Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HP Lipat Android Samsung Z Flip3 dan Fold3, Layarnya bisa Dilipat!!!

 Samsung membuat sebuah gebrakan baru yang sangat menarik pada teknologi Smartphone. Yakni dengan merilis HP atau smartphone flip, yang bisa dilipat membuat HP lebih compact dan mudah disimpang.

Mungkin kita sudah tidak asing dengan HP lipat. Bahkan sejak awal diperkenalnya, banyak HP yang memiliki desain flip atau lipat.

Tapi kali ini Samsung memperkenalkan desain terbaru yang sangat unik bahkan mungkin tidak masuk akal. Pada seri Samsung Galaxy Z Flip3 dan Fold3 5G, Samsung menghadirkan sebuah smartphone Android yang bisa dilipat.

HP Lipat Samsung Galaxy Z Flip3 dan Fold 3

Seperti yang kita ketahui, desain smartphone Android sekarang menggunakan konsep full layar dengan navigasi yang menggunakan sentuhan pada layar.

Lalu bagaimana kalau dijadikan dengan desain lipat? Apakah seperti HP jadul yang layar dan keypad terpisah sehingga bisa dilipat? Tidak, Samsung Flip3 dan Fold tetap menggunakan desain smartphone Android dengan full layar.

HP Lipat Android Samsung Z Flip3 dan Fold3

Kenapa Layar Samsung Z Flip3 dan Fold3?

Dengan teknologi Ultra Thin Glass, Samsung menggunakan kaca yang sangat tipis untuk layar Galaxy Z Flip3 maupun Fold3 5G ini.

Dengan ketebalan kaca 30 micron atau 0,03 milimeter, layar dibuktikan mampu dilipat dan dibuka kembali tanpa ada kerusakan pada layar.

Tidak hanya dilipat, HP Android lipat canggih Samsung ini bisa ditekuk dengan posisi 90°. Smartphone bisa diposisikan seperti laptop, yang mana pada posisi ini juga ada fitur-fitur unik dan canggih yang disediakan.

Jadi kalau ada rumor atau pertanyaan apakah layas Samsung Z Flip3 dan Fold3 menggunakan plastik? Bisa dipastikan tidak. Material yang digunakan untuk layar bukanlah plastik, melainkan kaca dengan ketebalan yang super tipis sehingga memungkinkan untuk dilipat dan ditekuk.

Berapa kali layar Samsung Galaxy Z Flip3 dan Fold 3 bisa ditekuk?

Kalau bicara soal ketahanan dari layar lipat HP Samsung terbaru ini, tentu tidak bisa kita remehkan ya. Selain Samsung yang sudah dikenal produk smartphonenya memiliki kualitas terbaik, tentu Samsung sudah memberikan jaminan untuk kualitas dari HP yang tidak murah ini.

Menurut penuturan Verry Octavianus Wijaya sebagai Product Manager Samsung Indonesia, Layar lipat dari produk terbarunya ini sudah dilakukan pengujian. Dalam 200.000 kali lipat buka, tidak ada kendala ataupun kerusakan yang terjadi.

Misal dalam 1 hari kita buka-tutup HP sebanyak 100 kali, berarti Samsung Galaxy Z Flip3 dan Fold3 ini akan tahan selama 5 tahun.

Layar Samsung Galaxy Z Flip3 dan Fold3 Cepat Rusak?

Dibalik jaminan yang diberikan pada pihak Samsung, banyak sekali reviewer yang coba memberikan ulasan pada Produk Samsung terbaru ini. Bahkan ada yang melakukan pengujian yang bisa dibilang cukup eksterme, menekan-nekan dan menggores layar dengan benda tajam.

Pada Channel Youtube "JerryRigEverything" misalnya, ada salah satu video yang membahas tentang Samsung Galaxy Z Fold 3. Dalam video tersebut, perngakat dibongkar dan menguji ketahanan layar dengan benda tajam. Tentu layar mengalami kerusakan.

Karena beredar video seperti milik Jerry tersebutlah muncul asumsi bahwa layar lipat dari smartphone Samsung terbaru ini ringkih dan rawan rusak. Apakah benar gampang rusak? Padahal kan Samsung sudah memberi jaminan.

Menanggapi fenomena ini, pihak Samsung menuturkan bahwa setiap produknya memiliki pedoman pemakaian. Pengguna diminta untuk merawat dan menjaga perangkat selama masa penggunaan.

Mungkin bisa diartikan kalau pihak Samsung ingin mengatakan, " ya jelas rusak, orang digores-gores dan ditusuk-tusuk".

Kalau dipikir memang ada benarnya, perangkat smartphone sekuat apapun akan rusak jika digunakan dengan tidak benar atau diuji di luar kapasitasnya.

Jadi, selama pengguna memakai perangkat sesuai dengan pedoman yang ada Samsung berani memberikan jaminan.

Samsung juga bisa memberikan garansi pada layar Samsung Galaxy Z nya selama 1 tahun. Jika ada kerusakan pada layar, pengguna bisa mengklaim garasin dengan biaya 1,6 juta Rupiah untuk Flip3 (harga layar 7 jutaan) dan 2 juta Rupiah untuk Fold3 (harga layar 9 jutaan). Selama masa garansi ganti layar bisa jauh lebih murah.

Akhir Kata

Bagaimana menurut Sobat? Apakah Samsung Galaxy Z Flip3 dan Fold3 ini worthy? Layak untuk dibeli? Dengan catatan dana memadai ya, kalau untuk smartphone ini masuk dalam kategori HP premium yang harganya tydaclah murah. Hehe

  • Harga Samsung Galaxy Z Flip3 Rp. 14.999.000
  • Harga Samsung Galaxy Z Fold3 Rp. 24.999.000

Untukspesifikasi, kelebihan, kekurangan, dan informasi lainnya mengenai Samsung Galaxy Z Flip3 dan Fold3 kita bahas di artikel selanjutnya ya, Sob.

Cek Artikel Terkait Lainnya: 

Posting Komentar untuk "HP Lipat Android Samsung Z Flip3 dan Fold3, Layarnya bisa Dilipat!!!"