting Komentar untuk "Cara Jitu Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan"