Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Jitu Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Browsing

Google Chrome Tidak Bisa Browsing - Untuk bisa mengakses informasi yang ada pada situs-situs, tidak hanya koneksi internet, kita juga butuh mesin peramban. Mungkin yang lebih familiar oleh kita adalah browser.

Banyak pilihan browser yang bisa kita pakai mulai dari Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera, dan lainnya. Yang paling banyak digunakan saat ini adalah Google Chrome.

Memang, selain Chrome memiliki fitur yang cukup lengkap dan UI yang mudah untuk pengguna, Google juga memiliki banyak layanan lain yang terintegrasi. Sehingga pengguna lebih mudah untuk melakukan banyak hal dengan Google Chrome.

Google Chrome Tidak bisa Browsing

Meski demikian, ada beberapa kendala yang sering ditemui saat menggunakan Google Chrome. Salah satunya dan yang mungkin sering ditemui adalah Google Chrome tidak bisa Browsing.

Tentu kendala ini sangat mengganggu untuk pengguna. Ya apa gunanya sebuah browser kalau tidak bisa digunakan untuk browsing di Internet.

Google Chrome Tidak Bisa Browsing

Cara Mengatasi Google Chrome Tidak bisa Browsing

Kali ini JagoanGadget.com akan membagikan cara mengatasi untuk Google Chrome Tidak bisa Browsing.

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab tidak bisanya Google Chrome digunakan untuk browsing. Berikut penyebab beserta solusi alias cara untuk mengatasinya.

1. Update Google Chrome

Untuk memberikan layanan yang terbaik, setiap pengembang perangkat lunak akan melakukan pemeliharaan dan pembaruhan terhadap produknya. Pembaruan juga bertujuan untuk memperbaiki kesalahan yang ada pada versi sebelumnya.

Begitu juga pengguna, harus menggunakan perangkat lunak dengan versi yang paling baru agar bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Google Chrome tidak bisa browsing juga bisa disebabkan karena tidak menggunakan versi yang terbaru. 

Jadi kalau Sobat tidak memakai versi yang terbaru, segera lakukan update atau pembaruan yang bisa memperbaiki bug yang ada. Termasuk tidak bisa browsing.

Pada PC (Komputer atau Laptop), kamu bisa cek pada menu dengan klik ikon titik tiga pada bagian pojok kanan atas. Jika tidak ada opsi update, berarti kamu sudah menggunakan versi yang terbaru.

Sedangkan untuk smartphone, kamu bisa cek di Playstore (Android) atau Appstore (iOS) mengenai pembaruan aplikasi yang ada.

2. Bersihkan "Browser Data"

Setiap kita browsing, data akan tersimpan di browser kita. Tujuannya agar memudahkan browsing. Misalnya cache atau autofill, yang memudahkan kita mengakses sebuah situs kembali.

Tapi, data-data yang tersimpan juga bisa mengganggu kinerja browser, seperti membuat Google Chrome tidak bisa browsing. Karena terlalu banyak data yang tersimpan, atau bisa juga ada file yang mengganggu (malware/virus).

Karena itu, cara mengatasi Google Chrome tidak bisa browsing yang disebabkan browser data adalah dengan membersikan data pada browser.

Caranya mudah kok, tinggal pergi ke "Setting" atau "Pengaturan", kemudian pilih "Privasi dan Keamanan" atau "Privacy and Security", lalu "Clear Browser Data".

Untuk PC maupun HP, cara membersihkan data browser Google Chrome sama kok.

3. Periksa Koneksi Internet

Jaringan internet juga bisa menjadi penyebab Google Chrome tidak bisa browsing. Mungkin ini hal sepele, tapi banyak yang tidak menyadarinya dan menyangka penyebabnya adalah pada browser.

Untuk memastikan, coba buka aplikasi lain pada HP smartphone. Kalau di Laptop atau Komputer, bisa coba buka browser lain atau jika tidak ada buka software online lainnya. Kalau semua tidak bisa diakses, berarti memang koneksi jaringan internetlah penyebabnya.

Solusinya ya ganti koneksi internet. Kalau sedang ada gangguan, tunggu sampai internet normal kembali.

4. Instal Ulang Google Chrome

Kalau beberapa cara mengatasi Google Chrome Tidak bisa Browsing di atas, mungkin menghapus dan menginstal kembali Google Chrome bisa menjadi solusi terakhir yang paling tepat. Kecuali untuk masalah jaringan internet ya.

Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Browsing pada Laptop (PC)

Kendala Google Chrome tidak bisa browsing pada Laptop atau Komputer mungkin lebih kompleks. Dengan penyebab yang lebih beragam dan cara mengatasinya pun juga berbeda.

Berikut beberapa cara mengatasi Google Chrome tidak bisa browsing pada perangkat PC (Laptop dan Komputer.

• Menambahkan Kode pada Shortcut

  • Cari ikon Google Chrome di Desktop atau menu Start
  • Klik kanan
  • Pilih Properties
  • Cari Shortcut
  • Pada kolom Target, tambahkan perintah "-no-sandbox" (tanpa tanda kutip)
  • Sehingga menjadi "C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application\chrome.exe"-no-sanbox
  • Setelah itu, klik Apply

Pada kasus tertentu, cara ini tidak bisa berjalan dengan baik. Maka coba lagi cara di bawah ini,

Ganti tulisan -no-sandbox dengan ––no-sandbox (strip pertama 2x) Setelah itu silahkan coba kembali browser kalian.

Restart komputer Anda, dan coba jalankan kembali browser Google Chrome Anda.

• Mengurangi Penggunaan Memori

Terlalu banya software yang berjalan, bisa membuat kapasitas memori penuh. Hal ini bisa mengganggu kinerja dari Google Chrome hingga tidak bisa dipakai untuk browsing.

Solusinya adalah dengan menutup beberapa software yang dirasa tidak diperlukan.

Kamu juga bisa melihat apa saja yang berjalan pada Task Manager. Untuk membukanya, tekan tombol CTRL+ALT+DELETE. kemudian pilih "Task Manager".

Kalau memang perangkat kamu memiliki spesifikasi yang pas-pasan, disarankan untuk tidak menginstal terlalu banyak software yang tidak begitu kamu perlukan. Agar performa PC bisa maksimal untuk menjalankan layanan.

Kalau semua sudah dilakukan dan Google Chrome masih tetap tidak bisa browsing, coba nyalakan ulang (restart) perangkat PC kamu.

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia ya Sobat cara mengatasi Google Chrome yang tidak bisa browsing. Menurut mimin, paling ampuh sih dengan cara menghapus software/aplikasi Google Chrome dan kemudian menginstalnya kembali.

Karena dengan begitu, semua pengaturan akan kembali seperti awal. Sehingga Google Chrome yang mungkin pengaturan yang error bisa diatasi.

Lebih bagus kalau kamu download ulang filenya ya, siapa tahu memang ada update (untuk komputer dan laptop.

Kalau penyebabnya karena jaringan sih, solusi satu-satunya ya dengan memperbaiki jaringan internet itu sendiri. Bisa dengan mengganti koneksi ke jaringan internet yang berjalan normal.

Kalau Sobat punya pengalaman dan cara lain untuk mengatasi masalah Google Chrome tidak bisa browsing, jangan lupa tulis dikolom komentar ya. Siapa tahu Sobat lainnya bisa terbantu. Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Cara Jitu Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Browsing"