Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ragu? Ini Alasan Kenapa Orang Pilih Crypto

Alasan Kenapa Pilih Crypto - Mungkin Coin Crypto sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Benar, Aset Digital ini menjadi semakin populer belakangan ini.

Semenjak BitCoin (BTC), salah satu Coin Crypto yang harganya melambung tinggi dan membuta pemiliknya kaya mendadak kaya.

Ada juga beberapa Crypto lainnya yang harganya tiba-tiba naik berkali-kali lipat, seperti Shiba Inu (SHIB) yang membuat seorang penjaga mendadak jadi Miliarder.

Baca di : Hold SHIB, Penjaga Toko jadi Miliarder

Masih ada Ethereum, Cardano, dan lainnya yang diprediksi para Trader Crypto memiliki potensi yang sangat menguntungkan.

Hal ini, membuat banyak orang bahkan orang yang awam dengan Aset Digital mulai tertarik berinvestasi di Cryptocurrency.

Alasan Kenapa Pilih Crypto

Tapi, tidak sedikit juga yang masih ragu karena belum tahu Alasan Kenapa Pilih Crypto. Ada juga yang hanya ikut-ikut trend saja, sehingga melakukan investasi buta pada aset digital Crypto.

Tentu, untuk sebelum menginvestasikan aset kita, kita harus mengenali sebuah aset investasi. Harus tahu bagaimana potensinya, apa saja resikonya, dan apakah benar-benar bisa digunakan untuk berinvestasi.

Nah, karena itu di sini JagoanGadget.com akan membahas tema "Alasan Kenapa Pilih Crypto". Mulai dari apa saja kelebihannya dibandingkan aset lain, resiko dan kekurangannya, dan hal yang bisa jadi alasan kenapa kita pilih Crypto.

Alasan Kenapa Pilih Crypto

Penjelasan Singkat tentang Crypto

Untuk Sobat yang belum mengenal tentang Aset Digital satu ini, atau hanya dengar saja dan tidak memahaminya, berikut penjelasan singkat mengenai apa itu Crypto.

Pada dasarnya, mata uang Kripto atau Cryptocurrency adalah mata uang virtual alias digital, yang mana keamanannya dilindungi oleh kriptografi. Sehingga sudah bisa dipastikan sulit untuk menggandakan atau memalsukannya.

Jadi, Crypto merupakan alat transaksi digital yang keamanannya tidak diragukan lagi.

Kebanyakan aset digital Crypto berada di jaringan terdesentralisasi yang berjalan di atas teknologi blockchain. Karena bersifat terdesentralisasi, Cryptocurrency tidak diterbitkan, diawasi, atau diatur oleh otoritas resmi maupun pemerintah.

Bingung apa itu BitCoin, Ethereum, dan lainnya? Banyak sekali macam dari Coin Crypto, termasuk BTC dan ETH.

Ada hampir ribuan jenis Coin Crypto di dunia. Tentu dengan harga dan nilai guna yang berbeda-beda. kita bisa ambil 2 Coin yang kita sebut sebelumnya untuk perbandingan.

Bitcoin dikenal sebagai alat penyimpan kekayaan (Store of Value). Tercatat saat ini hanya ada 21 juta keping yang beredar. Dengan jumlahnya yang sedikit dan mulai banyak pengguna (orang yang beli), maka nilainya pun relatif meningkat. Tentu jadi pilihan untuk orang yang tidak ingin nilai asetnya tergerus inflasi.

Sedangkan ETH alias Ethereum, dikenal dengan kegunaannya di ekosistem keuangan terdesentralisasi (Decentralized Finance/DeFi). Sehingga, mereka yang ingin memanfaatkan jasa keuangan terdesentralisasi tentu akan memburu Ether (ETH) sebagai jagoannya.

Kelebihan dan Kekurangan Crypto

Kalau sudah mengenal apa itu Cryptocurrency dan sebelum membahas alasan kenapa pilih Crypto, agar lebih lengkap kita akan membahas kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

• Kelebihan Crypto

Dengan Cryptocurrency, pengguna bisa melakukan transfer dana antar pengguna dengan lebih mudah. Tanpa memerlukan perantara, atau disebut intermediaries seperti Bank. Jadi, proses transfer juga lebih cepat dan tidak ada birokrasi yang berbelit-belit, apalagi beban biaya yang harus dibayar.

Akan tetapi meskipun tanpa perantara dan mungkin terkesan tidak aman, ada pencatatan transaksi di Blockchain menggunakan algoritma konsesus tertentu. Yang mana hal ini menjadikan transaksi aman karena tidak semua orang bisa menjalankan algoritma tersebut.

• Kekurangan Crypto

Akan tetapi, karena tidak tercatat dan diawasi oleh Otoritas Resmi atau Pemerintah, banyak penyalahgunaan pada Aset Digital ini. Seperti kegiatan pencucian uang hingga terorisme, tentu akan "aman" jika transaksi menggunakan Crypto.

Kenapa Harus Pilih Crypto?

Dibalik kontroversi Crypto mengenai kelebihan dan kekurangannya, banyak pihak yang memilih Crypto. Baik untuk bertransaksi, maupun sekedar untuk investasi.

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi alasan kenapa orang pilih Crypto:

1. Blockchain

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa teknologi yang digunakan pada Crypto, Blockchain, dapat memicu revolusi keuangan di masa depan. Blockchain sendiri merupakan sebuah buku besar yang berisikan transaksi aset kripto yang bisa diakses secara publik, namun isinya tidak dapat diubah secara sembarangan.

Untuk proses transaksi, Blockchain bisa mememangkas perantara keuangan yang membuat transaksi lebih mudah dan murah.

Selain itu, teknologi blockchain juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan jasa keuangan, misalnya tabungan, pinjam-meminjam, asuransi, hingga Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Dengan prospek kedepannya inilah banyak orang menganggap Crypto bisa menjadi alat tukar yang potensial di masa depan dengan teknologi Blockchainnya, sehingga mulai berinvestasi dari sekarang.

2. Anti Inflasi

Dibandingkan Uang Fiat (alat pembayaran sah) memiliki suplai yang tidak terbatas. Seperti yang kita rasakan menggunakan uang saat ini, nilanya terus tergerus inflasi.

Berbeda dengan Cryptocyrrency yang memiliki suplai yang terbatas sehingga bisa dikatakan nilainya akan lebih stabil. Dan juga inflasi tidak akan berimbas langsung terhadap Crypto.

Stabilitas juga menjadi alasan utama kenapa orang pilih aset Crypto untuk berinvestasi.

3. Cara Baik Bagi Investor Untuk Mengelola Risiko

Investasi cryptocurrency kini sedang naik daun. Sehingga, tak heran jika aset digital ini kerap menjadi objek para spekulan atau trader-trader yang mencari cuan instan. Akibatnya, tak heran jika fluktuasi harga aset kripto pun terbilang kencang.

Nah, di saat-saat seperti ini, investor bisa melatih mentalnya untuk tidak terpengaruh dengan situasi yang ada. Selain itu, berinvestasi di aset kripto membuat mereka lebih mengedepankan “otak” ketimbang emosi dalam berinvestasi.

Bahkan terkadang, risiko berinvestasi cryptocurrency berasal dari sang pengguna itu sendiri. Sebagai contoh, kita pernah dihebohkan dengan kabar bahwa seseorang kehilangan aset kriptonya setelah lupa kata kunci dompet digitalnya, seperti terdapat di artikel berikut.

Akhir Kata

Jadi itu dia ya Sobat beberapa penjelasan mengenai Alasan Kenapa Pilih Crypto yang bisa JagoanGadget.com sampaikan. Mungkin untuk Sobat yang masih ragu dan bingung, penjelasan ini bisa menjadi pertimbangan.

Dan untuk Sobat yang jadi berminat dan ingin memulai Cryptocurrency untuk berinvestasi, mungkin bisa baca artikel Cara Mudah Mulai Trading Crypto untuk Pemula atau baca artikel lainnya di label Crypto.

Posting Komentar untuk "Ragu? Ini Alasan Kenapa Orang Pilih Crypto"